Pengaruh Media Spinning Wheel Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan di Taman Kanak-Kanak Mega Suri Lolo Kabupaten Solok

Disa Okta Marini, Yul Syofriend, Indra Yeni, Tisna Syafnita

Abstract


Penelitian ini berawal dari rendahnya kemampuan membaca permulaan anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Mega Suri Lolo Kabupaten Solok. Banyak anak belum mampu mengenal huruf vokal dan konsonan serta kesulitan membaca kata sederhana seperti nama sendiri. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh media Spinning Wheel terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia dini. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pre-eksperimental one group pre-test post-test. Subjek penelitian adalah anak kelompok B1, dengan pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan tes berbentuk lembar pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Spinning Wheel memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan membaca permulaan anak. Media ini mampu menarik perhatian dan meningkatkan motivasi belajar karena bersifat interaktif dan menyenangkan. Anak menjadi lebih mudah mengenali huruf, menyebutkan suku kata, serta membaca kata sederhana. Proses pembelajaran menjadi lebih aktif dan bermakna karena anak berpartisipasi langsung dalam kegiatan mengenal huruf dan kata melalui permainan. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media Spinning Wheel efektif digunakan sebagai alat bantu pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia dini serta dapat dijadikan inovasi pembelajaran di taman kanak-kanak

Keywords


Early Childhood; Early Reading; Spinning Wheel

Full Text:

PDF Turnitin

References


Ardini, P., Biahimo, A., Husain, R., & Syahputra, H. (2020). The influence of visual media and learning style on early reading ability of kindergarten children in Gorontalo. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(10), 331–336. https://www.ijstr.org/final-print/oct2020/The-Influence-Of-Visual-Media-And-Learning-Style-On-Early-Reading-Ability-Of-Children-Of-Kindergarten-In-Gorontalo.pdf

Gusdiana, P., Egok, A. S., & Firduansyah, D. (2021). Pengembangan media kotak permainan Spinning Wheel pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri 69 Lubuk Linggau. Lembaga Jurnal Edukasi dan Sains Edutainment (LJESE).

Mardhotillah, H., & Rakimahwati, R. (2021). Pengembangan game interaktif berbasis Android untuk meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 779–792. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1361

Montessori, M. (2008). The absorbent mind (Edisi Bahasa Indonesia). Pustaka Pelajar.

Muammar. (2020). Membaca permulaan di sekolah dasar (Hilmiati, Ed.). Sanabil Creative.

Mueller, C. H., & Schickedanz, J. A. (1992). Early literacy: Building the reading and writing skills of young children. Newark, DE: International Reading Association.

Permendikbud. (2014). Standar Nasional Penilaian PAUD Nomor 137 Tahun 2014. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Puteri, L. A. S., & Mintohari, M. (2022). Pengembangan Spinning Wheel sebagai media pembelajaran siswa materi perubahan lingkungan kelas V sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(7), 1–10.

Rahma, P. A., Boediman, L. M., & Boediman, L. M. (2023). Telepractice reading intervention using Orton-Gillingham approach for child with dyslexia. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 12(2), 264–275. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v12i2.10830

Rizqi Darmawan. (2020). Pengaruh media Spinning Wheel game terhadap pengetahuan tentang kesehatan gigi siswa/i Madrasah Ibtidaiyyah Negeri 1 Kota Bengkulu (Skripsi tidak dipublikasikan). Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Bengkulu.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.

Suryana, D. (2021). Pendidikan anak usia dini: Teori dan praktik pembelajaran. Prenada Media.

Winarti, W., & Suryana, D. (2020). Pengaruh permainan Puppet Fun terhadap kemampuan membaca anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 873–884. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.462

Yamin, S. (2013). Panduan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Jakarta: Gaung Persada Press Group.

Yulianty, P., & Veviana, E. (2022). Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media kartu gambar pada kelompok B TK Holy Faithful Depok. JAS: Jurnal Anak Bangsa, 1(1), 88–96. https://doi.org/10.46306/jas.v1i1.12

Yulsyofriend. (2013). Permainan membaca dan menulis anak usia dini. Padang: Suka Bina Press.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2483

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760