Analisis Kemampuan Kerjasama melalui Permainan Angklung pada Kelompok B di PAUD Nurul Yaqin
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Addini, N. N., Karnita, R., & Januarsa, A. (2023). Perancangan Buku Ilustrasi Interaktif Mengenai Angklung Sebagai Media Edukasi Nilai-Nilai Kerja Sama Untuk Anak. Fad. https://eproceeding.itenas.ac.id/index.php/fad/article/view/2072
Creswell, J. W. (2014). Research design:
Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Fauziah, A. A. U., Rizal, S. S., & Millah, S. (2019). Peningkatan kemampuan kerjasama anak melalui permainan tradisional Gobak Sodor. Tarbiyah Al-Aulad, 4(2), 61–82. http://riset-iaid.net/index.php/TA
Fitriah, F., & Pamungkas, J. (2023). Analisis kemampuan kerja sama anak dengan permainan angklung. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 427–438. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.2684
Hurlock, E. B. (2002). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (Edisi kelima). Erlangga.
Jalaluddin. (2018). Permainan tradisional angklung sebagai sarana pengembangan nilai sosial anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 12-20
Khoiriyah, K., & Atniati, I. (2021). Cooperative play: A strategy for increasing environment care of the early childhood. Journal of Early Childhood Care and Education, 4(2), 63–82. https://doi.org/10.26555/jecce.v4i2.4856
Komaini, A., Inarta, G. U., Kiram, P. Y., & Handayani, S. G. (2024). Integrating Traditional Games in Learning for Students’ Interests and Motor Skills. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 57(3), 573–584. https://doi.org/10.23887/jpp.v57i3.58128
Kurniasari, A. (2021). Meningkatkan keterampilan sosial anak melalui permainan angklung di TK Aisyiyah. Jurnal Golden Age, 5(2), 92-99.
Loizou, E., & Olymbiou, M. (2024). Constructive play: Exploring pre-service early childhood teachers’ play involvement. Journal of Early Childhood Research, 22(3), 329–342. https://doi.org/10.1177/1476718X231210642
Moleong, L.J. (2019). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi revisi). Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. Remaja Rosdakarya.
Nuraida, E., & Milyartini, R. (2016). MELALUI KEGIATAN BERMAIN ANGKLUNG ( Penelitian Tindakan Kelas di TK Laboratorium Percontohan Universitas Pendidikan Indonesia ). Swara, 4(2), 1–14.
Nurjaman, I., Debora, S. (2023). Upaya meningkatkan kemampuan emosionanl anak usia 5-6 tahun melalui bermain angklung di TK Widya Bhakti. Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini 11(2), 55–67.
Nurjanah, L. (2020). Permainan tradisional dalam pembelajaran anak usia dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(1), 88-95.
Pamungkas, J. (2022). Permainan tradisional untuk meningkatkan keterampilan sosial anak usia dini. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(20), 1349-1358.
Piaget, J. (1952). Play, dreams and imitation in childhood. Routledge & Kegan Paul.
Putri, O.A. (2022). Permainan tradisional untuk meningkatkan keterampilan kerjasama anak usia dini. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(20), 1349-1358.
Pratiwi, A. R., Mashar, R., Puspitasari, I., & Hastuti, D. (2023). Outbound Games to Enhance 5-6 Aged Children’s Social Skills. Jecce, 6(2), 81–92. https://doi.org/10.26555/jecce.v6i2.8424
Ramelan, H., & Suryana, D. (2021). Analisis Kemampuan Kerjasama Dalam Perilaku Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 4(2), 107-114. https://doi.org/10.36709/jrga.v4i2.17921
Santrock, J. W. (2011). Life-span development (13th ed.). McGraw-Hill Education.
Soemantri, H. (2020). Pendidikan karakter melalui musik tradisional. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 1–10.
Supartono, A. (2018). Peran lingkungan dan alat bermain terhadap interaksi sosial anak usia dini. Jurnal Ilmiah PAUD, 3(1), 45–55.
Syam, N. A. (2020). Peran budaya dalam pendidikan karakter anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 78–87.
Widyaning Tyas, R., & Widyasari, C. (2023). Permainan tradisional dalam mengembangkan karakter kerjasama anak usia dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 508–516. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.255
Wulandari, F. (2022). Kendala implementasi permainan angklung di PAUD berbasis budaya. Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 123–130.
DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2400
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Address
Universitas Trilogi jakarta
Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760



.png)



