Penerapan Pembelajaran Berbahan Alam di SPS Khalifah Mulia Banda Aceh
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan pembelajaran berbahan alam di SPS Khalifah Mulia Banda Aceh serta faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran berbahan alam terhadap perkembangan kognitif dan kreativitas anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Subjek dalam penelitian ini yaitu 10 orang anak usia 5–6 tahun dan 1 orang guru. Dan analisis data yang digunakan yaitu trigulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbahan alam di SPS Khalifah Mulia Banda Aceh menggunakan ampas kelapa, biji-bijian, daun kering, pelepah pisang, batang sawi, dan bahan lainnya membuat anak lebih berkembang dan kreatif melalui kegiatan kolase dan menjiplak. Metode ini dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan kontekstual. Hasilnya, anak menunjukkan antusiasme tinggi terhadap tekstur, warna, dan bentuk bahan, sekaligus memperoleh stimulasi kognitif, peningkatan kreativitas, dan keterampilan motorik halus. Faktor pendukung meliputi ketersediaan bahan, biaya rendah, dukungan sekolah, dan keterlibatan orang tua. Kendala yang dihadapi mencakup keterbatasan variasi metode, bau bahan tertentu, isu keamanan, dan keterbatasan kreativitas guru. Oleh karena itu, diperlukan inovasi pembelajaran serta pelatihan guru untuk menjaga keberlanjutan metode ini.
Keywords
References
Amiliya, R., & Aminah, S. (2020). Pembelajaran Berbasis Alam Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Kinabalu, 3(2), 50–57.
Amlia, O. W., & Asti, S. W. (2021). Peningkatan Kreativitas Guru Melalui Media Pembelajaran di Tk Permata Ibu. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1–7.
Arifah, Y. W., & Wati, D. E. (2024). Implementasi Pemanfaatan Bahan Alam untuk Mengembangkan Kemampuan Klasifikasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(3), 515–522. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i3.3236
Aslindah, A., & Suryani, L. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran PAUD Berbasis Bahan Alam di TK Alifia Samarinda. Jurnal Pengabdian Ahmad Yani, 1(1), 49–57. https://doi.org/10.53620/pay.v1i1.14
Faridy, 1Faizatul, Fitri, M., & Fikri, M. (2024). Pendekatan Guru Dalam Mengoptimalkan Pengembangan Motorik Kasar Anak di PAUD Bungong Seurune Aceh Besar. 12(1), 1–13.
Faridy, F., & Rohendi, A. (2022). The effect of project-based learning in developing naturalist intelligence in children. Nursing Management (Harrow, London, England : 1994), 8(1), 23–34. https://doi.org/10.7748/nm.23.9.12.s14
Hasrina, Aziza Amal, S. (2021). Pengaruh Kegiatan Kolase Menggunakan Bahan Alam Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Hasrianaa.
Herayati, T., & Patilima, H. (2023). Analisis Penggunaan Bahan Alam Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak. 6(1).
Irawati, S. N. (2021). Sistem Pembelajaran Berbasis Alam Dalam Mengembangkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Education Studies, 1(2), 218–263. https://doi.org/10.54180/joeces.2021.1.2.218-263
Jumriah, Rusmayadi, Muhammad Akil Musi, & Syamsuardi. (2025). Implementasi pembelajaran berbasis alam bagi anak usia dini implementation of nature-based learning for early childhood. Variable Research Journal, 02(01), 1. https://variablejournal.my.id/index.php/VRJ/article/view/175
Laelliah, S. N., Febriani, F. A., Mintarsih, Filzannah, S. S., Wati, S., & Fitria, E. (2024). Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Kolase Menggunakan Media Ampas Kelapa. 12(1), 1–11.
Mochamad Nashrullah, Okvi Maharani, Abdul Rohman, Eni Fariyatul Fahyuni, & Nurdyansyah (2023). Metodologi Penelitian Pendidikan.
Robingatin, Asiah, S. N., & Alfianingsih, A. (2022). Pengaruh Kegiatan Mencetak Dengan Pelepah Pisang Terhadap Kreativitas Mewarnai Anak. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (JTIK) Borneo, 3(1), 63–71.
Safura, A., Rizkia, Z., Salpina, Maisura, & Junaidi Putri, D. A. (2024). Pemanfaatan Bahan Alam dalam Mengembangkan Kreativitas Seni Anak Usia Dini di TK Al-Muna Kabupaten Bireuen. JUMPER: Journal of Educational Multidisciplinary Research, 3(2), 87–94. https://doi.org/10.56921/jumper.v3i2.231
Sari, R. F., & Kholisussa’di. (2021). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Alam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Kelompok B di TK Daruttaqwa Srigangga Kelurahan Tiwugalih Kecamatan Praya Tahun Pelajaran 2020-2021. 8(20).
Siti Romdona, Silvia Senja Junista, A. G. (2025). Teknik Pengumpulan Data: Observasi, Wawancara dan Kuesioner. 3(1), 39–47.
Subhaktiyasa, P. G. (2024). Menentukan Populasi dan Sampel: Pendekatan Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2721–2731. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i4.2657
DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2424
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Address
Universitas Trilogi jakarta
Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760



.png)



