IMPLEMENTASI PROGRAM “PBL AT SCHOOL” DAN “PBL AT HOME” DALAM MEMBANTU PERKEMBANGAN LIFE SKILLS ANAK DI TK PENYEMAI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi program "PBL at School" dan "PBL at Home" dalam membantu perkembangan keterampilan hidup (life skills) anak usia dini di TK Penyemai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang melibatkan kepala sekolah, guru, orang tua, serta anak-anak di kelompok A dan B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program dilakukan secara sistematis dan terstruktur melalui penyusunan kalender pendidikan dan tema kegiatan yang kontekstual. Implementasi program PBL dilakukan bergantian setiap minggu antara di sekolah dan di rumah, dengan guru berperan aktif dalam pelaksanaan di sekolah dan orang tua berperan dalam pendampingan di rumah. Evaluasi program dilakukan secara rutin untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Program ini terbukti dapat menstimulasi berbagai aspek life skills anak, seperti kemandirian, minat belajar, komunikasi, interaksi sosial, aspek perilaku. Kolaborasi antara sekolah dan orang tua menjadi kunci utama keberhasilan program. Program "PBL at School" dan "PBL at Home" memberikan pengalaman belajar yang bermakna, menyenangkan, serta relevan dengan kehidupan nyata anak, sehingga mendukung kesiapan anak menghadapi tantangan abad ke-21.
Keywords
References
Afia, S., & Malik, L. R. (2024). Kolaborasi Antara Orang Tua dan Guru dalam Model Pengasuhan Berbasis Pendidikan di PAUD. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran, 9(1), 65–74. https://doi.org/10.21462/educasia.v9i1.267
Ali, M., & Munastiwi, E. (2021). Kreativitas Guru dalam Mengajarkan Kecakapan Hidup pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi COVID-19. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9(1), 35. https://doi.org/10.21043/thufula.v9i1.9476
Anisa, Y. (2023). Sinergi Pendidikan: Membangun Fondasi Kokoh Melalui Kolaborasi Guru dan Orang Tua dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Bocil: Jurnal of Childhood Education, Development, and Parenting, 1(3). http://ojs.unublitar.ac.id/index.php/bocil/article/view/1283
Christin Souisa, F., Dwi Lestari, G., & Yusuf, A. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 752–765. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.616
Dewi, M. R. (2022). Kelebihan dan kekurangan Project-based Learning untuk penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka. Inovasi Kurikulum, 19(2), 213–226. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.44226
Handayani, A., & Sinaga, S. I. (2022). Penerapan ModelProject Based Learningdalam Meningkatkan KemampuanBerpikir Kritis Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Journal of Early Childhood Education, 5(1). https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v%vi%i.10670
Hidayat, T., & Syafe’i, M. (2018). Peran Guru Dalam Mewujudkan Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Rayah Al-Islam, 2(01), 101–111. https://doi.org/10.37274/rais.v2i01.67
Hidupi, D. W., Zohro, N. P., & Akip, M. (2024). Peran Guru dalam Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini Membangun Masa Depan Berkualitas. Bouseik: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 103–120. https://doi.org/10.37092/bouseik.v2i2.836
Kristina, M., & Sari, R. N. (2021). Pengaruh Edukasi Stimulasi Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. JDER Journal of Dehasen Education Review, 2(1). https://jurnal.unived.ac.id/index.php/jder/article/view/1402
Loka, D. N., & Robiah, R. S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PJBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Anak Usia Dini. 1(1). https://jurnal.staidaf.ac.id/almuhadzab/article/view/275
Maruddani, R. T. J., & Sugito, S. (2022). Kolaborasi Guru dan Orang Tua dalam Pembelajaran Full Day School pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3771–3781. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1731
Mujayanah. (2023). Pengembangan Kecakapan Hidup Anak Usia Dini Melalui Kuliner Tancok Ayu (Ketan Pencok Bumiayu) sebagai Produk Unggulan Kuliner di KB Mutiara Bunda. Pena Edukasia, 1(2). https://doi.org/10.58204/pe.v1i2.39
Munandar, A., Putri, Y. A., Marfuah, T. S., & Rulbadiyah, R. (2023). Implementasi Evaluasi Program Pendidikan Islam: Analisis Peran, Bentuk dan Kendala Kepala Sekolah. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(2), 344–355. https://doi.org/10.53802/fitrah.v4i2.585
Munastiwi, E. (2021). The Comparison on 21st Century Skills of Early Childhood in Four Schools in Yogyakarta. AL-ATHFAL: JURNAL PENDIDIKAN ANAK, 7(1), 39–52. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2021.71-04
