Ragam Permainan Tradisional Batak Angkola Dalam Menstimulus Aspek Perkembangan Anak Usia Dini

Isa Hidayati, Dwi Septi Anjas Wulan, Sariana Marbun, Resti Citra Dewi, Rizki Ramadhani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasil referensi terkait permainan tradisional Masyarakat Batak Angkola yang dapat dimainkan oleh anak usia dini serta hubungannya dengan aspek perkembangan anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data melalui kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data interaktif Miles dan Huberman dengan tahapan yaitu melakukan pengumpulan data, mereduksi data, menyajikan dan menyimpulkan data. Berdasarkan analisis data didapatkan hasil bahwa permainan tradisional Masyarakat Batak Angkola yang dapat dimainkan oleh anak usia dini dikategorikan menjadi permainan yang menggunakan alat dan permainan tanpa alat, jenis permainannya meliputi markalas-kalas, markwaci, martaru koje, marole ole, mardahan-dahan, jambatan Tapanuli, marsiayak jongkok dan marsimonjap. Permainan tradisional Masyarakat Batak Angkola ini dapat menstimulus aspek kognitif, bahasa, sosial emosional, nilai agama dan moral serta fisik anak.


Keywords


Aspek Perkembangan; Batak Angkola; permainan tardisional

Full Text:

PDF

References


Aisyah, A. (2020). Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Balok. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(02), 36–40. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol2.no02.a3018

Amalia, E. R., Rahmawati, A., & Farida, S. (2019). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dengan Metode bercerita. Ikhac, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.31219/osf.io/kr5fw

Apriani, E., Mahmudi, A., Putri, D. A., Safitri, F. A., & Suzanti, L. (2024). Penguatan Nilai-Nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. JECER (Journal Of Early Childhood Education And Research, 5(2), 60–66. https://doi.org/10.19184/jecer.v5i2.49595

Dewi, N. K., & Surani, S. (2018). Stimulasi Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Seni Rupa. Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 190–195. https://doi.org/10.21831/jpa.v7i2.26333

Hadyansah, D., Septiana, R. A., & Budiman, A. (2021). Permainan Tradisional Sebagai Nilai-Nilai Kearifan Lokal. Aksara Raga, 3, 42.

Husnah, U., & Hasanah, H. (2019). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di TK Dharma Wanita Pakusari Kabupaten Jember. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 3(1), 27–34.

Khadijah, K., & Wahyuni, S. (2024). Pengembangan Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(5), 1151–1166. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i5.6073

Khalisha, F. N., & Gustiana, A. D. (2024). Pengaruh Layanan Bermain Bersama Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Di Rumah Anak SIGAP Kecamatan Koroncong. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(1), 127–139. https://doi.org/10.26877/paudia.v13i1.17220

Khasanah, I., Prasetyo, A., & Rakhmawati, E. (2011). Jurnal Penelitian PAUDIA, Volume 1 No. 1 2011. 1(1), 59–74.

Marwany, M. (2022). Aspek Perkembangan Anak Usia Dini dalam Permainan Tradisional Nogarata Suku Kaili Palu. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7283–7292. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3439

Nurfadilah, I. S. (2024). Perkembangan Motorik Kasar Anak PAUD Melalui Permainan Tradisional Engklek. Moluccas Health Journal, 6(3), 12–16. https://doi.org/10.54639/mhj.v6i3.1419

Sihaloho, M., Suwu, E. A. A., & Mumu, R. (2020). Kajian game online terhadap anak di bawah umur di Kelurahan Bahu Kecamatan Malalayang Kota Manado (Studi kasus pada anak di bawah umur 12 tahun). Jurnal Holistik, 13(1), 1–12.

Aisyah, A. (2020). Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Balok. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(02), 36–40. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol2.no02.a3018

Amalia, E. R., Rahmawati, A., & Farida, S. (2019). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dengan Metode bercerita. Ikhac, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.31219/osf.io/kr5fw

Apriani, E., Mahmudi, A., Putri, D. A., Safitri, F. A., & Suzanti, L. (2024). Penguatan Nilai-Nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. JECER (Journal Of Early Childhood Education And Research, 5(2), 60–66. https://doi.org/10.19184/jecer.v5i2.49595

Dewi, N. K., & Surani, S. (2018). Stimulasi Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Seni Rupa. Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 190–195. https://doi.org/10.21831/jpa.v7i2.26333

Hadyansah, D., Septiana, R. A., & Budiman, A. (2021). Permainan Tradisional Sebagai Nilai-Nilai Kearifan Lokal. Aksara Raga, 3, 42.

Husnah, U., & Hasanah, H. (2019). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di TK Dharma Wanita Pakusari Kabupaten Jember. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 3(1), 27–34.

Khadijah, K., & Wahyuni, S. (2024). Pengembangan Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(5), 1151–1166. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i5.6073

Khalisha, F. N., & Gustiana, A. D. (2024). Pengaruh Layanan Bermain Bersama Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Di Rumah Anak SIGAP Kecamatan Koroncong. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(1), 127–139. https://doi.org/10.26877/paudia.v13i1.17220

Khasanah, I., Prasetyo, A., & Rakhmawati, E. (2011). Jurnal Penelitian PAUDIA, Volume 1 No. 1 2011. 1(1), 59–74.

Marwany, M. (2022). Aspek Perkembangan Anak Usia Dini dalam Permainan Tradisional Nogarata Suku Kaili Palu. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7283–7292. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3439

Nurfadilah, I. S. (2024). Perkembangan Motorik Kasar Anak PAUD Melalui Permainan Tradisional Engklek. Moluccas Health Journal, 6(3), 12–16. https://doi.org/10.54639/mhj.v6i3.1419

Sihaloho, M., Suwu, E. A. A., & Mumu, R. (2020). Kajian game online terhadap anak di bawah umur di Kelurahan Bahu Kecamatan Malalayang Kota Manado (Studi kasus pada anak di bawah umur 12 tahun). Jurnal Holistik, 13(1), 1–12.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2470

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760