Media Pyramid Game untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 5-6 Tahun
Abstract
Keywords
References
Affandi, L., Sappaile, B. I., Warwer, F., Widianingsih, B., Nugroho, W., Yana, M., & Kirom, A. (2023). Penggunaan Alat Permainan Edukatif sebagai Media Pembelajaran dalam Kegiatan Bermain sambil Belajar. Global Education Journal, 1(3), 141–149. https://doi.org/10.59525/gej.v1i3.152
Aisyah, E. N., Iriyanto, T., Astuti, W., & Yafie, E. (2019). Pengembangan Alat Permainan Ritatoon Tentang Binatang Peliharaan Sebagai Media Stimulasi Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 174–180. file:///D:/0. KULIAH S3/SEMESTER 4/DISERTASI/1/Mendeley/Aisyah.pdf
Akbar, S. (2015). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Annisa, S. N., & Komala, K. (2025). Quizizz: Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Simbolik. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 8(1), 26–35.
Bana, R. E., Dethan, S. P., & Blegur, I. K. S. (2022). Powerpoint dan Ispring : Kombinasi untuk Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android. SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika, 2, 284–295.
Hafiza, H., Wati, K. S., & Dewi Safitri. (2024). Perkembangan Kognitif Anak Usia 5‒6 Tahun Berdasarkan Keterampilan Berpikir Simbolik. Alzam: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(1), 11–20. https://doi.org/10.51675/alzam.v4i1.774
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, 1(1), 28–37.
Iskandar, B., & Zulaeha, V. S. (2022). Praktik Bermain dalam Menstimuasi Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia Dini. VOX EDUKASI : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 13(April), 30–36.
Jayanti, W. E., Meilinda, E., & Nana, F. (2018). Game Edukasi “Kids Learning” Sebagai Media Pembelajaran Dasar Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android. KOPERTIP : Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika Dan Komputer, 2(2), 98–104. https://doi.org/10.32485/kopertip.v2i2.56
Mukarromah, A., & Andriana, M. (2022). Peranan Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran. Journal of Science and Education Research, 1(1), 43–50. https://doi.org/10.62759/jser.v1i1.7
Najuah, Sidiq, R., & Sinamora, R. S. (2022). Game Edukasi: Strategi dan Evaluasi Belajar Sesuai Abad 21. In Yayasan Kita Menulis. http://digilib.unimed.ac.id/51618/
Nuryani, L., & Surya Abadi, I. G. (2021). Media Pembelajaran Flipbook Materi Sistem Pernapasan Manusia pada Muatan IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 247. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.32934
Pangestu, P. A. (2022). Pengembangan Media Poster Edukasi Kesiapsiagaan Bencana untuk Siswa Sekolah Dasar. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 7(2), 107–115.
Perbawa, I. G. B., Adiarta, A., & Ratnaya, I. G. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Smartphone Berbasis Android untuk Pembelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN). Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undhiksa, 9(3), 232–242.
Priyono, F. H., Rahmawati, A., & Pudyaningtyas, A. R. (2021). Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 5–6 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 9(1), 212–218. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i1.38741
Putri, V. L. (2021). Pengembangan Media Frueelin untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 5(02), 155–163. https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.3385%0APengembangan
Rahmalia, D., & Suryana, D. (2021). Pengembangan Media Papan Flanel untuk Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Pada Anak. Jurnal Basicedu, 5(2), 605–618. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.782
Sari, B. M., & Suyadi. (2024). Permainan Interaktif Sebagai Media Pembelajaran pada Anak Usia Dini. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 2049–2058. https://doi.org/10.21831/jpa.v2i2.3047
Setiawan, E. A., & Nurhidayah, D. A. (2021). Pengembangan Game Multimedia Interaktif untuk Menstimulasi kemampuan Berpikir Simbolik Tema Binatang pada Anak Usia 5–6 Tahun di TK Pertiwi Siulak Mukai. Jurnal Edupedia, 5(2), 145–154. http://studentjournal.umpo.ac.id/index.php/edupedia
Sidqi, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Fockusky Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 7 Kota Jambi. Universitas Jambi, 1(1), 1–87. https://repository.unja.ac.id/26906/9/BAB I.pdf
Sihombing, Y., Haloho, B., & Napitu, U. (2023). Problematika Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 8(2), 725. https://doi.org/10.58258/jupe.v8i2.5611
Silomita, S. A. C., Iriyanto, T., & Anisa, N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran ABEBO untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Simbolik Anak. Jurnal Care, 11(2), 170–179. https://doi.org/https://doi.org/10.25273/jcare.v11i2.20310
Sopian, S. B. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran PETA (Penjelajahan Matematika) Berbasis Aplikasi Android pada Materi Kecepatan di Kelas V SD (Vol. 13, Issue 1). Universitas Pendidikan Indonesia.
Talango, S. R. (2020). Konsep Perkembangan Anak Usia Dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 92–105. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35
Trisnawati, L. T., Puspita, I., Abdillah, F., & Hartati, S. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Game Android pada Pembelajaran Angka dan Huruf di PAUD. Rabit : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 8(2), 247–253. https://doi.org/10.36341/rabit.v8i2.3354
Wardani, E. K., & Suryana, D. (2021). Permainan Edukatif Setatak Angka dalam Menstimulasi Kemampuan Berfikir Simbolik Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1790–1798. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1857
Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141
Wirahno, D. N., Sahrul, S., Marfu’ah, S., Fathonah, S., Jannah, M., Rinjani, E., Kusbiantari, D., & Djunaedi, A. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Android Terhadap Perkembangan Motorik Anak Usia Dini di Kabupaten Pati. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 8. https://doi.org/10.47134/paud.v1i2.859
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Zega, J. N., & Susanto, Y. N. (2024). Media Pembelajaran Alam dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 6(1). https://doi.org/10.55962/metanoia.v6i1.121
DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2431
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Address
Universitas Trilogi jakarta
Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760



.png)