Pawestri, W. I., Cahyono, H., & Muttaqin, M. ‘Azzam. (2024). Implementasi Practical Life Skill dalam Menumbuhkan Rasa Kesadaran Diri pada Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 5(3), 3148–3157. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1488
Prasetyaningtyas, W. E., Pentury, H. J., & Anggraeni, A. D. (2021). Implementing 21st Century Skills In Project Based Learning To Develop Young Learners Literacy. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 266. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v4i3.6901
Pratama, P., Windianti Windianti, Susanti, & Syahrial Syahrial. (2024). Peran Guru dalam Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran di Sekolah. Simpati, 2(3), 109–121. https://doi.org/10.59024/simpati.v2i3.821
Priantika, D., Hasanah, H., & Hadi Pradana, P. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Alam terhadap Creative Thinking Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 558–571. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.605
Ratnasih, T., & Zakiah, A. F. (2022). Perkembangan Kecakapan Hidup pada Anak Sedari Dini melalui Training Life Skill. JAPRA Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 1(1). https://www.academia.edu/download/96263187/Perkembangan_Kecakapan_Hidup_pada_Anak_Sedari_Dini_melalui_Training_Life_Skill.pdf
Reski, D., & Gaffar, F. (2024). Implementasi Program Parenting di TK Panrita Lopi Kabupaten Bulukumba. https://eprints.unm.ac.id/36046/
S, R. A., & Wirman, A. (2023). Penerapan Metode Talaqqi dalam Membiasakan Anak Menghafal Al-Qur’an. Journal of Education Research, 4(1), 7–12. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.122
Safira, N., & Hidayah, A. (2022). Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3(9). https://doi.org/10.36418/jist.v3i9.489
Saleem, S., Burns, S., & Perlman, M. (2024). Cultivating young minds: Exploring the relationship between child socio-emotional competence, early childhood education and care quality, creativity and self-directed learning. Learning and Individual Differences, 111, 102440. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2024.102440
Sari, A. Y. (2018). Implementasi Pembelajaran Project Based Learning Untuk Anak Usia Dini. MOTORIC, 1(1), 10. https://doi.org/10.31090/paudmotoric.v1i1.547
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Supartini, U., Dhieni, N., & Hartati, S. (2024). Pentingnya Melatih Kecakapan Hidup Anak Usia Dini. 9(2), 227–237.
Susandi, A. (2020). Pendidikan Life Skills Dalam Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam di Sekolah Dasar. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 6(2). https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v6i2.3867
Sutiawan, I. (2023). Perencanaan Sistem Pendidikan Agama Islam. Guepedia.
Sutikno, Y. (2023). Peran Guru dalam Evaluasi Pembelajaran di Kelas. Jurnal Maitreyawira, 4(1). https://doi.org/10.69607/jm.v4i1.73
Thana, P. M., Musamus, U., Hanipah, S., & Musamus, U. (2023). Kurikulum Merdeka: Transformasi Pendidikan SD Untuk Menghadapi Tantangan Abad ke-2. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 281–288.
Widyastuti, A. (2022). Implementasi Project Based Learning Pada Kurikulum 2022 Prototipe Merdeka Belajar. PT Elex Media Komputindo.
Yalçın, V., & Öztürk, O. (2022). EXAMINATION OF THE EFFECTS OF DESIGN-ORIENTED STEM ACTIVITIES ON THE 21ST CENTURY SKILLS OF PRE-SCHOOL CHILDREN AGED 3-4. Southeast Asia Early Childhood Journal, 11(2). https://doi.org/10.37134/saecj.vol11.2.1.2022
Yulianti, L. K., Sho’Ida, M. N., Baikuni, M. I., Andriyani, M., Rachmadani, N. D. A., & Prastiawan, A. (2025). Membangun Kolaborasi Antara Orang Tua dan Sekolah dalam Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Meningkatkan Minat dan Bakat Siswa. Seminar Nasional Departemen Administrasi Pendidikan “Transformasi Manajemen Pendidikan: Membangun Reputasi Kelembagaan Dalam Mendukung Kebijakan Pendidikan Nasional di Era Digital.”
Zulkarnaen, Z., Wardhani, J. D., Katoningsih, S., & Asmawulan, T. (2023). Manfaat model Pembelajaran Project Based Learning untuk Pendidikan Anak Usia Dini dan Implementasinya dalam Kurikulum Merdeka. JURNAL BUNGA RAMPAI USIA EMAS, 9(2), 394. https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i2.52951
DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2411
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Address
Universitas Trilogi jakarta
Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760



.png)



