Dampak Senam Ritmik Berbasis Pita terhadap Perkembangan Keterampilan Motorik Kasar pada Anak TK
Abstract
Penelitian kuasi-eksperimental ini meneliti pengaruh senam ritmik dengan media pita terhadap keterampilan motorik kasar anak usia 5–6 tahun di TK Harindah. Dua puluh anak dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen mengikuti dua belas sesi senam ritmik dengan media pita, sementara kelompok kontrol melakukan aktivitas motorik biasa. Keterampilan motorik kasar dinilai sebelum dan sesudah intervensi melalui observasi dan tes kinerja yang tervalidasi, yang berfokus pada keterampilan lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan keterampilan motorik kasar pada kelompok eksperimen (rata-rata meningkat dari 14,90 menjadi 32,70), dibandingkan dengan kelompok kontrol yang mengalami peningkatan kecil (17,00 menjadi 18,90). Uji Wilcoxon Signed-Rank mengonfirmasi adanya peningkatan yang signifikan secara statistik. Temuan ini menegaskan nilai senam ritmik dengan media pita sebagai pendekatan yang efektif, menarik, dan sesuai dengan tahap perkembangan anak usia dini. Penelitian ini merekomendasikan integrasi aktivitas bermain multisensori seperti ini ke dalam kurikulum TK untuk mendukung perkembangan anak secara holistik.
Keywords
References
Aida Farida. (2016). Urgensi Perkembangan Motorik Kasar Pada Perkembangan Anak Usia Dini. Raudhah, IV(2), 2338–2163.
Anderson, N. J. (2019). The effect of educational gymnastics on young children's movement skills (Doctoral dissertation). University of Otago. https://hdl.handle.net/10523/9724
Dewi, D. S., Nurjama, I., & Fitria, E. (2024). Peningkatan Motorik Kasar Anak Usia Dini Usia 4–5 Tahun Melalui Kegiatan Senam Irama. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(2), 289–302. https://doi.org/10.26877/paudia.v13i2.776
Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 25. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742
Handayani, S., Ilyas, S. N., & Musfirah, H. (2022). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Permainan Simpai Pada Kelompok a Di Tk. 1(3), 2961–8185.
Honchar, L., Gantcheva, G., Borysova, Y., & Kovalenko, N. (2022). The influence of the “Rhythmic Gymnastics for Preschoolers” program on the culture of movement in 5–6-year-old children. Science of Gymnastics Journal, 14(3), 311–322. https://doi.org/10.52165/sgj.14.3.311-322
Maghfiroh, S. T. (2020). Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Senam Irama. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 8(1), 40–46.
Meisarah, & Rangkuti, D. (2023). Pengaruh Kegiatan Finger Painting Terhadap Keterampilan Motorik Halus Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Alfiah Athfal Medan Kota. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 26–32.
Munawwirah, B., Parwoto, P., & Ilyas, S. N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Puzzle Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 5 - 6 Tahun. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 17. https://doi.org/10.26858/tematik.v7i1.19634
Nurlailah, R. (2022). Pengaruh Permainan Jejak Kaki terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di TK Mandiri Pitue. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(1), 281. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1315
Özer, Ö., Soslu, R., Devrilmez, E., Uyhan, O., Devrilmez, M., & Doğan, İ. (2024). The effects of chronic gymnastics training on flexibility and strength in children. Science of Gymnastics Journal, 16(2), 289–304. https://doi.org/10.52165/sgj.16.2.289-304
Puspitasari, E., & Habibah, U. (2022). Pembelajaran Senam Irama Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Anak Kelompok A. JECER (Journal Of Early Childhood Education And Research), 3(2), 80. https://doi.org/10.19184/jecer.v3i2.36717
Rovendra, E., Melani, H., & Yuniliza. (2023). Pengaruh Senam Irama Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 3-5 Tahun di PAUD Ar-Raudhah Desa Pelompek Kerinci. Journal of Health Educational Science And Technology, 6(2), 133–144. https://doi.org/10.25139/htc.v6i2.6269
Sriwahyuniati, C. F. (2020). Senam Ritmik Dalam Paradigma Era Globalisasi. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 15(2), 67–71. https://doi.org/10.21831/jorpres.v15i2.29512
Ulfah, A. A., Dimyati, D., & Putra, A. J. A. (2021). Analisis Penerapan Senam Irama dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1844–1852. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.993
Yuniantika, V. (2019). Pengaruh Penggunaan Permainan Lompat Tali Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak. 1,.
Zhao, H., Deng, Y., Song, G., Zhu, H., Sun, L., Li, H., Yan, Y., & Liu, C. (2024). Effects of 8 weeks of rhythmic physical activity on gross motor movements in 4–5-year-olds: A randomized controlled trial. Journal of Exercise Science & Fitness, 22(4), 456–462. https://doi.org/10.1016/j.jesf.2024.10.001
DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2409
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Address
Universitas Trilogi jakarta
Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760



.png)



