Penerapan Metode Eksperimen Sederhana Untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Anak Usia Dini Pada Kelompok A

Euis Widiastuti, Lily Yuntina, Nuligar Hatiningsih

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya rasa ingin tahu  anak kelompok A di TK Sahabat Bekasi. Beberapa penyebabnya antara lain: teacher center, kurangnya stimulus dan kepercayaan diri rendah. Penelitian ini untuk mengetahui peningkatan rasa ingn tahu anak melalui penerapan metode eksperimen sederhana. Subjek penelitian terdiri dari 4 laki-laki dan 6 perempuan. Pendekatan yang digunakan adalah study kasus kualitatif. Analisis data dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen berdampak positif untuk meningkatkan rasa ingin tahu anak dengan capaian perkembangan 8 anak Berkembang Sangat Baik dan 2 anak Berkembang Sesuai Harapan. Anak menjadi lebih aktif bertanya, fokus dalam pembelajaran, eksploratif, serta aktif berdiskusi dengan teman. Dengan demikian, penerapan metode eksperimen sederhana dapat dijadikan metode pembelajaran yang menyenangkan dan membangun kemampuan kognitif, motorik dan bahasa anak usia dini.


Keywords


Anak Usia Dini; Metode Eksperimen; Rasa Ingin Tahu.

Full Text:

PDF Turnitin

References


Afgani, I., Nurfajriani, M., & Sirodj, M. (2021). Penerapan metode study kasus dalam penelitian kualitatif. Jurnal Penelitian, 10(9), 167–186. https://doi.org/10.5281/zenodo.11180129

Alvan Hazhari, A., Marini Magdalena, M., & Warsih, W. (2021). Analisis penggunaan metode eksperimen terhadap kemampuan mengenal warna pada anak usia dini. JoEE: Journal of Earlychildhood Education, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.54438/joee.v2i1.242

Anwar Thalib, M. (2022). Pelatihan analisis data model Miles dan Huberman untuk riset akuntansi budaya. Madani: Jurnal Pengabdian Ilmiah, 5(1), 23–33. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/md/

Astuti, N. P., & Watini, S. (2022). Meningkatkan minat belajar menggunakan model bermain asyik pada anak usia dini. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 2141–2150. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.2141-2150.2022

Basri, H. (2019). Optimalisasi peran guru pendidikan anak usia dini yang proporsional. Ya Bunayya, 1(1), 29. https://ejournal.iain-bone.ac.id/index.php/educhild/

Citra Ningrum, C. H., Fajriyah, K., & Budiman, M. A. (2019). Pembentukan karakter rasa ingin tahu melalui kegiatan literasi. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(2), 69–78. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i2.19436

Dewi, R. P., & Hidayah, S. N. (2019). Metode study kasus (Skripsi, Universitas …).

Failasufa, A., Nilawati Astini, B., & Rachmayani, I. (2024). Pengaruh media pembelajaran mind map terhadap kemampuan berpikir kritis anak usia dini. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education, 5(4), 165–173.

Fitasari, N., & Mustikasari, R. (2023). Pengembangan kognitif dengan eksperimen sederhana permen pelangi pada anak usia dini. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 52–63. https://doi.org/10.53977/kumarottama.v3i1.835

Ismail, M. H., Halimah, L., Hopiani, A., & AM, M. A. (2023). Penguatan kompetensi guru PAUD di Kabupaten Pangandaran dalam implementasi Merdeka Bermain melalui media loose parts. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bina Darma, 3(3), 223–232. https://doi.org/10.33557/pengabdian.v3i3.2658

Jayanti, R., Sholikah, A., Yahya, Y. F., Hanum, N. K., & Hamidah, A. N. (2023). Implementasi teori belajar bahasa humanistik melalui diskusi kelompok pada anak PAUD. Journal of Education Research, 4(4), 2511–2516. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.626

Khaeriyah, E., Saripudin, A., & Kartiyawati, R. (2018). Penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran sains untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 104–106. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady/

Khotimah, S. H., Sunaryati, T., & Suhartini, S. (2020). Penerapan media gambar sebagai upaya dalam peningkatan konsentrasi belajar anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 676–684. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.683

Kurniati, I., Priyanti, N. Y., & Yuntina, L. (2024). Peran guru dalam meningkatkan karakter kedisiplinan anak usia dini di KB Baiturrohiem dengan metode kualitatif deskriptif. Jurnal Global Ilmiah, 1(12), 813–826. https://jgi.internationaljournallabs.com/index.php/ji/article/view/126/152

Kurniawan, A. R., Chan, F., Abdurrohim, M., Wanimbo, O., Putri, N. H., Intan, F. M., & Samosir, W. L. S. (2019). Problematika guru dalam melaksanakan program literasi di kelas IV sekolah dasar. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 31–37. https://doi.org/10.26740/eds.v3n2.p31-37

Mahda Rena, M. (2022). Hak pendidikan anak usia dini pada Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 dalam perspektif Islam. Jurnal Alasma: Media Informasi dan Komunikasi Ilmiah, 4(1), 45–52. https://jurnalstitmaa.org/alasma/article/view/84

Manurung, M. P., & Simatupang, D. (2019). Meningkatkan konsentrasi anak usia 5–6 tahun melalui penggunaan metode bercerita di TK ST Theresia Binjai. Jurnal Usia Dini, 5(1), 67–74.

Nurfuady, E., Hendriana, H., & Wulansuci, G. (2019). Penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan kreativitas pada anak usia dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(3), 65–73. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i3.p65-73

Pratiwi, S., & Nur Asi’ah, Y. (2022). Meningkatkan konsentrasi belajar anak usia dini melalui kegiatan menjahit. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini (Anaking), 1(1), 114–122. https://doi.org/10.37968/anaking.v1i1.194

Qomarudin, Sa’diyah. (2024). Kajian teoritis tentang teknik analisis data dalam penelitian kualitatif. Journal of Management, Accounting and Administration, 1(2), 77–84. https://doi.org/10.52620/jomaa.v1i2.93

Rahman, H. (2019). The role of the teacher in developing creativity in early education. Jurnal Qurroti, 1(2), 114–123. https://jurnal.stpi-bim.ac.id/index.php/qurroti/

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750

Susanto, P. C., Yuntina, L., Saribanon, E., Soehaditama, J. P., & Liana, E. (2024). Qualitative method concepts: Literature review, focus group discussion, ethnography and grounded theory. Siber Journal of Advanced Multidisciplinary, 2(2), 262–275.

Veronika Made Aprilia Kartika Dewi, I. W. S., & Ni Made Ari Septiani. (2024). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas XI. Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika, 4(2), 13–21. https://doi.org/10.36733/pemantik.v4i2.9412

Winarsih, E. D., & Wahyuningsih, R. (2024). Penerapan metode pembelajaran eksperimen untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan tanggung jawab anak. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 1–8. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.363

Yohana Sue, D. P., & I. K. (2021). Analisis penggunaan metode eksperimen terhadap kemampuan anak usia dini dalam melakukan analisa sebab–akibat. Jurnal WP, 1(1), 272–282. http://journal.upgris.ac.id/index.php/wp https://doi.org/10.26877/wp.v




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760