Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Cognitive Activity di TK Al Munawwarah Tambun Utara

Marfalinda Marfalinda, Fitrah Mulyanti, Agustin Hamidah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5–6 tahun melalui penggunaan media Cognitive activity di TK Al Munawwarah, Tambun Utara. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterlibatan anak dalam proses pembelajaran yang menstimulasi kemampuan berpikir aktif, logis, dan sistematis. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 15 anak kelompok B dengan instrumen pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan kognitif anak setelah diterapkannya media Cognitive activity. Pada tahap pra-siklus, hanya 13% anak yang mencapai kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). Setelah tindakan pada siklus I, persentase anak yang berada pada kategori BSB meningkat menjadi 40%, dan pada siklus II mencapai 80%. Peningkatan ini terlihat pada beberapa indikator kognitif, yaitu kemampuan mengelompokkan, mengenal lambang bilangan, mengurutkan angka, memahami pola, dan menghubungkan angka dengan jumlah benda. Dengan demikian, penggunaan media Cognitive activity secara terstruktur dan sesuai dengan tahap perkembangan anak terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini.

Keywords


Anak Usia Dini; Cognitive Activity; Kemampuan Kognitif

Full Text:

PDF Turnitin

References


Astari, T. (2017). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis pendekatan realistik untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD kelas IV. Jurnal Pelangi, 9(2), 160–160. https://doi.org/10.22202/jp.2017.v9i2.2050

Andika Dara. (2025). Work sheet untuk melatih logika anak. Lhokseumawe. https://rri.co.id/iptek/1605399/work-sheet-untuk-melatih-logika-anak#:~:text=Format%20yang%20menyenangkan%20ini%20membuat%20anak%20merasa,bisa%20disesuaikan%20dengan%20usia%20dan%20kemampuan%20anak

Blair, C., & Raver, C. C. (2021). School readiness and self-regulation: A developmental psychobiological approach. Annual Review of Psychology, 72(1), 711–736. https://doi.org/10.1146/annurev-psych-010419-050944

Blair, C., & Raver, C. C. (2021). Closing the achievement gap through modification of neurocognitive and neuroendocrine function: Results from a cluster randomized controlled trial of an innovative approach to the education of children in kindergarten. PLoS ONE, 16(2), e0246782. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0246782

Desmita. (2010). Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung: Remaja Rosda Karya. https://annisa.uinkhas.ac.id/index.php/annisa/article/view/26/19

Diamond, A. (2020). Executive functions. Annual Review of Psychology, 64(1), 135–168. https://doi.org/10.1146/annurev-psych-113011-143750

Fisher, K. R., Hirsh-Pasek, K., Golinkoff, R. M., & Gryfe, S. G. (2021). Conceptual split? Parents’ and experts’ perceptions of play in the 21st century. Journal of Applied Developmental Psychology, 73, 101254. https://doi.org/10.1016/j.appdev.2020.101254

Hassinger-Das, B., Toub, T. S., Zosh, J. M., Michnick, J., Golinkoff, R. M., & Hirsh-Pasek, K. (2020). More than just fun: A place for purposeful play in school-based learning. Infant and Child Development, 29(1), e2164. https://doi.org/10.1002/icd.2164

Hirsh-Pasek, K., Zosh, J. M., Golinkoff, R. M., Gray, J. H., Robb, M. B., & Kaufman, J. (2020). A whole child approach to education: The importance of play in promoting social-emotional, cognitive, and academic development. Policy Insights from the Behavioral and Brain Sciences, 7(1), 11–18. https://doi.org/10.1177/2372732219893382

Istiqomah, N., & Maemonah. (2021). Konsep dasar teori perkembangan kognitif pada anak usia dini menurut Jean Piaget. Khazanah Pendidikan: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 15(2), 151–158. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.10974

Kamaruddin, I., et al. (2023). The influence of parenting patterns on learning motivation of high school students. Attractive: Innovative Education Journal, 5(2), 171–179. https://doi.org/10.51278/AJ.V5I2.678

Kurniawati, D., & Ramdhani, S. (2022). Pengaruh penggunaan worksheet terhadap perkembangan kognitif anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3456–3465. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1654

