Efektivitas Metode Sentra Bahan Alam dalam Meningkatkan Perkembangan Sensorymotor Skill pada Anak Usia Dini

Eha Wahyuni Sya'adah, Choiriyah Choiriyah, Rhoma Iskandar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji upaya meningkatkan perkembangan sensorimotor pada anak usia dini dengan metode sentra bahan alam di Sekolah Cerdas Ummat Madani, Bekasi. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan proses analisis data kualitatif melalui beberapa aktifitas yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah unsur lembaga yang meliputi kepala sekolah, tenaga pendidik/guru, dan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini kenyataannya banyak yang mengalami keterbatasan dalam perkembangan sensorimotor pada anak. Dalam konteks ini metode sentra bahan alam yang inovatif dan efektif sangat diperlukan untuk mendukung perkembangan sensorimotor pada anak usia dini.

Keywords


Anak Usia Dini; Keterampilan Sensorimotor; Metode Sentra Bahan Alam.

Full Text:

PDF Turnitin

References


Cecep, C., Thosin Waskita, D., & Sabilah, N. (2022). Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Melalui Metode Demonstrasi. Jurnal Tahsinia, 3(1), 63–70. https://doi.org/10.57171/jt.v3i1.313

Derikx, D. F. A. A., et al. (2021). The relationship between social environmental factors and motor performance in 3- to 12-year-old typically developing children: A systematic review. International Journal of Environmental Research and Public Health.

Derikx, D. F. A. A., Houwen, S., Meijers, V., Schoemaker, M. M., & Hartman, E. (2021). The relationship between social environmental factors and motor performance in 3- to 12-year-old typically developing children: A systematic review. International Journal of Environmental Research and Public Health.

Escolano-Pérez, E., et al. (2021). Implications for early childhood care and education. PMC.

He, Y., et al. (2024). Individual, family, and environmental correlates of fundamental motor skills among school-aged children. BMC Public Health.

Hidayat, L. (2021). Metode Pendidikan Anak Montessori dalam Perspektif Pendidikan Islam.

Kabisch, N., et al. (2019). Urban natural environments and motor development in children. ScienceDirect.

Mulligan, L., et al. (1998). Physical and environmental factors affecting motor development in infants. Pediatric Physical Therapy.

Musyafa, H., & Salim, A. (2024). Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia 4 – 5 Tahun Melalui Metode Bermain Sensorimotor di TK Darussalam Sugihwaras. 3, 1–15.

Pereira, S., et al. (2021). Biological and environmental influences on motor development in children. Nature.

Prins, J. (2022). Nature play in early childhood education: A systematic review. PMC.

Prins, J. (2023). The importance of play in natural environments for children's development. Taylor & Francis Online.

Rhenald Kasali. (2019) Sentra Inspiring School, Membangun Kecerdasan dan Kemampuan Anak Sejak Usia Dini Demi Masa Depan yang Cemerlang. Bekasi: Rumah Perubahan.

Talango, S. R. (2020). Konsep Perkembangan Anak Usia Dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 92–105. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35

Tamin, Wismiarti, dan dr. Retno Soendari (2014) Panduan Pendidikan Sentra untuk PAUD, Sentra Bahan Alam. Jakarta: Sekolah Al-Falah.

Venetsanou, F., & Kambas, A. (2009). Environmental factors affecting preschoolers' motor development. SpringerLink.

Waruwu, M. (2024). Pendekatan Penelitian Kualitatif: Konsep, Prosedur, Kelebihan dan Peran di Bidang Pendidikan. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 198–211. https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i2.236

Yudhistira, Siska Y. Massardi. (2019) Pendidikan Karakter dengan Metode Sentra, Revolusi Pendidikan Anak Usia Dini. Bekasi: Sekolah Batutis Al-Ilmi.

Zetta, Z. Z., & Rachim, H. A. (2021). Sosial Anak Tuna Daksa. Jurnal Pengabdian Dan Penelitian Kepada Masyarakat, 2(2).




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2448

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760