Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Kegiatan Melukis Pada Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Al Hasanah

Sunarsih Sunarsih, Siti Soleha, Titi Rachmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di PAUD Al Hasanah melalui kegiatan melukis. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan kognitif pada anak setelah diterapkannya kegiatan melukis, pada siklus I meningkat sebesar 53,3%. Pada siklus II terjadi peningkatan yang lebih lanjut sebesar 82,5%. Peningkatan ini ditunjukan melalui kemampuan anak dalam memecahkan masalah, mengelompokkan objek, berfikir kreatif, memahami sebab-akibat dan mampu menjelaskan isi dari lukisan. Dengan demikian kegiatan melukis dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak di PAUD Al Hasanah.

Keywords


Anak Usia Dini; Kegiatan Melukis; Kemampuan Kognitif.

Full Text:

PDF Turnitin

References


Amami. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Kegiatan Mencampur Warna Dalam Percobaan Sains. 01, 57–64.

Anggraini, W., Nasirun, M., & Yulidesni. (2020). Penerapan Strategi Pemecahan Masalah Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Anak Kelompok B. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 31–39. https://doi.org/10.33369/jip.5.1.31-39

Annisa Mega Pratiwi, Heri Yusuf Muslihin, A. L. (2024). Jurnal Paud Agapedia. Jurnal PAUD Agapedia, Vol. 8 No. 1 Juni 2024, 8(1), 130–140. https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/index

Astiti, N. N. S. (2021). Penerapan Metode Demonstrasi Mencampur Warna Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Anak Didik Kelompok B1 Semester I di TK Widya Kumara Duda Selat Karangasem. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 206–217.

Fajriani, K., & Liana, H. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Pencampuran Warna Dengan Percobaan Sains Sederhana Di Tk Islam Silmi Samarinda. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 32–41. https://doi.org/10.24903/pm.v4i1.394

Hadi, S. A. (2021). Meningkatkan Kecerdasan Kognitif Anak Usia Dini melalui Pendidikan Seni Melukis. Manazhim, 3(1), 32–39. https://doi.org/10.36088/manazhim.v3i1.1040

Kiraniawati Telaumbanua, & Berkati Bu’ulolo. (2024). Manfaat Seni Rupa dalam Merangsang Kreativitas Anak Usia Dini. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 123–135. https://doi.org/10.47861/khirani.v2i1.920

Luthfi, A. I., & Akmal, N. (2022). Melukis Sebagai Media Untuk Berekspresi Pada Anak. 1(4), 282–285.

Madaniyah, J., Khoiruzzadi, M., & Prasetya, T. (2021). Perkembangan Kognitif Dan Implikasinya Dalam Dunia Pendidikan (Ditinjau dari Pemikiran Jean Piaget dan Vygotsky) Muhammad Khoiruzzadi, 1 & Tiyas Prasetya 2. 11, 1–14.

Moh. Toyyib, J. (2024). Efektifitas Penggunaan Media Cat Air Dalam Abstrak : Jurnal Waladi : Jurnal Wawasan Ilmu Anak Usia Dini, 2(1), 195–221.

Mulyadi, O. W., Mahfud, H., Pudyaningstyas, A. R., Guru, P., Anak, P., Dini, U., Maret, U. S., Guru, P., Dasar, S., & Maret, U. S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Guided Discovery. Kumara Cendekia, 9(1), 5. https://jurnal.uns.ac.id/kumara

Novitasari, Y., & Prastyo, D. (2020). Egosentrisme Anak Pada Perkembangan Kognitif Tahap Praoperasional. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(1), 17–22.

Nuryati, N., Mayasari, E., Cahyaningrat, D., & ... (2023). Penggunaan Teknik Mencampur Warna Dengan Percobaan Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Ittihad Kecamatan …. Innovative: Journal Of …, 3, 11431–11447. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/10990%0Ahttps://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/10990/7543

Permatasari, S. J., Saputra, E. E., & Sarah, S. (2025). Mengembangkan Imajinasi Anak Usia Dini melalui Kegiatan Melukis dengan Media Alam. Sulawesi Tenggara Educational Journal, 5(1), 442–450.

Purnamasari, Nia Indah, N. A. Y. (2021). Kata Kunci : Kegiatan Bermain Warna, Metode Eksperimen, Kemampuan Berpikir Logis. Journal of Early Childhood Education Studies 1, 1(2), 37–70. http://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/joeces/article/view/3415/2417

Ruslianti. (2024). Dampak Metode Eksperimen Pencampuran Warna terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 7, 11603–11609.

Supriaji, U., & Habibah, U. (2021). upaya meningkatan keterampilan melukis melalui pendekatan contextual teaching and learning(ctl) pada anak usia 5-6 tahu di Tk Muslimat NU 19 Al iksan kecamatan sadang kabupten kebumen. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 3(01), 22–33. https://doi.org/10.53863/kst.v3i01.102

Talango, S. R. (2020). Konsep Perkembangan Anak Usia Dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 92–105. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35

Vindy Lestari Putri, Arwendis Wijayanti, N. D. K. (2021). Pengembangan Media frueelin untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 5(02), 155–163. https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.3385

Zega, B. K., & Suprihati, W. (2021). Pengaruh Perkembangan Kognitif Pada Anak. Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen), 3(1), 17–24. https://doi.org/10.59177/veritas.v3i1.101




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760