Magdalena, I., Prabandani, R. O., & Rini, E. S. (2020). Analisis pengembangan bahan ajar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2), 170–187. https://ejournal.stitpn.ac.ad/index.php/nusantara

McClelland, M. M., & Cameron, C. E. (2019). Developing together: The role of executive function and motor skills in children's early academic lives. Early Childhood Research Quarterly, 46, 142–151. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2018.03.014

Misrawati, M., & Suryana, D. (2021). Bahan ajar matematika berbasis model pembelajaran tematik terhadap kemampuan berhitung anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 298–306. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1249

Neumann, M. M., & Kaefer, T. (2022). Digital technology use by young children: Potential benefits and risks. Early Childhood Research Quarterly, 60, 236–248. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2022.02.005

Neumann, M. M. (2022). Using technology to support early childhood literacy. Early Childhood Education Journal, 50(3), 495–504. https://doi.org/10.1007/s10643-021-01218-4

Prodyanatasari, A. (2024). Improvement of literacy and numeracy abilities with calistung learning using card media. PUSAKA: Journal of Educational Review, 1, 1–15. https://ejerp.idsre.org/index.php/pjer/article/view/14

Putri, N., & Aulia, M. (2021). Lembar kerja anak berbasis permainan untuk meningkatkan fungsi eksekutif. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 112–120. https://doi.org/10.29313/ga.v5i2.6872

Ramdhani, F. G., & Dea, L. F. (2021). Cognitive development (symbolic thinking) of early childhood through the innovation of bowling media. Journal of Childhood Development, 1(2), 102–115. https://doi.org/10.25217/JCD.V1I2.1837

Rahmawati, A. M., & Rachmah, H. (2022). Penggunaan lembar kerja siswa dalam proses pembelajaran di TK X Cihampelas. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 51–57. https://doi.org/10.29313/jrpgp.vi.899

Sanjaya, M. D., & Inawati. (2019). Pengembangan bahan ajar mata kuliah pengembangan keterampilan berbicara. Jurnal Bindo Sastra, 3(2), 104–118. https://doi.org/10.30983/educative.v3i1.549

Sari, R., Wahyuni, D., & Rahayu, L. (2023). Desain worksheet interaktif untuk stimulasi perkembangan kognitif anak. Early Childhood Education Journal, 12(1), 77–85. https://doi.org/10.21009/ecej.v12i1.2598

ŞİMŞEK, Z. C. (2023). Worksheets dilemma in early childhood education: Why and how much do we use? International Journal of Educational Research Review, 8(3), 459–474. https://doi.org/10.24331/ijere.1233127

Susanti, A., & Hartati, S. (2024). Efektivitas lembar kerja dalam pembelajaran aktif anak usia dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 18(1), 1–12. https://doi.org/10.21009/jpud.v18i1.3340

Thomas, J., Salsbury, T., & Salinas, A. (2021). Project-based learning in early childhood education: Promoting cognitive and social skills. Early Child Development and Care, 191(4), 537–549. https://doi.org/10.1080/03004430.2019.1617283

Wasik, B. A., Hindman, A. H., & Snell, E. K. (2019). Book reading and vocabulary development: A systematic review. Early Childhood Research Quarterly, 47, 342–358. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2018.07.002

Whitebread, D., Kuvalja, M., & O’Connor, A. (2019). Quality in early childhood education: An international review and guide for policy makers. Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/9781108564575

Willoughby, M. T., Wylie, A. C., & Little, M. H. (2021). Testing longitudinal associations between executive function and academic achievement. Developmental Psychology, 57(7), 1054–1067. https://doi.org/10.1037/dev0001172

Yuliani, S. (2020). Worksheet sebagai media pembelajaran kognitif di PAUD. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 105–114. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2020.62-06

Zosh, J. M., Hopkins, E. J., Jensen, H., Liu, C., Neale, D., Hirsh-Pasek, K., Solis, S. L., & Whitebread, D. (2020). Learning through play: A review of the evidence. LEGO Foundation. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.13721.88166




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760