Pengaruh Bermain Kolaborasi Dalam Permainan Tradisional Terhadap Keterampilan Sosial Anak Speech Delay Di RA Sekolah Cendekia Berseri

Nurlia Nurlia, Parwoto Parwoto, Sri Rika Amriani, H.

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh bermain kolaboratif melalui permainan tradisional terhadap peningkatan keterampilan sosial anak dengan kesulitan berbicara di RA sekolah Cendekia Berseri. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya keterampilan sosial bagi anak dengan keterlambatan bicara yang sering mengalami kesulitan dalam komunikasi, interaksi, dan kerja sama. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen subjek tunggal (ABA). Subjek penelitian adalah seorang anak dengan hambatan bicara. Intervensi dilakukan melalui permainan tradisional seperti balap karung, dende, dan engrang batok kelapa. Hasil menunjukkan peningkatan keterampilan sosial setelah intervensi. Permainan tradisional kolaboratif terbukti efektif dalam mendukung perkembangan sosial anak. Penelitian ini dapat menjadi acuan bagi guru dalam menyusun strategi pembelajaran inklusif.

 


Keywords


Kata kunci: keterampilan sosial; kolaborasi; permainan tradisional; speech delay

Full Text:

PDF Turnitin

References


Afrianti, N. (2018). Permainan Tradisional , Alternatif Media Pengembangan Kompetensi Sosial-Emosi Anak Usia. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5, 1–12.

Agusniatih, A., & Manopa, J. M. (2019). Keterampilan Sosial Anak Usia Dini: Teori Dan Metode Pengembangan. Edu Publisher.

Amriani, S. R. (2023). Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Lego Di Taman Kanak-Kanak Minasa Upa Makassar. Ecej: Early Childhood Education Journal, 1(1), 26–30.

Amriani, S. R., & Halifah, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. Paud Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(02), 24–37.

Ananda, R., & Fadhilaturrahmi, F. (2018). Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Permainan Kolaboratif Pada Anak Kb. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 20. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V2i1.3

Apendi, M., Maharin, H., & Sutarno, S. K. (2024). Meningkatkan Keterampilan Sosial Melalui Permainan Tradisional Pada Anak Tunarungu Di Slb-B Beringin Bhakti Talun. Prophetic : Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 6(2), 212. Https://Doi.Org/10.24235/Prophetic.V6i2.16667

Budianto, A. A. (2023). Pentingnya Pendidikan Inklusif: Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Ramah Bagi Semua Siswa. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Psikologi, 1(1), 12–19.

Dini, J. (2022). Intervensi Dini Bahasa Dan Bicara Anak Speech Delay. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3992–4002.

Gunawan, L. (2021). Komunikasi Interpersonal Pada Anak Dengan Gangguan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (Adhd). Psiko Edukasi, 19(1), 49–68. Https://Ejournal.Atmajaya.Ac.Id/Index.Php/Psikoedukasi/Article/View/3499/1607

Irchamna, A. M., Arisanti, R. M., Azizah, L., & Mintowati, M. (2024). Analisis Speech Delay Pada Gangguan Berbahasa Anak Selebriti Indonesia Dalam Tinjauan Kajian Psikolinguistik. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 2(4), 181–193.

Lastari, L. (2024). Perkembangan Bahasa Anak Dengan Gangguan Speech Delay Pada Anak Usia Pra Sekolah: Pendekatan Multidisipliner (Studi Kasus Di Kelompok Bermain Gemilang Kembaran). Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru Xvi, 16, 108–116.

Lewa, M. J. (N.D.). Pendidikan Inklusif: Hak Pendidikan Bagi Semua Anak Indonesia. Educational Research, 2(1b), 2541–2545.

Maulidia, S. N., Fasihah, A., & Munawaroh, H. (2023). Permainan Tradisional Sebagai Media Stimulasi Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Journal Fascho: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 2(3), 21–29.

Nanda, P. S. J. (2021). Pengaruh Permainan Tradisional Gobag Sodor Dalam Meningkatkan Kompetensi Sosial Pada Siswa. Uin Raden Intan Lampung.

Nursarofah, N., Putri, F. A., & Oktaviani, O. (2022). Strategi Penanganan Gangguan Perkembangan Bahasa (Speech Delay) Terhadap Komunikasi Interpersonal Anak. Jurnal Pelita Paud, 7(1), 126–132.

Rahayu, D., Ichas, S., & Sutini, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Sosial Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Bengkulu. Cakrawala Dini, 1(2), 1–15. Https://Doi.Org/10.24042/Ajipaud.V1i2.3508

Rahmah, F., Kotrunnada, S. A., Purwati, P., & Mulyadi, S. (2023). Penanganan Speech Delay Pada Anak Usia Dini Melalui Terapi Wicara. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 99–110.

Ramadani, U., & Hikmah, N. (2024). Pengaruh Metode Bermain Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Jupenji: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 3(4), 36–45.

Ratnawati, R., & Alam, F. S. N. (2023). Metode Bibliotherapy Sebagai Upaya Penanganan Speech Delay Pada Anak Stunting. J Obsesi: J Pendidik. Anak Usia Dini, 7(5), 6483–6492.

Rozana, S., & Bantali, A. (2020). Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini: Melalui Permainan Tradisional Engklek. Edu Publisher.

Safitri, H., & Solikhah, U. (2020). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Kemampuan Interaksi Sosial Anak Berkebu-Tuhan Khusus Di Slb C Yakut Purwokerto. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, September, 302–310. Http://Journal.Um-Surabaya.Ac.Id/Index.Php/Jkm

Sari, D. A. M. (2025). The Role Of Traditional Games In Improving Early Childhood Social Skills. Msj: Majority Science Journal, 3(1), 21–29.

Suardipa, I. P. (2020). Proses Scaffolding Pada Zone Of Proximal Development (Zpd) Dalam Pembelajaran. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 4(1), 79–92.

Suharmini, T., Purwandari, A. M., & Purwanto, H. (2018). Pengembangan Pengukuran Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar Inklusif Berbasis Divercty Awarness. Junal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(1), 2017.

Wahyuni, A., & Sari, N. F. (2022). Peningkatan Keterampilan Sosial Melalui Metode Bermain Kooperatif Tipe Make A Match Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6961–6969.

Wahyuni, N., & Hamid, L. (2024). Menangani Anak Dengan Gangguan Speech Delay Dalam Berinteraksi Sosial Di Kelompok Bermain Barokah Sukasari. Edu Happiness: Jurnal Ilmiah Perkembangan Anak Usia Dini, 3(2), 197–211.

Wijaya, E., & Nuraini, F. (2024). Pentingnya Interaksi Sosial Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Tiflun: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 9–13.

Yanuar, T., Anggraeny, D., & Mahmudah, S. (2023). Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Pendidikan Inklusi. Jurnal Citra Pendidikan, 3(3), 1080–1086. Https://Doi.Org/10.38048/Jcp.V3i3.1787

Yanuardianto, E. (2019). Teori Kognitif Sosial Albert Bandura (Studi Kritis Dalam Menjawab Problem Pembelajaran Di Mi). Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 94–111. Https://Doi.Org/10.36835/Au.V1i2.235

Yuli Setiawan, M. H. (2016). Melatih Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 1–8. Https://Doi.Org/10.24269/Dpp.V4i1.52

Yuliana, I. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Kemampuan Komunikasi Anak Usia Dini. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760