Analisis Kemampuan Kerjasama melalui Permainan Angklung pada Kelompok B di PAUD Nurul Yaqin

Rafika Nur Qomariyyah, Lily Yuntina, Rita Intan Anggraeni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan kerjasama anak usia dini melalui kegiatan bermain angklung pada kelompok B di PAUD Nurul Yaqin, Jakarta Timur. Fokus penelitian terletak pada bagaimana permainan angklung sebagai media pembelajaran dapat membangun kemampuan sosial anak, khususnya dalam aspek kerjasama, empati, dan rasa tanggung jawab. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi langsung pada kegiatan bermain, wawancara mendalam dengan guru kelas dan kepala sekolah, serta dokumentasi kegiatan belajar. Subjek penelitian terdiri dari anak-anak kelompok B yang berusia 5-6 tahun, guru pendamping, dan pihak manajemen sekolah. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan bermain angklung memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan kerjasama anak. Dalam proses bermain, anak-anak belajar untuk saling mendengarkan, menunggu giliran, dan menyesuaikan tempo permainan agar menghasilkan nada yang harmonis. Hal ini melatih anak untuk bekerja secara kompak, mengembangkan empati terhadap teman, serta bertanggung jawab atas peran masing-masing. Selain itu, permainan angklung juga menanamkan nilai-nilai budaya lokal, memperkuat rasa cinta terhadap seni tradisional, dan memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan. Dengan demikian, permainan angklung dapat dijadikan metode pembelajaran alternatif yang efektif dalam mendukung perkembangan keterampilan sosial dan karakter anak sejak usia dini.

Keywords


Anak Usia Dini; Kemampuan Kerjasama; Permainan Angklung.

Full Text:

PDF

References


Addini, N. N., Karnita, R., & Januarsa, A. (2023). Perancangan Buku Ilustrasi Interaktif Mengenai Angklung Sebagai Media Edukasi Nilai-Nilai Kerja Sama Untuk Anak. Fad. https://eproceeding.itenas.ac.id/index.php/fad/article/view/2072

Creswell, J. W. (2014). Research design:

Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). SAGE Publications.

Fauziah, A. A. U., Rizal, S. S., & Millah, S. (2019). Peningkatan kemampuan kerjasama anak melalui permainan tradisional Gobak Sodor. Tarbiyah Al-Aulad, 4(2), 61–82. http://riset-iaid.net/index.php/TA

Fitriah, F., & Pamungkas, J. (2023). Analisis kemampuan kerja sama anak dengan permainan angklung. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 427–438. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.2684

Hurlock, E. B. (2002). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (Edisi kelima). Erlangga.

Jalaluddin. (2018). Permainan tradisional angklung sebagai sarana pengembangan nilai sosial anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 12-20

Khoiriyah, K., & Atniati, I. (2021). Cooperative play: A strategy for increasing environment care of the early childhood. Journal of Early Childhood Care and Education, 4(2), 63–82. https://doi.org/10.26555/jecce.v4i2.4856

Komaini, A., Inarta, G. U., Kiram, P. Y., & Handayani, S. G. (2024). Integrating Traditional Games in Learning for Students’ Interests and Motor Skills. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 57(3), 573–584. https://doi.org/10.23887/jpp.v57i3.58128

Kurniasari, A. (2021). Meningkatkan keterampilan sosial anak melalui permainan angklung di TK Aisyiyah. Jurnal Golden Age, 5(2), 92-99.

Loizou, E., & Olymbiou, M. (2024). Constructive play: Exploring pre-service early childhood teachers’ play involvement. Journal of Early Childhood Research, 22(3), 329–342. https://doi.org/10.1177/1476718X231210642

Moleong, L.J. (2019). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi revisi). Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. Remaja Rosdakarya.

Nuraida, E., & Milyartini, R. (2016). MELALUI KEGIATAN BERMAIN ANGKLUNG ( Penelitian Tindakan Kelas di TK Laboratorium Percontohan Universitas Pendidikan Indonesia ). Swara, 4(2), 1–14.

Nurjaman, I., Debora, S. (2023). Upaya meningkatkan kemampuan emosionanl anak usia 5-6 tahun melalui bermain angklung di TK Widya Bhakti. Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini 11(2), 55–67.

Nurjanah, L. (2020). Permainan tradisional dalam pembelajaran anak usia dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(1), 88-95.

Pamungkas, J. (2022). Permainan tradisional untuk meningkatkan keterampilan sosial anak usia dini. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(20), 1349-1358.

Piaget, J. (1952). Play, dreams and imitation in childhood. Routledge & Kegan Paul.

Putri, O.A. (2022). Permainan tradisional untuk meningkatkan keterampilan kerjasama anak usia dini. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(20), 1349-1358.

Pratiwi, A. R., Mashar, R., Puspitasari, I., & Hastuti, D. (2023). Outbound Games to Enhance 5-6 Aged Children’s Social Skills. Jecce, 6(2), 81–92. https://doi.org/10.26555/jecce.v6i2.8424

Ramelan, H., & Suryana, D. (2021). Analisis Kemampuan Kerjasama Dalam Perilaku Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 4(2), 107-114. https://doi.org/10.36709/jrga.v4i2.17921

Santrock, J. W. (2011). Life-span development (13th ed.). McGraw-Hill Education.

Soemantri, H. (2020). Pendidikan karakter melalui musik tradisional. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 1–10.

Supartono, A. (2018). Peran lingkungan dan alat bermain terhadap interaksi sosial anak usia dini. Jurnal Ilmiah PAUD, 3(1), 45–55.

Syam, N. A. (2020). Peran budaya dalam pendidikan karakter anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 78–87.

Widyaning Tyas, R., & Widyasari, C. (2023). Permainan tradisional dalam mengembangkan karakter kerjasama anak usia dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 508–516. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.255

Wulandari, F. (2022). Kendala implementasi permainan angklung di PAUD berbasis budaya. Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 123–130.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760