Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Mendongeng di KB-TK Talenta Jakarta

Isnawati Sanim, Agung Cahya Karyadi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih adanya anak usia 4–5 tahun yang mengalami kendala dalam kemampuan berbicara meskipun perkembangan bahasa mereka sudah signifikan. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan gawai secara pasif yang mengurangi keterlibatan verbal aktif anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui kegiatan mendongeng dengan media Kotak Cerita (Story Box), yaitu kotak berisi lembaran cerita bergambar yang dirancang menarik dan sesuai minat serta tahapan perkembangan anak. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model John Elliot dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan dalam satu siklus (delapan pertemuan) di KB-TK Talenta, Jakarta Selatan, melibatkan 18 anak (8 laki-laki dan 10 perempuan). Data dikumpulkan secara kuantitatif dan kualitatif melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata kemampuan berbicara anak dari 44% sebelum tindakan menjadi 82% setelah tindakan. Peningkatan ini memenuhi kriteria keberhasilan menurut Mills (≥71%) dan ketuntasan minimal (≥75%), sehingga tidak diperlukan siklus lanjutan. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa kegiatan mendongeng dengan media Kotak Cerita efektif meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini serta mendorong partisipasi aktif mereka.

Keywords


anak usia 4-5 tahun; kegiatan mendongeng; kemampuan berbicara; kotak cerita

References


Anggrasari, A. P., & Rahagia, R. (2020). Pengaruh penggunaan gadget terhadap perkembangan bicara dan bahasa anak usia 3-5 tahun. Indonesian Journal of Professional Nursing, 1(1), 18–24.

Azkiya, N. R., & Iswinarti. (2016). Pengaruh mendengarkan dongeng terhadap kemampuan bahasa pada anak prasekolah. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 4(2), 123–130.

Badan Pusat Statistik DKI Jakarta. (2021). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi penduduk DKI Jakarta tahun 2021. Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta. Diakses dari https://jakarta.bps.go.id

Destiana, N. T. (2023). Empat keterampilan berbahasa: Menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/natasyatsarydestiana7708/656d9b7d12d50f2fca18e156/empat-keterampilan-berbahasa-menyimak-berbicara-membaca-dan-menulia

Fauziah, S., Nasution, F., & Nurlaili, N. (2024). Perkembangan sosial emosional anak usia dini dalam berinteraksi dengan teman sebaya kelas Darussalam usia 5–6 tahun di RA Ash-Shalihah. KHIRANI: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(3), 235–247. https://doi.org/10.47861/khirani.v2i3.1303

Hakim, M. N. (2018). Penerapan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dongeng Siswa Kelas III MIS Darul Ulum Muhammadiyah Bulukumba. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 1(2), 1–16. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i2.79

Hijriyani, Y. S., & Astuti, R. (2020). Penggunaan gadget oleh anak usia dini pada era revolusi industri 4.0. IAIN Ponorogo.

Karyadi, A. C. (2023). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Storytelling Menggunakan Media Big Book. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 4(2), 11. https://doi.org/10.31000/ijoee.v4i2.6800

Khairoes, D., & Taufina, T. (2019). Penerapan Storytelling untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1038-1046.

Kholilullah, Hamdan, & Heryani. (2020). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Sosial dan Keagamaan, 10(Juni), 75–94.

Kemendikbudristek. (2022). Salinan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Standar Isi pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, 14.

Maharani, A., Yusuf, C., & Hapsari, T. P. R. N. (2021). Materi Ajar Berbicara Menggunakan Media Audio: BIPA Level 1. Repetisi: Riset Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 62–73.

Marlina, L., Fitri, I., & Ningsih, A. S. (2022). Pengaruh Kegiatan Mendongeng Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Pada Anak usia 4-5 Tahun di RA Perwanida 2 Palembang. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 356–362.

Maulia, R. (2024, Juni 9). Anak kecanduan gadget, mengapa dan bagaimana mengatasinya? Kanal Psikologi UGM. https://kanal.psikologi.ugm.ac.id/anak-kecanduan-gadget-mengapa-dan-bagaimana-mengatasinya/

Octavia, T. N. I. (2022). Analisis Permasalahan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas III Sekolah Dasar. 1–87.

Permadi, K. S., Dewi, P. Y. A., Sastrawan, K. B., & Primayana, K. H. . (2020). Pengembangan Kecerdasan Spiritual Anak Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 179-196.

Rachmawati, E. (2018). Pengaruh Program Bimbingan Orang Tua Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Tunarungu Kelas Tinggi pada Tingkat Sekolah Dasar Luar Biasa. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 6(1), 57-64.

Ridwan, R., Liswati, K. N., Syamsidar, R., Nurdiyani, N., Rohmah, O., & Yani, J. (2025). Metode dongeng: Peningkatan keterampilan berbahasa melalui storytelling Abu Nawas di TK IT Auladi Islami. Riset Konseptual: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(1), 207–215. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v9i1.1185

Sablez, L., & Pransiska, R. (2020). Analisis Pengaruh Mendongeng terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 3550–3557.

Shofwan, A. M. (2022). Manfaat Dan Tujuan Mendongeng Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Tila Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 275.

Syahrani, A., Adrias, A., & Syam, S. S. (2025). Keterampilan berbicara siswa sebagai faktor penunjang sikap percaya diri siswa kelas rendah sekolah dasar. Jurnal Nakula: Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Ilmu Sosial, 3(2), 280–290. https://doi.org/10.61132/nakula.v3i2.1698

Wahyuni, A., & Hasanah, N. (2023). Pengaruh metode bercerita pada perkembangan bahasa anak usia dini: The effect of storytelling method on early childhood language development. Jurnal TILA (Tarbiyah Islamiyah Lil Athfaal), 3(1), 336–345. https://doi.org/10.56874/tila.v3i1.1255




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760