Peran Guru Pendamping dan Orang Tua dalam Meningkatkan Fokus Belajar Anak Autisme Melalui Kegiatan Motorik Kasar

Meliyana Meliyana, Choiriyah Choiriyah, Ajeng Priendarningtyas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru pendamping dan orang tua dalam meningkatkan fokus belajar anak autisme melalui kegiatan motorik kasar di Sekolah Sinar Indonesia Cibubur. Anak autisme memiliki hambatan dalam konsentrasi, interaksi sosial, dan komunikasi, sehingga memerlukan pendekatan khusus untuk mendukung proses belajarnya. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru kelas, guru pendamping, orang tua, dan satu anak dengan autisme. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru pendamping berperan sebagai fasilitator, motivator, dan demonstrator dalam mendampingi anak autisme, sedangkan orang tua berperan sebagai penguat dan kolaborator dalam mendukung latihan fokus belajar di rumah. Sinergi antara guru pendamping dan orang tua melalui kegiatan motorik kasar seperti melempar bola, berjalan di papan titian, dan melompat terbukti meningkatkan konsentrasi anak dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini menegaskan pentingnya kolaborasi intensif antara sekolah dan keluarga dalam membangun program stimulasi yang berkelanjutan untuk meningkatkan fokus belajar anak autisme.

Keywords


Anak Autisme; Fokus Belajar; Guru Pendamping; Orang Tua; Motorik Kasar

Full Text:

PDF Turnitin

References


Afifi, M. L., Ulya, Z., Kaltsum, A. L., Musfirotun, L., & Latifatunnisa, N. (2025). Strategi Meningkatkan Konsentrasi Belajar dengan Pendekatan Individual Siswa ABK dalam Pembelajaran PAI: Studi Kasus di SD Muhammadiyah Plus Salatiga : Strategies to Improve Learning Concentration Through an Individualized Approach for Students With Special Needs in Islamic Education: A Case Study at Muhammadiyah Plus Elementary School Salatiga. INSANI: Jurnal Ilmu Agama dan Pendidikan, 3(1), 73–97. https://doi.org/10.70424/insani.v3i1.99

Ansari, M. I., Barsihanor, B., & Nirmala, N. (2021). Peran Guru Pendamping Khusus Dalam Mengembangkan Emosional Anak Autisme di Kelas 1 A SDIT Al-Firdaus Banjarmasin. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 21–36. https://doi.org/10.35931/am.v6i1.418

Apriliyani, Y., Rahmadika, D., Wifda, S., & Hijriati, H. (2024). Peran Guru Dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Autis Usia Dini di SLB TNCC Banda Aceh. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 125–132. https://doi.org/10.47861/khirani.v2i2.998

Ariska, A. (2024). Dukungan Orang Tua Untuk Kemandirian Belajar Anak Autisme. Paper Knowledge. Toward a Media History of Documents, 8(4), 231–237.

Dianita Syifa, Ghina Agustin Rahayu, S. M. (2024). Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus: Autisme Dan Adhd. Jurnal Almurtaja : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 14–22.

Mahmud, B. (2023). Peran Guru Dalam Menstimulasi Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini. Vox Edukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 14(2), 311–320. https://doi.org/10.31932/ve.v14i2.2898

Nur, A., Lutfiah, R., Studi, P., Wicara, T., Bahasa, D., Terapan, S., Surakarta, P. K., Surakarta, K., Husadani, R., Studi, P., Wicara, T., Bahasa, D., Terapan, S., Surakarta, P. K., Surakarta, K., Sudrajad, K., Studi, P., Wicara, T., Bahasa, D., … Surakarta, K. (2025). Efektivitas Penggunaan Visual Support Untuk. 42(1), 16–26.

Nurhandayany, & Harsiwi, N. E. (2025). Analisis Peran Orang Tua Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Autisme di SD Muhammadiyah 1 Bangkalan. Jurnal Media Akademik (JMA), 3(6). https://doi.org/10.62281/v3i6.2347

Nurlaili, I. (2024). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Aspek Perkembangan Motorik Kasar Anak Berkebutuhan Khusus Kelas A di TK IT Ya Bunayya Sambas Tahun Pelajaran 2022/2023. Lunggi Journal, 2(2), 241–252.

Oktavia, M., & Junita Sari, M. (2024). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus dengan Anak Autis. Educational Journal of Innovation and Publication (EJIP), 3(1), 64–75.

Oktaviani, I., Fachrunnisa, W., Yulistia, L., & Wibowo, D. (2025). Kemampuan Motorik Kasar Dan Halus Anak Usia 4 Tahun di PAUD Bintang—Bintang Kota Bandung. 3, 20–31.

Rahmawati, S., & Sunardi. (2024). Optimalisasi Fokus: “Strategi Pembelajaran untuk Meningkatkan Konsentrasi pada Anak dengan Gangguan Spektrum Autisme (GSA).” Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2527–2534. https://doi.org/10.58230/27454312.599

Ramadhani, L., Sari, A. W., & Simatupang, M. (2024). Peran Orang Tua Dalam Perkembangan Motorik Kasar dan Halus Pada Anak. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(03), 431–440. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i03.3544

Rokhimah, R., & Darmawanti, I. (2013). Pengaruh Permainan Lasy Terhadap Peningkatan Konsentrasi Pada Anak Autis. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 4(1), 48. https://doi.org/10.26740/jptt.v4n1.p48-55

Seran, D. A., Wardany, O. F., & Herlina, H. (2025). Peran Orang Tua dalam Membantu Mengembangkan Keterampilan Bina Diri Anak Autis. Jurnal Basicedu, 9(1), 357–365. https://doi.org/10.31004/basicedu.v9i1.9762

Wahidah, U., & Muaini. (2025). Dampak Positif Perhatian Orang Tua dan Guru terhadap Prestasi Belajar Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(2), 705–707. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.743

Zannah, R., & Malik, L. R. (2024). Peran Permainan Fisik Motorik Kasar dalam Mendukung Iklim Pembelajaran yang Aktif dan Menyenangkan di PAUD. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 9(2), 125–134. https://doi.org/10.21462/educasia.v9i2.274




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2451

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760