Pengaruh Media Pembelajaran Salt Tray Terhadap Kemampuan Pra Menulis Anak Usia 4-5 Tahun

Magfirah Khoirunnisa, Muhammad Yusri Bachtiar, Angri Lismayani, Sri Rika Amriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran salt tray terhadap kemampuan pra menulis anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-kanak Pertiwi Kota Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen kuasi dengan model Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian terdiri dari 38 anak, dengan sampel sebanyak 20 anak yang dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data dikumpulkan menggunakan observasi dan tes, serta dianalisis dengan menggunakan uji statistik deskriptif dan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah pemberian perlakuan berupa penggunaan media salt tray, seluruh peserta mengalami peningkatan yang signifikan dalam kemampuan pra menulis. Hal ini dibuktikan dengan 10 ranks positif dan jumlah ranks sebesar 55,00, yang menunjukkan perbaikan hasil belajar yang konsisten. Dalam penelitian ini, media pembelajaran salt tray dapat meningkatkan kemampuan pra menulis pada anak usia 4-5 tahun di TK Pertiwi Kota Makassar.

Keywords


Salt Tray Media; Pre-Writing Skills; Early Childhood

Full Text:

PDF Turnitin

References


Adistiarachma, N., & Alia, D. W. I. (2024). Peran Media Video Animasi Pada Pembelajaran Anak Usia Dini: The Role Of Animated Video Media In Learning Early Childhood. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 49–57.

Arifiyanti, N. (2020). The Gross Motor Skill Differences Between Preschool Boys And Girl. Aulad: Journal On Early Childhood, 3(3), 115–120.

Bachtiar, M. Y., & H. (2024). Pengaruh Media Fun Thinkers Book Terhadap Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia 5–6 Tahun Di Tk Nurul Taqwa Pattunggalengang, Kabupaten Gowa.

Bachtiar, M. Y. (2016). Pendidik Dan Tenaga Kependidikan. Jurnal Publikasi Pendidikan, 4, 197.

Bachtiar, M. Y. (2020). Pembelajaran Berbasis Ramah Anak Taman Kanak-Kanak Di Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba. Jurnal Instruksional, 1(2), 131–142.

Erlianda, T., Fauzi, A., & Amri, K. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menulis Di Atas Pasir. Atfaluna Journal Of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 74–85.

Fidrayani, F. (2022). Gender Differences In Emergent Writing Using Salt Tray: Who Is Superior? Jurnal Harkat: Media Komunikasi Gender, 18(2), 57–68.

Fithriyana, E., & Hidayah, H. (2019). Game Therapy Based On Local Wisdom In Cognitive Development Of Slow Learner Children. Annual Conference On Islamic Early Childhood Education (Aciece), 4, 129–138.

Herawati, N., & Bachri, B. S. (2018). Memaksimalkan Peran Pendidik Dalam Membangun Karakter Anak Usia Dini Sebagai Wujud Investasi Bangsa. Tuban: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pgri Ronggolawe Tuban.

Kartika, D. (2019). Peningkatan Keterampilan Pra Menulis Anak Usia 4–5 Tahun Melalui Bahan Serbuk Kayu Di Tk Aba Tanjungsari. Universitas Negeri Semarang.

Leonia, R., Handayani, T., & Putri, Y. (2022). Pengaruh Media Loose Part Terhadap Kemampuan Pra Menulis Anak Usia Dini Pada Kelompok B Di Kecamatan Tebing Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(1), 1–17.

Lismayani, A. (2023). Pengaruh Kegiatan Senam Irama Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Ecej: Early Childhood Education Journal, 1(1), 1–5.

Marlisa, L. (2016). Tuntutan Calistung Pada Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(3), 25–38.

Mukarromah, T. T., Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2024). Pengaruh Metode Multisensori Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 11(4), 326–333.

Mustari, L., Indihadi, D., & Elan, E. (2020). Keterampilan Menulis Anak 4-5 Tahun. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 39–49.

Saputri, Y. (2024). Pengaruh Kegiatan Menjiplak Dengan Media Benang Wol Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di Tkit Makassar Islamic School.

Sholeha, Siti Sarah Aidah. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Salt Tray Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun Kelompok A Di Tk Nurussalatilah Kembangan Utara Jakarta Barat. Jakarta: Fitk Uin Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sinaga, R. (2023). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Algebra: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Sains, 3(1).

Zuhrita, S., & Mufidati, N. (2017). Permainan Dakon Writing Therapy Untuk Mengembangkan Kemampuan Dasar Menulis Anak Kelompok A Tk Aisyiyah 33 Surabaya. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3b).




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2395

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760