Pengaruh Metode Proyek Melalui Recycle Terhadap Kemampuan Sains Anak Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Di TK Aisyiyah Cambaya Kabupaten Gowa

Nurkhalisa Nurkhalisa, Herlina Herlina, Rika Kurnia R

Abstract


Sains memiliki peranan esensial dalam mendukung perkembangan aspek kognitif anak usia dini, khususnya dalam membantu mereka memahami berbagai peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Namun, kenyataannya masih banyak anak yang belum mampu mengembangkan kemampuan sains secara optimal. Untuk itu, diperlukan strategi pembelajaran yang tepat dan inovatif. Salah satu pendekatan yang relevan adalah metode proyek melalui recycle (kegiatan daur ulang), Hal ini, melibatkan anak secara langsung dalam proses belajar yang aktif, konkret, dan menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penerapan metode proyek melalui recycle terhadap kemampuan sains anak usia dini dalam konteks Kurikulum Merdeka di TK Aisyiyah Cambaya Kabupaten Gowa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental tipe one group pre-test-post-test dan melibatkan 20 peserta didik sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes menggunakan skala penilaian sains yang mencakup indikator mengamati, mengklasifikasikan, dan mengkomunikasikan.  Berdasarkan hasil analisis data melalui uji paired sample t-test terdapat nilai signifikan 0,000 < 0,05 yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara hasil sebelum dan setelah perlakuan. Temuan ini membuktikan bahwa metode proyek melalui recycle efektif dalam meningkatkan kemampuan sains anak usia dini pada penerapan kurikulum merdeka.

Keywords


Metode Proyek, Recycle, Sains, Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF Turnitin

References


Adrina, I., Basri, M., & Devianty, R. (2023). Meningkatkan Kemampuan Sains Anak melalui Metode Proyek di Raudhatul Athfal Al-Maarif Stabat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 22053–22059.

Aripatun, H., Ika, R., & Ni Luh Putu Nina Sriwarthini. (2024). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Pertiwi Selong. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 223–234.

Atin Risnawati. (2020). Pentingnya Pembelajaran Sains bagi Pendidikan Anak Usia Dini. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 2, 513–515.

Elina, G., Maylani Asril, N., & Vina Arie Paramita, M. (2023). Percobaan Sains Menggunakan Project Based Learning Meningkatkan Kemampuan HOTS (High Order Thinking Skill) Kelompok Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 11(1), 148–156. https://doi.org/10.23887/paud.v11i1.62421

Hajerah, Syamsuardi, Kurnia, R., Herlina, Herman, & Islami, A. N. M. (2025). Forum Group Discussions Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Terbaru. Jurnal Abdimas Patikala, 4(4), 1223–1230. https://etdci.org/journal/patikala/

Herlina, & Amal, A. (2021). Pengaruh Keterampilan Origami dalam Menigkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Pada TK Sulawesi Kota Makassar. Seminar Nasional LP2M UNM, 1217–1225.

Herman, H., & Rusmayadi, R. (2018). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Di Kelompok B2 Tk Aisyiyah Maccini Tengah. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 2(1), 35. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i1.5430

Hidayat, T. O., Mulyana, E. H., & Qonita. (2024). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Anak Usia 5-6 Tahun melalui Model Pembelajaran Children Learning in Science. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 33099–33111.

Khoerun Nisa Nur Baety. (2022). Meningkatkan Keterampilan Sikap Sains PadaAnak Usia Dini Melalui Metode Eksperimen. PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 4(1), 1–8.

Khoiruzzadi, M., & Prasetya, T. (2021). Perkembangan Kognitif Dan Implikasinya Dalam Dunia Pendidikan (Ditinjau dari Pemikiran Jean Piaget dan Vygotsky). Jurnal Madaniyah, 11(1), 1–14.

Latifatunnisa, A., Mulyana, E. H., & Purwati. (2024). Strategi Model Project Based Learning dalam Pembelajaran Sains untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 34012–34018.

Musi, M. A., Bachtiar, M. Y., & Herlina. (2022). Pelatihan Pembelajaran Sains Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. SNPPM-4 (Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 4, 165–173.

Norhikmah, & Rini, T. P. W. (2022). Mengembangkan Kemampuan Sains Anak Dengan Menggunakan Model Project Based Learning Dan Metode Eksperimen. Jurnal Inovasi Anak Usia Dini (JIKAD), 33(1), 1–12.

Parwoto. (2025). Modul Mata Kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan. Universitas Negeri Makassar.

Pratiwi, P. A., Rika, K., & Nopiana. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Sentra Bahan Alam Terhadap Kemampuan Sains Dan Berbicara Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(1), 181–200. https://doi.org/10.21009/jpud.111.12

Putri, R., & Zulminiati. (2023). Pengaruh proyek gunung meletus terhadap kemampuan sains pada anak kelompok b di tk telkom padang. SELING Jurnal Program Studi PGRA, 9(1), 1–8.

Retnaningsih, L. E., & Khairiyah, U. (2022). Kurikulum Merdeka Pada Pendidiikan Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 8(2), 143–158. https://doi.org/10.69503/ijert.v4i1.579

Rivai, R. K., Yufiarti, Tjipto, S., & Yetti, E. (2020). Perangkat Pembelajaran Kurikulum Adiwiyata Berbasis Kearifan Lokal. Mitra Edukasi.

Rusmayadi, Mahnur, F., & Tamsi. (2022). Panduan Praktis Project Based Learning. Penerbit Erlangga.

Rusmayadi, Musi, M. A., Ilyas, S. N., & Chafidah, N. (2023). Pengaruh PjBL Terhadap Kemampuan Literasi Baca Tulis Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Tunas Siliwangi, 9(1), 17–23.

Side, S., Isbar Pratama, M., Karwingsi, E., Lismayani, A., Matematika, J., Mipa, F., Negeri Makassar, U., & Pendidikan Guru PAUD, J. (2021). Penerapan Prinsip 3R Dan Gotong Royong Dalam Membangun Desa Yang Asri. Jurnal Hasil Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 01(01), 16–22.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kulaitatif, dan R&D, dan Penelitian Pendidikan). Alfabeta.

Sulistyati, D. M., Wahyaningsih, S., & Wijania, I. W. (2021). Buku Panduan Guru Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (D. Kramadibrata (ed.)). Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Sulman, H., Alhadad, B., & Arfa, U. (2020). Penerapan Metode Proyek Dalam Mengembangkan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(1), 45–58. https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.1956

Syahrani, S. A., Herlina, & Parwoto. (2025). Pengaruh Efektivitas Pembelajaran Metode Proyek Terhadap Kemampuan Sains Aud Usia 5-6 Tahun. EDUKIDS: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini 22, 22(1), 57–66.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760