Meningkatkan Kemampuan Menyimak Melalui Kegiatan Sosiodrama pada Usia 5-6 Tahun
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak usia 5–6 tahun melalui kegiatan sosiodrama di KB/TK TALENTA, Jakarta Selatan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model John Elliot dan pendekatan deskriptif kualitatif serta kuantitatif. Peneliti bertindak sebagai guru kelas berdasarkan Surat Keputusan (SK) dari lembaga tempat penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah 16 anak kelompok B usia 5–6 tahun. Penelitian dilakukan dalam 1 siklus selama 6 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, terjadi peningkatan kemampuan menyimak anak sebesar 32.25%, dengan capaian rata-rata pada pra-siklus sebesar 49% dan meningkat menjadi 81.5% setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I. Kegiatan sosiodrama terbukti mampu meningkatkan fokus, pemahaman, dan keterlibatan aktif anak dalam kegiatan pembelajaran. Keberhasilan ini menunjukkan bahwa sosiodrama merupakan metode yang efektif dan menyenangkan dalam meningkatkan kemampuan menyimak anak usia dini. Implikasi dari penelitian ini memberikan alternatif pembelajaran yang komunikatif dan partisipatif yang dapat diterapkan oleh guru dalam pembelajaran sehari-hari.
Keywords
References
Arif Sholehan, S. O. (2023). Penelitian tindakan kelas. Proceedings of the National Academy of Sciences, 3(1). Mitra Ilmu. http://dx.doi.org/10.1016/j.bpj.2015.06.056
Fauziah, Z., Wahyuningsih, S., & Hafidah, R. (2020). Metode sosiodrama untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada anak usia 5–6 tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 8(2), 222–230. https://jurnal.uns.ac.id/kumara
Fathurohmah, A. (2021). Peningkatan keterampilan bercerita melalui metode sosiodrama pada anak pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1–10.
Fitri Ariska, Y., Fakhriah, D., Naila Fauzia, S., & Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini. (2021). Peningkatan keterampilan sosial anak usia dini. Jurnal Ilmiah Mahasiswa PAUD (JIM PAUD), 6(3), 12–21.
Hafrianti, D. N., Wahyuningsih, S., & Sholeha, V. (2020). Peningkatan kemampuan menyimak anak usia 5–6 tahun melalui metode whole brain teaching. Jurnal Kumara Cendekia, 8(2), 210–220. https://jurnal.uns.ac.id/kumara
Ihjana, M. (2023). Pengaruh metode sosiodrama terhadap pemahaman anak tentang kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail di SD Negeri 3 Sinar Banten (Disertasi doktoral, IAIN Metro).
Iis Aminatuzzahro. (2021). Pengaruh media pembelajaran boneka tangan terhadap keterampilan menyimak dongeng anak kelas III MI Ma’arif NU Banjar¬sari Ajibarang Banyumas tahun ajaran 2020/2021 (Skripsi, tidak dipublikasikan).
Ismail, F., Darwis, M. A., Halifah, S., & Tiara, T. A. S. (2023). Meningkatkan keterampilan menyimak melalui metode mendongeng menggunakan media kertas gambar pada anak usia kelompok B di TK Grand Laugi Parepare. Anakta: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 6–10. https://doi.org/10.35905/anakta.v1i1.3299
Jalongo, M. R. (1991). Strategies for developing children’s listening skills. National Education Association.
Machali, I. (2022). Bagaimana melakukan penelitian tindakan kelas bagi guru? Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21
Moren, M. (2020). Metode sosiodrama dalam perkembangan sosial emosional anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 1–9.
Nur’aida. (2020). Implementasi metode sosiodrama dengan bermain peran dalam meningkatkan hasil belajar materi adab makan dan minum. Jurnal Literasiologi, 4(1), 15–25.
Nurhayati, N., Putri Utami, I. W., & Luddi Anoffa, E. R. (2022). Penerapan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas 5. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(3), 142–149. https://doi.org/10.22219/jppg.v1i3.14299
Purba, P. B., Mawati, A. T., Kuswandi, J. S., Hulu, I. L., Sitopu, J. W., Pasaribu, A. N., Yuniwati, I., & Masrul. (2021). Penelitian tindakan kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6(1), 87–93.
Rosyidi, A. A., Octaviana, E. N., & Hafidah, R. (2022). Meningkatkan keterampilan menyimak pada anak usia 5–6 tahun melalui metode bercerita. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 6(1), 44–52. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v6i1.27521
Rumaisyah. (2020). Upaya meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Indonesia dalam menyampaikan pidato persuasif melalui metode sosiodrama di kelas IX.10 SMP Negeri 11 Palembang. Jurnal Edukasi, 6(1), 55–65.
Susiati. (2020). Metode pengajaran bahasa Indonesia. Prenada Media.
Talango, S. R., Sultan, I., & Gorontalo, A. (2020). Konsep perkembangan anak usia dini. ECIE Journal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini (Early Childhood Islamic Education Journal), 1(1), 10–20.
Tama, F. W., Lubis, M. S. A., & Harahap, N. R. (2024). Peningkatan kemampuan berbicara anak melalui metode sosiodrama di RA Nurus Salam. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 617–622.
Virly, N., Aryani, E. D., & Muhid, A. (2023). Efektivitas layanan konseling kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan rasa empati anak: Literature review. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–10.
DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2436
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Address
Universitas Trilogi jakarta
Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760



.png)



