Permainan Konstruksi Little Town Architecture (LITA) untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Kreatif Anak Usia 5-6 Tahun

Thalita Amelia Nabilla, Tomas Iriyanto, Nur Anisa

Abstract


Kemampuan berpikir kreatif merupakan bagian krusial yang perlu dikembangkan pada anak usia dini, terutama pada usia 5-6 tahun yang berada pada tahap pra-operasional. Namun demikian, stimulasi terhadap kemampuan berpikir kreatif anak di lembaga pendidikan masih terbatas, khususnya melalui kegiatan bermain konstruktif yang terstruktur. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media permainan konstruksi Little Town Architecture (LITA) sebagai alternatif stimulasi kemampuan berpikir kreatif anak. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Produk permainan LITA dirancang berbasis proyek dengan memanfaatkan berbagai bahan sederhana sehingga anak dapat merancang, membangun, serta mengeksplorasi ide-ide kreatif secara mandiri maupun kolaboratif. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa permainan LITA dinyatakan sangat layak dari aspek efektivitas, efisiensi, dan kemenarikan. Penggunaan permainan LITA mampu menstimulasi aspek kelancaran, fleksibilitas, orisinalitas, dan elaborasi anak. Dengan demikian, permainan konstruksi Little Town Architecture (LITA) layak digunakan sebagai sarana pembelajaran yang menyenangkan serta mendukung tumbuhnya kemampuan berpikir kreatif anak usia dini.

Keywords


Anak Usia Dini; Berpikir Kreatif; Little Town Architecture (LITA); Permainan Konstruksi

Full Text:

PDF Turnitin

References


Afrisna, A., & Hartati, S. (2023). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Perilaku Kerjasama Anak Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 78–84. https://doi.org/10.31326/jcpaud.v6i2.1761

Aisyah, E., Iriyanto, T., Astuti, W., & Yafie, E. (2019). Pengembangan Alat Permainan Ritatoon Tentang Binatang Peliharaan Sebagai Media Stimulasi Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 174–180. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p174

Amalia, A., Sugiatno, & Suratman, D. (2019). Proses Berpikir Kreatif dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Berdasarkan Tahapan Wallas di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–10.

Andi Rustandi, & Rismayanti. (2021). Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. JURNAL FASILKOM, 11(2), 57–60. https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2546

Anisa, N., & Tri Wulandari, R. (2018). Analysis of Science and Technology Elements in The Application of STEAM Based Learning (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics). Proceedings of the 1st International Conference on Early Childhood and Primary Education (ECPE 2018). https://doi.org/10.2991/ecpe-18.2018.33

Arofah, E. R. Y. (2024). Implementasi Metode Proyek Bagi Pengembangan Kemampuan Kerjasama Anak Usia Dini Kelas B di TK Sudirman 03 Kota Pekalongan.

Aslindah, A. (2018). Upaya Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Menggunakan Media Balok Di TK Alifea Samarinda. Jurnal Warna : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 03(01), 11–19.

Bili, F. G., Bili, D. L., & Kalumbang, A. A. K. (2024). Pemanfaatan Permainan Lego Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun TK St. Mathilda Unika Weetebula. Journal on Educatio, 06(03), 17154–17163.

Denisa Agustin, & Hakim, A. (2023). Kontribusi Teknik Permainan Balok Model Pengembangan Kreativitas Permainan Konstruktif dalam Perkembangan Berpikir Kreatif. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 3(2), 75–80. https://doi.org/10.29313/jrpgp.v3i2.3009

Divanca, J., Nurani, Y., & Hikmah, H. (2023). Senam Kreasi AHARIA untuk Menstimulasi Keterampilan Gerak Dasar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 7. https://doi.org/10.47134/paud.v1i2.66

Ghofur, A., & Wahyudi, H. (2016). Minat Siswi SMK Negeri 1 Jombang Mengikuti Ekstrakurikuler Futsal. Jurnal Kesehatan Olahraga, 8(1), 23–28.

Halisah, F. N., & Muthohar, S. (2024). Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Permainan Konstruktif. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(3), 839–849. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i3.797

Haq, A. U., Sutama, W., Anisa, N., & Putra, Y. D. (2024). Development of the Dangerous Road Maze Game to Stimulate Critical Thinking Abilities in Children Aged 5-6 Years. 2024.

Mardianingsih, & Nuris, A. D. (2022). Karakteristik Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun Dalam Aspek Kognitif Melalui Permainan Balok. Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 29–36. http://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/PAUD/article/view/1332

Pangestuti, D. Y., Iriyanto, T., & Anisa, N. (2024). Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis pada Anak Kelompok B di KB-TK Anak Teladan Kota Malang. SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 38–45. https://doi.org/10.59632/sjpp.v2i1.268

Ranggawuni, I. R., Mamesah, M., & Marjo, H. K. (2014). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Berdasarkan Pola Asuh Orangtua (Siswa Kelas VII DI SMP Negeri 8 Jakarta Pusat). Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2), 38. https://doi.org/10.21009/insight.032.07

Reta, T. N. (2022). Implementasi Media Permainan Balok Untuk Pengembangan Kognitif Anak di TK Dwi Karsa Bandar Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21389

Rocmah, L. I. (2017). Penerapan permainan konstruktif di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Sambiroto. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan : Tema “Desain Pembelajaran Di Era Asean Economic Community (AEC) Untuk Pendidikan Indonesia Berkemajuan,” 41–47.

Rusawalsep, E. R., Nasirun, M., & Ardina, M. (2020). Meningkatkan Kemampuan Kemampuan Mengenal Sebab Akibat Anak Melalui Metode Eksperimen Pada Anak Kelompok B. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(2), 163–172.

Supianti, L., D, D., & Qalbi, Z. (2023). Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Anak Di Kelompok B Taman Kanak-kanak Se-kecamatan Sindang Kelingi. Jurnal Pena Paud, 4(1). https://doi.org/10.33369/penapaud.v4i1.21465

Susanto, N. (2017). Hakikat Dan Signifikansi Permainan. Jendela Olahraga, 2(1), 99–104. https://doi.org/10.26877/jo.v2i1.1287

Wulandari, S., Cindrya, E., & Setyaningsih, K. (2025). Pengaruh Permainan Pasir Kinetik Terhadap Kemampuan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Islam Hanana Palembang. 8(1), 212–220.

Yafie, E., Kustiawan, U., Astuti, W., Haqqi, Y. A., Boedi, D., & Ilhami, B. S. (2020). Pengaruh Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran terhadap Peningkatan Keterampilan Mengembangkan Alat Permainan Edukatif (APE) dari Bahan Bekas. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 124–135.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2413

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760