Pengaruh Media Pop up Book Digital terhadap Keterampilan Bercerita Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Pelita Bunda Kabupaten Solok

Anisa Putri, Vivi Anggraini, Rismareni Pransiska, Elise Muryanti

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan bercerita anak usia 5–6 tahun di TK Pelita Bunda Kabupaten Solok. Anak-anak menunjukkan kesulitan dalam mengulangi isi cerita secara singkat, cenderung malu berbicara di depan kelas, dan kurang mampu menyampaikan kembali tokoh maupun alur cerita yang telah disampaikan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode bercerita dengan media Pop Up Book Digital terhadap keterampilan bercerita anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini semua anak dengan jumlah peserta didik 53 anak, sampel pada penelitian ini adalah 30 anak, 15 anak B1 dan 15 anak B2. Sampel yang terbagi dalam dua kelas: kelas eksperimen (media Pop Up Book Digital) dan kelas kontrol (media buku cerita biasa). Teknik pengumpulan data menggunakan tes keterampilan bercerita. Hasil post-test menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh rata-rata nilai 13,67, sedangkan kelas kontrol 11,93. Uji statistik menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,028 (< 0,05), dengan nilai effect size sebesar 0,847 yang termasuk dalam kategori kuat. Dengan demukian, hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan media Pop Up Book Digital berpengaruh signifikan dan kuat dalam meningkatkan keterampilan bercerita anak usia 5–6 tahun.

Keywords


Anak Usia Dini; Keterampilan Bercerita; Media Pop Up Book Digital

Full Text:

PDF Turnitin

References


Budiman, A., Mawaddah, I., & Lestari, H. (2023). Efektivitas Media dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Inovatif, 9(2), 105-113.

Darihastining, s., mardiana, w., misnawati, m., sulistyowati, h., rahmawati, y., & sujinah, s. (2023). Penerapan berbagai hipotesis pemerolehan bahasa kedua terhadap anak usia dini. Jurnal obsesi : jurnal pendidikan anak usia dini, 7(1), 685–698. Https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3893

Hasanah, s. R. (2023). Pengaruh media boneka jari terhadap kemampuan bercerita pada anak ra b el rahmah surabaya (doctoral dissertation, universitas pgri adi buana surabaya).

Kalsum, U., Syafriani, R., & Andriani, N. (2023). Pengertian pendidikan anak usia dini dalam perspektif Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 45–56.

Kurniawati, N., Sari, R., & Pratiwi, A. (2023). Media Pop-Up Book dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Anak. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1), 77-88.

Marlina, s., pransiska, r., & qalbi, z. (2021). Analisis kurikulum pendidikan islam di taman kanak-kanak aisyiyah bustanul athfal padang. Jurnal obsesi: jurnal pendidikan anak usia dini, 6(2), 844-855.

Mawaddah, n., sa’ida, n., budiman, a., & suweleh, w. (2023). Pengaruh media pop-up digital terhadap penanaman karakter toleransi anak usia 3-4 tahun di kb aisyiyah 16. Mitra ash-shibyan: jurnal pendidikan dan konseling, 6(02), 53–62. Https://doi.org/10.46963/mash.v6i02.875

Qalbi, z. (2022). Dampak bermain game online terhadap kepribadian sosial anak usia dini di paud islam intan insani kota bengkulu. Journal on teacher education, 4(2), 1566-1574.

Rahmawati, S., & Fitriyani, H. (2022). Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak, 7(1), 45–51. https://doi.org/10.31004/jipa.v7i1.701

Rayhan, n., ananda, r., rizal, m. S., & sutiyan, o. S. J. (2023). Peningkatan keterampilan berbicara menggunakan metode bermain peran pada siswa sekolah dasar. Autentik: jurnal pengembangan pendidikan dasar, 7(1), 42-56.

Sakdiah, n., & sihombing, f. (2023). Problematika pembelajaran bahasa arab. Jurnal sathar, 1(1), 34–41. Https://doi.org/10.59548/js.v1i1.41

Salsa, d. I., madyawati, l., & laely, k. (2024). Keyakinan dan praktik literasi pada lembaga pendidikan anak usia dini. Aulad: journal on early childhood, 7(1), 150-159.

Sari, r. A., siregar, m. F. Z., & nurhamidah, n. (2024). Partisipasi orang tua dalam pendidikan anak usia dini. Cybernetics: journal educational research and social studies, 1(1), 10–22. Https://doi.org/10.51178/cjerss.v5i3.2019

Suhartono, s., & latifah, n. (2019). Pendidikan akhlak pada anak usia dini. At turots: jurnal pendidikan islam, 1(1), 195–201. Https://doi.org/10.51468/jpi.v1i1.4

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sholichah, m., & andajani, s. J. (2017). Efektivitas penggunaan media wayang koran dalam pembelajaran keterampilan bercerita anak kelompok b. Jurnal paud teratai, 6(2).

Syahputra, M., Aulia, R., & Ningsih, L. (2023). Efektivitas Media Pop-Up Book Berbasis Digital dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 8(1), 66–73.

Warmansyah, j., komalasari, e., yuningsih, r., sari, m., rahmadani, w., putri, h., mulia, ), data, r., yanti, e. P., anak, p. I., & dini, u. (2022). Pelatihan canva for education untuk guru paud se kabupaten tanah datar canva for education training for early children education teachers tanah datar districk 1). Abdi paud: jurnal pengabdian masyarakat, 3(2). Https://ejournal.unib.ac.id/index.php/abdipaud/index

Yahzunka, a. N., & astuti, s. (2022). Pengaruh penggunaan media pop up book berbasis literasi digital terhadap kemampuan membaca dongeng siswa sekolah dasar. Jurnal basicedu, 5(3), 1683–1688.

Yuliyanti, R., Diah, N., & Setiawan, B. (2023). Penggunaan Media Visual untuk Meningkatkan Konsentrasi Anak PAUD. Jurnal Kreativitas Anak, 4




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2422

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760