Penerapan Media Kolase Batu Warna Dalam Pembelajaran Matematika Awal Pada Anak Usia 4-5 Tahun
Abstract
Keywords
References
Andayani, S. (2021). Karakteristik perkembangan anak usia dini. Jurnal An-Nur: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 7(02), 199–212.
Arisanti, F., Habiby, J. S., & Muttaqin, M. (2024). Penggunaan teknologi augmented dengan pendekatan studi eksploratif reality dalam pembelajaran anak usia dini. Journal of Early Childhood Education Studies, 4(1), 73–104.
Atikah, C. (2023). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. Khazanah Pendidikan, 17(1), 75–81.
Babchuk, W. A. (2016). Review of Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation (2016) by SB Merriam & EJ Tisdell.
Bell, W. K. Y., & Dirgantoro, K. P. S. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning Menurut Kurikulum Prototipe untuk Pembelajaran Matematika yang Bermakna. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 7(2), 341–354.
Berk, R. A. (2021). Artificial intelligence, predictive policing, and risk assessment for law enforcement. Annual Review of Criminology, 4(1), 209–237.
Creswell, J. W. (2012). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed.
Creswell, J. W., & Garrett, A. L. (2008). The “movement” of mixed methods research and the role of educators. South African Journal of Education, 28(3), 321–333.
Creswell, J. W., Hanson, W. E., Clark Plano, V. L., & Morales, A. (2007). Qualitative Research Designs. The Counseling Psychologist, 35(2), 236–264. https://doi.org/10.1177/0011000006287390
Derman-Sparks, L., Edwards, J. O., & Goins, C. M. (2024). National Association for the Education of Young Children. (2010). Anti-Bias Education for Young Children and Ourselves.
Destrinelli, D., Hayati, D. K., & Sawinty, E. (2018). Pengembangan media konkret pada pembelajaran tema lingkungan kelas III sekolah dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 313–333.
Ekoto, C., Zubkov, P., & Asok, G. (2022). Qualitative data collection. The SAGE Handbook of Qualitative Research in the Asian Context, 345–363.
Fitriyani, L. F., Palenewen, E., & Satriana, M. (2025). Pengaruh Bermain Geometri Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Aulad: Journal on Early Childhood, 8(1), 464–472.
Flick, U. (2018). Triangulation in data collection. The SAGE handbook of qualitative data collection.
Gumilar, G., Rosid, D. P. S., Sumardjoko, B., & Ghufron, A. (2023). Urgensi penggantian kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 148–155.
Hamel, A. A., Gunawan, E., Hasanah, I., Shafira, N., Pertiwi, S. D., Rahima, Q. F., & Widjayatri, R. R. D. (2023). Analisis Bibliometrik Dalam Permainan Untuk Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun. Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 85–96.
Hasan, M., Ridha, Z., Ambarsari, I. F., Anggeraini, D., Hasanah, N., Hermawan, S., Pandiangan, E. L., Harahap, T. K., Syahfitri, D., & Fauziah, M. (2023). Pendidikan dan psikologi perkembangan: implementasi prinsip-prinsip psikologi dalam pembelajaran. Penerbit Tahta Media.
Hasbi, H., & Sallu, S. (2024). Pengembangan Keterampilan Sosial-Emosional pada Anak Usia Dini melalui Aktivitas Bermain. Sulawesi Tenggara Educational Journal, 4(3), 288–302.
Jinan, G. Y., Muftie, Z., & Kurnia, A. (n.d.). Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Terhadap Perkembangan Memori Kognitif Anak Usia Dini. JURNAL PAUD AGAPEDIA, 9(1), 1–10.
Khasanah, Y. N., & Ichsan, I. (2019). Meningkatan Kreativitas Melalui Kegiatan Kolase pada Anak. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(1), 69–84.
Khoiruddin, M. A. (2018). Perkembangan Anak Ditinjau dari Kemampuan Sosial Emosional. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(2), 425–438.
Kusumaningrum, R. S., & Nuriadin, I. (2022). Pengaruh pendekatan matematika realistik berbantu media konkret terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Jurnal Basicedu, 6(4), 6613–6619.
Lestari, F., Maylita, F., Hidayah, N., & Junitawati, P. D. (2020). Memahami karakteristik anak. Bayfa Cendekia Indonesia.
Lincoln, B. (2018). Apples and Oranges: Explorations in, on, and with Comparison. In Apples and Oranges. University of Chicago Press.
Maemunah, A., Auliyah, D. D., Febriani, H., Nufus, P. D. H., & Widjayatri, R. D. (2022). Penggunaan Papan Semat Sebagai Media Pengenalan Konsep Matematika Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 8–15.
Mansur, A. R., & Andalas, U. (2019). Tumbuh kembang anak usia prasekolah. Andalas University Pres, 1(1).
Mulyani, M. P. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Bimbingan Konseling Anak Usia Dini, 46.
Ndari, S. S., Vinayastri, A., & Masykuroh, K. (2019). Metode Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Dini. Edu Publisher.
Nopriansyah, U., & Ismanuar, D. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Kelas VI Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 11(1), 1–15.
Palintan, A. T. A. (2018). Penggunaan media kolase dalam meningkatkan kreativitas anak. Al-Athfal: Jurnal Pembelajaran Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).
Patton, M. Q. (2022). Impact-driven qualitative research and evaluation. The SAGE Handbook of Qualitative Research Design, 2, 1165–1180.
Primayana, K. H. (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Berbantuan Media Kolase Pada Anak Usia Dini. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 4(1), 91–100.
Rahmawati, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Abad 21 Terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik Sekolah Dasar. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(2), 404–418.
Rini, R. Y. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kosa Kata Pada Anak Melalui Pendekatan Model Experiental Learning. Jurnal Anak Bangsa, 1(2), 198–208.
Rini, R. Y., Mutaqin, M. F. T., & Fajari, L. E. W. (2023). Implementation of Learning with the Science Technology Engineering Art and Mathematics (STEAM) Approach in Bringing Up the Higher Order Thinking Skills (HOTS) Profile in Early Childhood. Proceedings of the 6th International Conference on Learning Innovation and Quality Education (ICLIQE 2022), 767, 80.
Salsabila, N., & Novitawati, N. (2021). Mengembangkan kemampuan anak dalam aktivitas eksploratif melalui model picture and picture, metode eksperimen dengan media loose parts. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 1(2), 42–51.
Sari, N., Suryani, D., Fajari, L. E. W., & Rini, R. Y. (2023). Komunikasi Dengan Pendekatan HOTs Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Pada Abad 21. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(2).
Srianis, K., Suarni, N. K., Ujianti, P. R., & Psi, S. (2014). Penerapan metode bermain puzzle geometri untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak dalam mengenal bentuk. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1), 5.
Suyadi, S. (2016). Perencanaan dan Asesmen Perkembangan Pada Anak Usia Dini: Studi kasus pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD/TK/RA) di Daerah Istimewa Yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(1), 65–74.
Tisdell, E. J., Merriam, S. B., & Stuckey-Peyrot, H. L. (2025). Qualitative research: A guide to design and implementation. John Wiley & Sons.
Widyastuti, I., Syam, A. T., & Yahya, A. (2024). A Content Analysis of English Textbook Entitled “When English Rings A Bell.” English Language Teaching Methodology, 4(3), 442–460.
Yin, R. K. (2015). Qualitative research from start to finish. Guilford publications.
Zega, B. K., & Suprihati, W. (2021). Pengaruh Perkembangan Kognitif Pada Anak. Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen), 3(1), 17–24.
DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2460
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Address
Universitas Trilogi jakarta
Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760



.png)



