Pengaruh Permainan What’s Missing Terhadap Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Anak

Sisri Ningsih, Elise Muryanti, Rismareni Pransiska, Syahrul Ismet

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya ketersediaan media permainan di Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang, khususnya dalam pengenalan kosakata bahasa Inggris. Selama ini, proses pembelajaran bahasa Inggris hanya dilakukan melalui metode bernyanyi yang lagunya kurang bervariasi. Sehingga beberapa anak masih mengalami kesulitan dalam  memahami dan mengingat kosakata yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji seberapa pengaruh permainan What’s Missing terhadap pengenalan kosakata bahasa Inggris di Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Kantor Gubernur. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis metode Quasi Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh murid Taman Kanak kanak Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Sampling (Area Sampling). Sampel pada penelitian ini yaitu kelas B2 sebagai kelas eksperimen dan kelas B4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing kelas berjumlah 15 anak. Berdasarkan analisis data, hasil rata-rata score pre-test kelompok eksperimen adalah 8,60 dan rat-rata skor post-test adalah 18,73. Sementara pada kelompok kontrol rata-rata score pre-test adalah 7,33 dan rata-rata score post-test adalah 16,20. Data yang dihasilkan berdistribusi normal serta homogen. Pada uji hipotesis dengan Independent sample t-test nilai sig (2-tailed) adalah sebesar 0,00 < 0,05 maka H0 ditolak, Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa permainan What’s Missing dapat berpengaruh terhadap pengenalan kosakata bahasa Inggris anak.

Keywords


Anak Usia Dini; Kosakata Bahasa Inggris; Permainan What’s Missing

Full Text:

PDF Turnitin

References


Annisa, A., Marlina, S., & Zulminiati, Z. (2019). Hubungan Persepsi Orang Tua Tentang Dampak Smartphone Terhadap Perkembangan Sosial Pada Anak Di Kelompok Bermain Gugus I Kecamatan Nanggalo Kota Padang. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 59–66. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.59-66

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Firdaus, Muthiara, Muryanti, & Elise. (2020). Games Edukasi Bahasa Inggris untuk Pengembangan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1216–1227.

Haryanti, D., & Tejaningrum, D. (2020). Keaksaraan awal anak usia dini. Penerbit NEM (Nasya Expanding Management).

Haryono, E., Slamet, M., & Septian, D. (2023). Statistika SPSS 28. PT Elexmedia Komputindo. Jakarta., 1–23.

Hijriati, H. (2017). Peranan Dan Manfaat Ape Untuk Mendukung Kreativitas Anak Usia Dini. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 59. https://doi.org/10.22373/bunayya.v3i2.1699

Khomsin, K., & Rahimmatussalisa, R. (2021). Efektivitas Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 25–33. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i1.37872

Latifa, B., & Muryanti, E. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Lapbook Dalam Mengenalkan Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Di Taman Kanak-Kanak. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 6(1), 29–41. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v6i1.2115

Mutiara, L. (2013). 68 Game Kreatif Pembuka dan Penutup Kelas. Langensari Publishing.

Novia, I. F., & Nurhafizah. (2020). Penggunaan metode bermain peran dalam pengembangan kemampuan sosial anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1080–1090. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/571/500

Pebrianti, L. (2023). Pengaruh Permainan What’s Missing terhadap Kosa Kata Bahasa Inggris Anak. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 11(3), 1–8. https://doi.org/10.32534/jjb.v11i3.4890

Purwanti, R., & Fathimah. (2019). Pengenalan Aspek Bahasa (Bahasa Inggris) untuk Anak Usia Dini Melalui Nyanyian. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(2), 135–147. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/19525

Rao, P. S. (2019). The Role of english as A Global Language. Reseasch Journal of English (RJOE), 4(1), 65–79. www.rjoe.org.in

Sinaga, N., & Muryanti, E. (2023). Pengenalan Media E-Flashcard Dalam Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Simpang Empat Pasaman Barat. Journal Of Early Childhood Islamic Education, 6(2), 9–18.

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Rosdakarya.

Suryana, D. (2021). Pendidikan anak usia dini teori dan praktik pembelajaran. Prenada Media.

Susanti, N.-, & Muryanti, E. (2023). Efektivitas Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini Melalui Permainan Mistery Box Di Taman Kanak-Kanak Ulul Ilmi Padang. PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 5(1), 127–141. https://doi.org/10.52266/pelangi.v5i1.1270

Yani, D. P., & Muryanti, E. (2023). Efektivitas Game Interaktif dalam Mengenalkan Kosakata Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Latihan SPG Aisyiyah Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 16274–16281. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/8946

Yuliantika, N., Nurafiza, S., Turrahmah, N., & Anggraini, A. (2022). Permainan Alat Musik Dalam Mengembangkan Aspek Bahasa Anak Usia Dini. Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 173–183.

Yulsyofriend, Y., Anggraini, V., & Yeni, I. (2019). Dampak Gudget Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 25. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i1.2889




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2403

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760