Pengembangan Alat Peraga Kubus Satuan Untuk Meningkatkan Pemahaman Volume Kubus dan Balok

Ni'matul Arifah, Nur Laili, Masrurotul Mahmudah

Abstract


Pembelajaran matematika pada materi volume kubus dan balok dikelas III masih menghadapi kendala dalam hal pemahaman konsep yang abstrak. Siswa kesulitan memvisualisasikan konsep volume tanpa bantuan media pembelajaran yang konkret. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat peraga kubus satuan yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep volume kubus dan balok di kelas III MIS NU Metro Utara. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE (Analysis, Design, Delevoment, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah siswa kelas III C, intrumen penelitian meliputi lembar validasi ahli dan lembar observasi akivitas siswa. Alat peraga kubus satuan yang dikembangkan terbukti valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep volume kubus dan balok. Peningkatan pemahaman siswa ditunjukan dengan rata-rata skor pre-test 59,1 meningkat menjadi 95,8 pada post-test. Kemampuan siswa penggunaan alat peraga kubus satuan dengan memberikan dampak positif terhadap proses pembelajaran matematika pada siswa kelas III C MIS NU Metro Utara mengarahkan kegiatan dengan jelas, membimbing siswa secara aktif dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, bermakna dan meningkatan motivasi intrinsik untuk belajar matematika

Keywords


Alat Peraga; Kubus dan Balok; Pemahaman Matematika.

References


Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer Science & Business Media

Farhan, M., & Retnawati, H. (2014). Keefektifan PBL Dan IBL Ditinjau Dari Prestasi Belajar, Kemampuan Representasi Matematis, Dan Motivasi Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 227-240.

Indriani, N., Purwanto, C. A., Sari, D. P., & Rofi’ah, I. (2021). Rumus Matematika Yang Dianggap Sebagai Momok Bagi Peserta Didik. Jurnal Amal Pendidikan, 2(3), 229. https://doi.org/10.36709/japend.v2i3.23018

Kurniawan, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Manipulatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri Siswa Sekolah Dasar. JMIE: Journal Of Madrasah Ibtidaiyah Education, 3(1), 48-63.

Piaget, J. (1973). To Understand Is To Invent: The Future Of Education. New York: Grossman

Rahman, F., Wawan, I., & Fathoni, A. (2021). Efektivitas Metode VAKT (Visual, Auditory, Kinesthetic, Tactile) Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3149-3159.

Sari, D. N., Siregar, D. A., Manullang, G. E., Gultom, I. A., & Purba, F. (2024). Peran Media Pembelajaran dalam Mengatasi Masalah Siswa SD pada Pembelajaran Matematika Kelas VI di SDN 060848 Durung. 8, 41906–41910.

Sugiono, (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabet

Sutrisno, P. (2018). ISSN e-ISSN : 2655-7304 : 2655-8963. Journal Civics & Social Studies Vol.2 No. 1. Juni 2018, 2(2), 41–52.

Widyastuti, N. S., & Pujiastuti, P. (2020). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal Of Elementary Education, 4(1), 244-252.

Yuliani, N. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pembelajaran Matematika, 1(1), 1–8.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2371

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760