Peran Guru Pendamping dan Orang Tua dalam Meningkatkan Fokus Belajar Anak Autisme Melalui Kegiatan Motorik Kasar
Abstract
Keywords
References
Afifi, M. L., Ulya, Z., Kaltsum, A. L., Musfirotun, L., & Latifatunnisa, N. (2025). Strategi Meningkatkan Konsentrasi Belajar dengan Pendekatan Individual Siswa ABK dalam Pembelajaran PAI: Studi Kasus di SD Muhammadiyah Plus Salatiga : Strategies to Improve Learning Concentration Through an Individualized Approach for Students With Special Needs in Islamic Education: A Case Study at Muhammadiyah Plus Elementary School Salatiga. INSANI: Jurnal Ilmu Agama dan Pendidikan, 3(1), 73–97. https://doi.org/10.70424/insani.v3i1.99
Ansari, M. I., Barsihanor, B., & Nirmala, N. (2021). Peran Guru Pendamping Khusus Dalam Mengembangkan Emosional Anak Autisme di Kelas 1 A SDIT Al-Firdaus Banjarmasin. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 21–36. https://doi.org/10.35931/am.v6i1.418
Apriliyani, Y., Rahmadika, D., Wifda, S., & Hijriati, H. (2024). Peran Guru Dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Autis Usia Dini di SLB TNCC Banda Aceh. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 125–132. https://doi.org/10.47861/khirani.v2i2.998
Ariska, A. (2024). Dukungan Orang Tua Untuk Kemandirian Belajar Anak Autisme. Paper Knowledge. Toward a Media History of Documents, 8(4), 231–237.
Dianita Syifa, Ghina Agustin Rahayu, S. M. (2024). Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus: Autisme Dan Adhd. Jurnal Almurtaja : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 14–22.
Mahmud, B. (2023). Peran Guru Dalam Menstimulasi Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini. Vox Edukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 14(2), 311–320. https://doi.org/10.31932/ve.v14i2.2898
Nur, A., Lutfiah, R., Studi, P., Wicara, T., Bahasa, D., Terapan, S., Surakarta, P. K., Surakarta, K., Husadani, R., Studi, P., Wicara, T., Bahasa, D., Terapan, S., Surakarta, P. K., Surakarta, K., Sudrajad, K., Studi, P., Wicara, T., Bahasa, D., … Surakarta, K. (2025). Efektivitas Penggunaan Visual Support Untuk. 42(1), 16–26.
Nurhandayany, & Harsiwi, N. E. (2025). Analisis Peran Orang Tua Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Autisme di SD Muhammadiyah 1 Bangkalan. Jurnal Media Akademik (JMA), 3(6). https://doi.org/10.62281/v3i6.2347
Nurlaili, I. (2024). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Aspek Perkembangan Motorik Kasar Anak Berkebutuhan Khusus Kelas A di TK IT Ya Bunayya Sambas Tahun Pelajaran 2022/2023. Lunggi Journal, 2(2), 241–252.
Oktavia, M., & Junita Sari, M. (2024). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus dengan Anak Autis. Educational Journal of Innovation and Publication (EJIP), 3(1), 64–75.
Oktaviani, I., Fachrunnisa, W., Yulistia, L., & Wibowo, D. (2025). Kemampuan Motorik Kasar Dan Halus Anak Usia 4 Tahun di PAUD Bintang—Bintang Kota Bandung. 3, 20–31.
Rahmawati, S., & Sunardi. (2024). Optimalisasi Fokus: “Strategi Pembelajaran untuk Meningkatkan Konsentrasi pada Anak dengan Gangguan Spektrum Autisme (GSA).” Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2527–2534. https://doi.org/10.58230/27454312.599
Ramadhani, L., Sari, A. W., & Simatupang, M. (2024). Peran Orang Tua Dalam Perkembangan Motorik Kasar dan Halus Pada Anak. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(03), 431–440. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i03.3544
Rokhimah, R., & Darmawanti, I. (2013). Pengaruh Permainan Lasy Terhadap Peningkatan Konsentrasi Pada Anak Autis. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 4(1), 48. https://doi.org/10.26740/jptt.v4n1.p48-55
Seran, D. A., Wardany, O. F., & Herlina, H. (2025). Peran Orang Tua dalam Membantu Mengembangkan Keterampilan Bina Diri Anak Autis. Jurnal Basicedu, 9(1), 357–365. https://doi.org/10.31004/basicedu.v9i1.9762
Wahidah, U., & Muaini. (2025). Dampak Positif Perhatian Orang Tua dan Guru terhadap Prestasi Belajar Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(2), 705–707. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.743
Zannah, R., & Malik, L. R. (2024). Peran Permainan Fisik Motorik Kasar dalam Mendukung Iklim Pembelajaran yang Aktif dan Menyenangkan di PAUD. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 9(2), 125–134. https://doi.org/10.21462/educasia.v9i2.274
DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2451
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Address
Universitas Trilogi jakarta
Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760



.png)



