Strategi Guru Dalam Mengembnagkan Konsentrasi Anak di RA Fathun Qarib Banda Aceh

Nana Fikayani, Rafidhah Hanum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengembangkan konsentrasi anak usia dini di RA Fathun Qarib Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan guru menerapkan lima strategi utama, yaitu penggunaan media visual dan audio-visual, kegiatan bermain terstruktur, ice breaking, eksperimen sederhana, dan pemberian reward. Strategi ini mampu meningkatkan fokus dan keterlibatan anak selama proses pembelajaran. Media visual dan audio-visual menarik perhatian anak secara langsung, sementara permainan terstruktur dan eksperimen sederhana menstimulasi kemampuan konsentrasi secara aktif. Ice breaking berfungsi sebagai penyegaran saat perhatian anak mulai menurun, sedangkan pemberian reward memotivasi anak untuk mempertahankan fokus dan menyelesaikan tugas. Implementasi strategi ini menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan kondusif sesuai dengan karakteristik perkembangan anak usia dini. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi guru PAUD dalam merancang metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan konsentrasi anak. Rekomendasi diberikan agar pelatihan guru dan penyediaan sumber daya pembelajaran inovatif terus ditingkatkan demi kualitas pendidikan anak usia dini yang lebih baik.


Full Text:

PDF Turnitin

References


Adiansa, N., Sibawaihi, & Prasetyo, S. (2025). Strategi Guru dalam Menumbuhkan Minat Belajar Matematika Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah 11 Palembang. J - CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(2), 1088–1097.

Arisandy, D. (2023). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap PeningkatanKonsentrasi Anak Usia 3 Tahun Di Denali DevelopmentCentre Palembang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN) , 4(3), 2856–2862. file:///C:/Users/lenovo/Downloads/1615-Article Text-11236-1-10-20230930.pdf

Astuti, E. S. (Erlina), Wahyuningsri, W. (Wahyuningsri), & Warastuti, W. (Widya). (2014). Pengaruh Stimulasi Motorik Halus Terhadap Daya Konsentrasi Belajar Anak Usia Prasekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 20(2), 105349. https://www.neliti.com/id/publications/105349/

Cecep, C., Thosin Waskita, D., & Sabilah, N. (2022). Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Melalui Metode Demonstrasi. Jurnal Tahsinia, 3(1), 63–70. https://doi.org/10.57171/jt.v3i1.313

Eleti, S., Utina, S. S., & Sitti Rahmawati Talango. (2021). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Melalui Metode Gerak dan Lagu Kelompok A1 di Pusat Pendidikan Anak Usia Dini Islam Terpadu (PPAUD IT) Lukmanul Hakim Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Early Childhood Islamic Education Journal, 2(1), 52–62. https://doi.org/10.58176/eciejournal.v2i1.224

Fadhilah, W., & Indriyani, T. (2023). 6.+(47-59)+Strategi+Guru+Dalam+Meningkatkan+Motivasi (1). 1(September), 47–59.

Giyanti, G., Ninda Uminar, A., & Muslih, A. (2023). Upaya Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Bermain Dengan Media Boneka Tangan. MURANGKALIH: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 50–58. https://doi.org/10.35706/murangkalih.v4i02.9280

Joti, A. N., & Salim, A. (2024). Penerapan Permainan Sensorimotor untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia 4-5 Tahun di TK Dharma Wanita Persatuan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 9574–9581. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5918

Khotimah, S. H., Sunaryati, T., & Suhartini, S. (2020). Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 676. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.683

Manurung, M. P., & Simatupang, D. (2019). Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Penggunaan Metode Bercerita di TK ST Theresia Binjai. Jurnal Usia Dini, 5(1), 67.

Margono, N. oktavi, Ramadhani, A. R., Maharani, M., & Prameswari, Y. (2025). Leafcraft: Metode Bermain Untuk Meningkatkan Konsentrasi Pada Anak Usia Dini Di Tk Negeri 007 Pulau Kasu Belakang Padang Kepulauan Riau. GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 201–208. https://doi.org/10.36728/ganesha.v5i1.4434

Masita, D., & Daniati, N. (2020). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Pada Pelajaran Ipa Melalui Mind Mapping Pada Siswa Kelas V Sdn Doridungga Kecamatan Donggo. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 4(2), 181–193. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v4i2.566

Meranti, J., Nomor, R., Lebar, S., Bengkulu, K., Pura, D. N., Wulandari, ; A, & Corresponding, B. (2020). Peningkatan Konsentrasi Anak Melalui Metode Eksperimen Membuat Lava Gunung Merapi Affiliation: 1. Program Studi Pendidikan Guru PAUD FKIP UNIVED. Early Child Research and Practice-ECRP, 2020(1), 22–27.

Nirmala Putri Zahrah Salsabil, Nurin Nur Aini, Putri Zuniar Dias Ningrum, & Rosyida Kharisma Sari. (2025). Pengembangan Media Busy House Untuk Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia Dini. Jurnal DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 1–19. https://doi.org/10.61104/dz.v3i1.579

Nuraida, N., Fidrayani, F., Lina Andriyani, L. A., & Nisrina Syifa Wulan Aprilia, N. S. W. A. (2025). Peningkatan Konsentrasi Anak Melalui Metode Eksperimen Membuat Balon Mengembang Tanpa Ditiup Pada Kelompok A1 TK HOM PIM PA. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 7(1), 224–233. https://doi.org/10.35473/ijec.v7i1.2806

Roza, D., & Hartati, S. (2021). Analisis Urgensi Strategi Pembelajaran Active Learning di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusi, 5(3), 114508–114518.

Saadah, M., Prasetiyo, Y. C., & Rahmayati, G. T. (2022). Strategi Dalam Menjaga Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif. Al-’Adad : Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 54–64. https://doi.org/10.24260/add.v1i2.1113

Setyowati, J., & Watini, S. (2022). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak melalui Model Bermain “Asyik” (Reward&Yel-Yel “Asyik”) di Tk Mutiara Cemerlang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 2065–2072.

Trimusqirfa, N. A., Khoirunnisa, K., Rosita, N., Amelia, Y. I., & Nasnawati, N. (2023). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Melalui Kegiatan Meronce Pada Anak Usia 5-6 Tahun di Kelompok B RA Al-Islamiyah Al-Khalidiyah Samarinda. BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, 2(2), 95–100. https://doi.org/10.21093/bocah.v2i2.7549

Yuliati, Y., Munajat, A., & Info, A. (2022). Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia Dini Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia Dini Melalui Media Video Pembelajaran. Indonesian Journal of Instructional Technology, 3(2), 26–35. http://journal.kurasinstitute.com/index.php/ijit

Yuniarti, Larasati, T., & Diana. (2023). Peningkatan Konsentrasi Belajar Pada Anak. Jurnal Warna : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini., 08(01), 41–51. https://doi.org/10.24903/jw.v




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2393

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760