Penerapan Alat Permainan Edukatif Papan Berhitung Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak di PAUD Ceria

Asmathul Asmathul, Putri Rahmi

Abstract


Kemampuan berhitung merupakan bagian dari perkembangan kognitif yang penting bagi anak usia dini, karena menjadi dasar dalam memahami konsep matematika. Namun, hasil observasi awal di PAUD Ceria Lamgugop menunjukkan bahwa sebagian besar anak usia 4–5 tahun belum mampu mengenali dan menyebutkan angka dengan benar serta mengalami kesulitan dalam menghitung jumlah benda. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) papan berhitung terhadap kemampuan berhitung anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis pre-eksperimental berupa One Group Pretest-Posttest Design.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi, dengan instrumen berupa lembar observasi yang mengacu pada indikator kemampuan berhitung dalam kurikulum merdeka fase pondasi. Eksperimen penelitian berjumlah 12 anak, dan teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata skor dari 1,6 pada pre-test menjadi 3,6 pada post-test, serta nilai N-Gain sebesar 0,8347 (kategori tinggi). Selain itu, hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai thitung sebesar 37,80 lebih besar dari ttabel sebesar 1,795 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan APE papan berhitung sangat meningkat dalam kemampuan berhitung anak usia 4–5 tahun di PAUD Ceria Lamgugop.

Keywords


Anak Usia Dini; Alat Permainan Edukatif; Kemampuan Berhitung; Papan Berhitung

Full Text:

PDF Turnitin

References


Aidil, S. (2018). Pendidikan Anak pada Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(2), 209.

Arumsari, A. D., Setyawan, D., Dzulkifli, D., & Marini, M. (2024). Peningkatan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini (AUD) Melalui Alat Permainan Edukatif (APE) Papan Berhitung. Motiva: Jurnal Psikologi, 7(2), 164. https://doi.org/10.31293/mv.v7i2.8314

Fadhilah, H. N., Syafrida, R., & Nirmala, I. (2022). Pengaruh Inovasi Media Paper Plate terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(15), 283–292.

Fitri, norma diana. (2019). Metode Fingermathic Pada Anak Usia Dini. 01 Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Pada Anak Usia Dini Binaan Rumah Zakat Melalui Video Animasi, 04(1), 569.

Hayati, Siti Nur, K. Z. P. (2021). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Usia Dini, 4(1), 1–13.

Lewa, Y. F., Ita, E. I., & Juita, A. K. (2023). Pengembangan Media Papan Pintar Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 2(3), 635–643. https://doi.org/10.38048/jcpa.v2i3.1127

Maryam, S. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak. Nusantara : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosia, 1(1), 87–102.

Mirayanti, Hajeni, & Rahmatia. (2022). Pengaruh Permainan Papan Hitung dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Din, 4(2), 421–432.

Natsir, T. A. L. (2022). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dini. IAIN Parepare Nusantara Press : Sulawesi Selatan.

Nurhadi, R., Trisnawati, M., Faujiyah, N. W., Rahmawati, E., & Khomaeny, E. F. F. (2018). Melatih Sikap Sabar Kepada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menggunting. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 2(1), 66–72. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i1.240

Rahmi, P., Dersa, R., & Hasballah, J. (2022). Pengembangan APE Rolling Box Berbasis Permainan Tebak Gambar terhadap Kemampuan Bahasa Anak. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 2(1), 1. https://doi.org/10.30821/eunoia.v2i1.1296

Rahmi, P., & Juwita, R. P. (2025). Transforming Textile Waste into Educational Play Tools for Early Childhood Teacher. 11(1), 44–51.

Rahmi, P., Mawaddah, Fajriah, H., & Maisarah. (2020). Penerapan Alat Permainan Edukatif Tangram untuk meningkatkan Kreativitas Anak dalam Mengenal Bentuk Geometri di TKN Pembina Lawe Alas. Jurnal Raudhah, 8(1), 81–91.

Saribu, P. B. D., & Simanjuntak, J. (2018). Pengaruh permainan tradisional congklak terhadap kemampuan berhitung permulaan anak usia 4-5 tahun di KB Tunas Harapan kecamatan Sunggal kab. Deli Serdang. Jurnal Usia Dini, 4(1), 28–38.

Sumitra, A. (2024). Monopoli Edukatif: Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Kelompok B. Journal Homepage, 7(1), 82–89.

Triandini, Y., & Atiyyah, S. (2020). Penerapan Permainan Kereta Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini. AL IHSAN: Jurnal Pendidikan …, 1(1), 48.

Triyana, T. (2022). Pengenalan Konsep Penjumlahan Bilangan 1-10 Pada Anak Kelompok B Melalui Media Papan Berhitung. Golden Childhood Education Journal, 3(2).

Vema Andriyaningrum. (2023). Urgensi Pendidikan Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional.

Yaie, F. I. J. Y., Taty Fauzi, & Dessi Andriani. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung melalui Permainan Kotak Pintar pada Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(03), 8–16. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i03.8807

Yulianti, A. (2025). Permainan Edukatif Sebagai Sarana Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini. Paedagogy : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 5(1), 25–39.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2406

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760