Efektivitas Bercerita dengan Aplikasi Lingokids dalam Mengenalkan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak di TK Kemala Bhayangkari 1 Padang

Puspita Sari Siregar, Elise Muryanti, Nenny Mahyuddin, Saridewi Saridewi

Abstract


Kesadaran akan pentingnya menguasai bahasa Inggris di era informasi ini dan juga kemampuan anak dalam memahami serta menggunakan kosakata bahasa Inggris masih perlu ditingkatkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas bercerita dengan aplikasi Lingokids dalam mengenalkan kosakata bahasa Inggris di TK Kemala Bhayangkari 1 Kota Padang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dalam bentuk quasi experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik TK Kemala Bhayangkari 1 Kota Padang dengan jumlah 51 anak, dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas B2 dan kelas B3 yang masing-masingnya berjumlah 13 anak. Tes lisan adalah metode yang peneliti gunakan untuk mengumpulkan data. Teknik analisis data menggunakan uji t, namun sebelum itu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Kemudian data diolah menggunakan bantuan aplikasi SPSS 26 for windows. Analisis data menunjukkan bahwa rata-rata skor pre-test kelompok eksperimen adalah 8.38 dan skor post-test adalah 12,85. Hasil pre-test rata-rata kelas kontrol adalah 8.08 dan hasil post-test kelompok kontrol 10,08. Kumpulan data akhir bersifat homogen dan tersebar secara teratur. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,003 < 0,05. Dengan demikian ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Keywords


Anak Usia Dini; Bercerita dengan Aplikasi Lingokids; Kosakata bahasa Inggris

Full Text:

PDF Turnitin

References


Aktamovna, S. G. (2024). European science international conference: Modern Educational System And Innovative Teaching Solutions Enterprise Marketing Strategy. 40–51.

Alamin, Z., Lukman, L., Missouri, R., Annafi, N., Mutmainah, S., Khairunnas, K., & Fathir, F. (2023). Pelatihan Guru Paud Dalam Penggunaan Aplikasi Edukasi Interaktif Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 45–56. https://doi.org/10.52266/taroa.v2i1.2616

Centeno, M. del S., Rivera Rugama, M. del C., Sierra Herrera, L. R., & Lagos Reyes, W. G. (2021). Storytelling as a Pedagogical Strategy to Teach English Language Vocabulary to Children. Revista Multi-Ensayos, 2–6. https://doi.org/10.5377/multiensayos.v7i2.12151

Damcha, T. D. A., & Budiarti, E. (2022). Improving Children’s English Skills by Using Lingokids App. Journal Education and Development, 10(3), 357–362. https://doi.org/10.37081/ed.v10i3.4122

Fasha, A. K., Na’imah, N., & Suyadi, S. (2023). Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Di Tk Kids Garden Al-Mabrur Bandung. Jurnal Usia Dini, 9(3), 391. https://doi.org/10.24114/jud.v9i3.55413

Kapoh, R. J., Pattiasina, P. J., Rutumalessy, M., Wariunsora, M., Tabelessy, N., & Santika, I. G. N. (2023). Analyzing the Teacher’s Central Role in Effort to Realize Quality Character Education. Journal of Education Research, 4(2), 452–459. https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.176

Khairani, A. I. (2016). Pendidikan Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini. UNIMED.

Khoir, A., & Aminatuzzuhriah, A. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif dalam Pembelajaran Bahasa pada Anak Usia Dini. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 12002–12008. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.33262

Lingokids. (2022). English for Kids. Monkimun. https://lingokids.com/english-for-

Liyana, A., & Kurniawan, M. (2019). Speaking Pyramid sebagai Media Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 225. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.178

Mahyuddin, N., Syukur, Y., & Hidayati, A. (2016). Efektivitas Penggunaan Video Camera Dalam Pembelajaran Dan Implikasinya Terhadap Pelayanan Anak Usia Dini ( Usia 4-6 Tahun ) Di Kota Padang. Efektivitas Penggunaan Video Camera Dalam Pembelajaran Dan Implikasinya Terhadap Pelayanan Anak Usia Dini ( Usia 4-6 Tahun ) Di Kota Padang, 10(1), 45–60.https://doi.org/10.21009/JPUD.101.03

Mardianti, W. A., & Saridewi. (2024). Pengaruh Media Wordwall Terhadap Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 1 Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 18872–18882. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i2.15137

Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning: Prinsip dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahmadani, S., & Muryanti, E. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi dalam Mengenalkan Kosa Kata Bahasa Inggris pada Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 7(2), 285–291.

Rodia, R. S. (2023). Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Interaktif Di Denali Development Center. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 35–41. https://doi.org/10.33061/awpm.v7i1.8626

Rohayati, E. (2018). Metode Pengembangan Keterampilan Bercerita yang Berkarakter untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.17509/cd.v3i1.10320

Sudaryono. (2018). Metode Penelitian. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tyaningsih, A. R. (2016). Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Berbasis Proses Pemerolehan Bahasa Pertama. Jurnal Barista, 3(1), 74–82.

Ulwiyah, I. (2022). Pemanfaatan Aplikasi ‘English For Kids’ untuk Memperkaya Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 5(2), 82–90. https://doi.org/10.31537/jecie.v5i2.707

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Cambridge: Harvard University Press.

Widaningsih, C., & Ramadhena, M. P. (2024). Analisis Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini di Desa Kalangsurya Kecamatan Rengasdengklok Kabupaten Karawang. Malahayati Nursing Journal, 6(3), 936–949. https://doi.org/10.33024/mnj.v6i3.11027




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2402

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760