Melibatkan Orangtua Dalam Setiap Kegiatan Pendidikan Anak Usia Dini, Apa Saja Strateginya?

Rendy Setyowahyudi, Ni Putu Vivin Indrawati, Made Vina Arie Paramita

Abstract


Kesuksesan pendidikan anak usia dini membutuhkan kiprah aktif berasal seluruh pihak. salah satu pihak yang krusial untuk terlibat ialah orangtua anak. Orangtua memegang peranan krusial pada keterlibatannya untuk mendukung tumbuh kembang anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi perlibatan orangtua pada pendidikan anak usia dini yang diselenggarakan pada Taman Kanak-kanak Negeri Kampung Baru Singaraja. Studi Kasus adalah jenis penelitian yang digunakan. Subjek penelitian yang dipilih ialah lima orang pengajar serta 1 kepala sekolah yang sudah menerapkan strategi untuk melibatkan orangtua di pendidikan anak usia dini pada lembaganya. Data dikumpulkan menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi. Uji keabsahan data memakai triangulasi teknik. sementara itu analisis data dilaksanakan memakai model Miles & Huberman yang terdiri mempunyai 4 tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan  penarikan kesimpulan. hasil yang didapatkan ialah strategi perlibatan orangtua pada pendidikan anak usia dini dibagi menjadi tiga yaitu perlibatan saat disekolah, perlibatan saat dirumah serta perlibatan pada pengambilan keputusan. bisa disimpulkan bawah sekolah sudah melibatkan orangtua pada setiap aktivitas pendidikan anak usia dini yang dilaksanakan baik disekolah, dirumah juga pada pengambilan keputusan terkait acara sekolah di anak.


Keywords


Parents; Early Childhood Education; Strategy

Full Text:

PDF Turnitin

References


Adriana, N. G., & Zirmansyah, Z. (2021). Pengaruh Pengetahuan Parenting Terhadap Keterlibatan Orangtua Di Lembaga Paud. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(1), 40. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v1i1.565

Agung Hidayatulloh, M., & Laily Fauziyah, N. (2020). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Satuan PAUD Islam. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(4), 149–158. https://doi.org/10.14421/jga.2020.54-02

Anggraeni, R. N., Fakhriyah, F., & Ahsin, M. N. (2021). Peran orang tua sebagai fasilitator anak dalam proses pembelajaran online di rumah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 105. https://doi.org/10.30659/pendas.8.2.105-117

Anggun, S., & Kholifatul, A. (2021). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Kegiatan Muhadhoroh Sandhika. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 246–252.

Anjani, R., & Mashudi, E. A. (2024). Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Orang Tua Dan Guru. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 110–127. https://doi.org/10.53977/kumarottama.v3i2.1246

Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951

Aulia, H., Diana, D., & Suryaningsih, J. (2024). Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(6), 1906–1911. https://doi.org/10.59837/jpmba.v2i6.1141

Azizah, S. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pembelajaran TPA. Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 79–92.

Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114.

Hardian, A., Sitepu, E., Mulyapradana, A., Sitopu, J. W., Wardono, B. H., Bina, U., Informatika, S., Agung, U. D., & Simalungun, U. (2025). Indonesian Research Journal on Education. 5, 1079–1085.

Jambi, U., Info, A., & History, A. (2025). 8015-Article Text-50018-1-10-20250510. 8, 5458–5461.

Komar, & Aslan. (2025). Menggali Potensi Optimal Anak Usia Dini: Tinjauan Literatur. Jurnal Ilmiah Edukatif, 11, 68–78.

M. Arifin Sitorus. (2024). Pendekatan Peran Orang Tua Di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Demagogi: Journal of Social Sciences, Economics and Education, 2(1), 12–21. https://doi.org/10.61166/demagogi.v2i1.10

Mulia, P. S., & Kurniati, E. (2023). Partisipasi Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Wilayah Pedesaan Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3663–3674. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4628

Mulyanti, F. (2024). Strategi Efektif untuk Meningkatkan Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak. Santa Maria Fatima, 3, 1–5. https://samarfa.sch.id/keterlibatan-orang-tua-dalam-pendidikan-anak/

Nasir, M., Mahmudinata, A. A., Hafidulloh, Ulya, M., & Firdaus, F. A. (2023). Strategi pemberdayaan sekolah sebagai upaya peningkatan manajemen pendidikan. Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(2), 799–816. https://doi.org/10.62504/mbznza39

Rachma, S. A., Yunika, F. D., Larasati, L., Damayanti, A. N., & Ganiadi, M. (2025). Pengaruh partisipasi orang tua dalam pendidikan anak usia dini terhadap pencapaian akademik anak. Seuneubok Lada, 12(1), 211–222.

Sari, D. R., & Rasyidah, A. Z. (2020). Peran Orang Tua Pada Kemandirian Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 3(1), 45–57. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v3i1.441

Simamora, R., Hayati, R., Abni, A., Asmendri, A., & Sari, M. (2023). Pengembangan model kemitraan sekolah dan orangtua pada sekolah menegah atas. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 8(1), 10. https://doi.org/10.23916/083345011

Spradley, P., & Huberman, M. (2024). Kajian Teoritis tentang Teknik Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif. Journal of Management, Accounting and Administration, 1(2), 77–84.

Sufa, F. F., & Setiawan, M. H. Y. (2018). Optimalisasi Perang Orangtua dalam Mengembangkan Potensi PAUD. Adi Widya Jurnal Pengabdian Masyarakat, II(2), 178–184.

Tresna Dewi, A. R. (2018). Pengaruh Keterlibatan Orangtua Terhadap Perilaku Sosial Emosinal Anak. Jurnal Golden Age, 2(02), 66. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i02.1024

Veronika Made Aprilia Kartika Dewi, I Wayan Sumandya, & Ni Made Ari Septiani. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas Xi. Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Matematika, 4(2), 13–21. https://doi.org/10.36733/pemantik.v4i2.9412

Wahyuni, I., & Dirdjo, M. (2020). Hubungan Kelebihan Waktu Kerja dengan Kelelahan Kerja dan Kinerjapada Perawat di Ruang Perawatan Intensif RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda. Borneo Student Research, 1(3), 1715–1724. https://journals.umkt.ac.id/index.php/bsr/article/view/991

Wardhani, T. Z. Y., & K. H. (2020). Wardhani. Jurnal, 7(1), 48–59.

Yudistira Kasra, A. N. (2020). View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk. 274–282.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760