PEMANFAATAN LINGKUNGAN FISIK SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SATUAN PAUD KELURAHAN “KAMPUNG MELAYU” JAKARTA TIMUR

Ipani Fitriani Fitriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam pemanfaatan lingkungan fisik sebagai sumber belajar di satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang berada di wilayah Kelurahan Kampung Melayu, Jakarta Timur. Latar belakang dari penelitian ini adalah pentingnya lingkungan fisik yang mendukung proses belajar anak usia dini, naik dari aspek kenyamanan, keamanan, maupun ketersediaan fasilitas pembelajaran yang sesuai. Namun, kondisi di lapangan menunjukan bahwa belum seluruh satuan PAUD mampu mengelola potensi lingkungan secara optimal sebagai sumber belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan pengumpulan dokumentasi terhadap tiga satuan PAUD yang menjadi objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat keterbatasan dalam penempatan elemen lingkungan fisik, baik di area indoor maupun outdoor, serta minimnya pengetahuan guru dalam mengelola dan memanfaatkan lingkungan sebagai media pembelajaran. Dengan demikian, diperlukan peningkatan kapasitas guru dalam merancang pembelajaran berbasis lingkungan fisik sekitar, agar dapat mendukung perkembangan holistik anak secara optimal. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pendidik, pengelola PAUD, dan pemangku kebijakan dalam meningkatkan kualitas lingkungan belajar anak usia dini.

Keywords


Keywords physical environment; learning resources; early childhood education; Kampung Melayu; Teachers;

References


Akhirul, Witra, Y., Umar, I., & Erianjoni. (2020). Dampak Negatif Pertumbuhan Penduduk

Terhadap Lingkungan Dan Upaya Mengatasinya. Jurnal Kependudukan Dan Pembangunan Lingkungan, 1(3), 76–84. Anggraini, S., & Sukartono, S. (2022). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5287–5294. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3071

Dewan perwakilan Rakyat Indonesia dan Indonesia, presiden republik. (2003). Undang undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Demographic Research, 49(0), 1-33 : 29 pag texts + endnotes, appendix, referen. DLH Provinsi DKI Jakarta. (2023). Ikplhd Provinsi Dki Jakarta Tahun 2023. 1– 1151.

Dr. Muhammad Hasbi Rahmita P. Soendjojo, P. A. N. S. F. A. M. P. D. W. R. M. P. (2021). Penataan Lingkungan Paud Inklusif. Hendrawati, E. (2013). Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Melalui Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa SDN I Sribit Delanggu Pada Pelajaran IPS. Hester. (2015). ( Biochemical Oxygen Demand ) Sungai Ciliwung terutama di area tengah

( antara dengan area pusat permukiman kampung dalam bukunya Design for Ecology Democracy menyatakan bahwa pusat kegiatan atau centredness adalah elemen mempengaruhi sense of sacredness. 2(1), 51–69. Imron, S. (2014). Faktor Faktor yang mampu mempengaruhi sumber belajar. Pendidikan Dan Pembelajaran.

Ismail, W., Pendidikan, J., Usia, A., Pendidikan, J., Usia, A., Pendidikan, J., Usia, A., Pendidikan, J., Usia, A., Pendidikan, J., Usia, A., Hasanah, U., Pendidikan, J., & Usia, A. (2019). Pengelolaan lingkungan pembelajaran di paud kemala bhayangkari. 2(2), 121–128. Jainiyah, J., Fahrudin, F., Ismiasih, I., & Ulfah, M. (2023). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1304–1309.https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.284

Justina. (2023). Pengelolaan Pembelajaran Anak Usia Dini Di KB Paud AL KAHFI Desa

Kamurang Kecamatan Liukang Kalmas Kabupaten pangkep.

Komalasari, M. P. (2023). Transformasi menuju PAUD Berkualitas melalui Survei Lingkungan Belajar, Raport Pendidikan dan Perencanaan Berbasis Data. Paud Pedia. Kurniawan, B. (2021). Sumber dan Media pembelajaran sd. 1–17. Lestari, I. S. (2020). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Dalam

Menanamkan Nilai-Nilai Spiritual Pada Anak Usia Dini Di Paud Akhlak Mulia. 1–56. http://e-theses.iaincurup.ac.id/3119/1/Fulltext.pdf

Lucia RM Riyanto, B. W. (2021). Pedoman implementasi program kesiapan bersekolah. Makki, S. (2021). Jakarta, Kota Paling Rentan Bahaya Lingkungan di Dunia. Cnn Indonesia.

Mariyana, R., & Setiasih, O. (2018). Penataan Lingkungan Belajar Terpadu Untuk Meningkatkan Potensi Kecerdasan Jamak Anak. Pedagogia, 15(3), 241. https://doi.org/10.17509/pdgia.v15i3.11020

Miles, M., Huberman, A., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook Edition 3. (U.-P. Tjetjep Rohendi Rohidi, Trans.) USA: Sage Publications. (Issue 112).

Moerdijat, L. (2024). Kualitas lingkungan belajar PAUD harus meningkat. ANTARA. Munashiroh, M. (2023). Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Memanfaatkan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar dengan Pelaksanaan Diskusi Terbimbing di MIN 12 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 43–60. https://doi.org/10.52217/pedagogia.v5i1.1217

Nurhasanah, A., Pribadi, R. A., & Sukriah, S. (2022). Memanfaatkan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah Telaah, 7(1), 66. https://doi.org/10.31764/telaah.v7i1.6618

Nuzulia, A. (2018). Lingkungan Fisik. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24. Rosaria Tambunan, V., Herawati Dosen Pengampu Mata Kuliah Penataan Lingkungan Belajar, J. P., & Agama Kristen Negeri Tarutung, I. (2023). Pengaruh Penataan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Beringin

Permai Kecamatan Sipoholon. Jurnal Pendidikan Agama Dan Teologi, 1(2),209–216. Rusdianti. (2024). Kendala guru dalam mewujudkan lingkungan belajar yang kondusif pada sekolah penggerak. April. Safitri, M. N., & Puspasari, D. (2022). Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis android terhadap hasil belajar siswa OTKP pada mata pelajaran kearsipan di SMK PGRI 1 Jombang. Journal of Economics and Business Education, 2(2), 17. Sania Mashabi, I. A. A. (2022). Jakarta Timur Jadi Daerah dengan Pencemaran Tertinggi Se-DKI, Ini Penyebabnya. Kompas,Com.

Sarnoto, A. Z., & Romli, S. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional (Eq) Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sma Negeri 3 Tangerang Selatan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 55–75. https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i1.48

Vionalita, G., Handayani, P., & Fithri, N. K. (2016). Analisis kualitas hidup anak usia dini di Taman PAUD UEU tahun 2015. Forum Ilmiah, 13(March), 131–135. Wiam, A. R. (2019). Hubungan Media Pembelajaran Dan Sumber Belajar Terhadap Kemampuan Membuat Karya Kolase Siswa Kelas IV SDN Gugus Sunan Ampel Kabupaten Demak. https://lib.unnes.ac.id/34563/




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2430

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760