Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 5–6 Tahun di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Adzkia III Padang

Rita Oktapiana, Setiyo Utoyo, Rakimahwati Rakimahwati, Asdi Wirman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas aplikasi Wordwall dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak usia 5–6 tahun di TK Islam Terpadu Adzkia III Padang. Menggunakan desain kuasi-eksperimen, penelitian membandingkan dua kelompok, yakni eksperimen yang menggunakan Wordwall dan kontrol yang menggunakan kartu huruf konvensional. Subjek terdiri dari 30 anak, masing-masing 15 anak per kelompok, dipilih secara purposive untuk memastikan kesetaraan kemampuan awal. Data dikumpulkan melalui tes pengenalan huruf dan lembar observasi aktivitas belajar. Tes digunakan untuk menilai kemampuan mengenali bentuk huruf, menyebutkan nama huruf, dan mencocokkan huruf dengan gambar, sedangkan observasi menilai fokus, partisipasi, dan interaksi sosial anak. Proses pembelajaran dirancang interaktif dan menyenangkan, memungkinkan anak belajar sambil bermain melalui berbagai aktivitas yang mendukung perkembangan kognitif dan sosial-emosional. Hasil menunjukkan bahwa Wordwall secara signifikan meningkatkan kemampuan mengenal huruf dibanding media konvensional. Selain aspek kognitif, penggunaan Wordwall juga memotivasi anak, meningkatkan keterlibatan mereka, serta memperkuat interaksi sosial dengan teman sebaya. Temuan ini menegaskan bahwa media digital interaktif seperti Wordwall dapat menjadi alternatif efektif dalam pendidikan anak usia dini, mendukung literasi awal, dan menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan serta holistik.

Keywords


Usia Dini; Kemampuan Mengenal Huruf; Wordwall

Full Text:

PDF Turnitin

References


Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen dalam Pendidikan: Literatur. 8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.36312/jime.v8i3.3800/

Arifin, K., Febriananda, F., Satria, I. B., Natfi, A., Yarni, L., Sjech, U. I. N., & Djambek, M. D. (2023). Perkembangan Anak Usia Dini. 2(5), 340–349.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Asari, A., Zulkarnaini, Hartatik, Anam, A. C., Litamahuputty, J. V., Dewadi, F. M., Prihastuty, D. R., Maswar, Syukrilla, W. A., Murni, N. S., & Sukwika, T. (2023). Pengantar Statistika. In PT Mafy Media Literasi Indonesia.

Badriah, S. (2023). Implementasi Metode Bercerita Dalam Mengembangkan Kosakata Anak Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Ra An-Nawaa 1 Kota Cirebon. 8–44.

Basri, H. (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Anak Usia Dini yang Proporsional. Ya Bunayya, 1(1), 29–45.

Chomsky, N. (1975). Reflections on Language.

Darsih, D., & Hermawan, R. (2022). Penggunaan Media Permainan Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini di TK MNU 25 At-Taqwa Jatinegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1098–1103. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.692

Devianti, R., Sari, S. L., & Bangsawan, I. (2020). R De. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 03(02), 67–78.

Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489

Dhieni, N., Fridani, L., Yarmi, G., & Kusniaty, N. (2006). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2002). Strategi Belajar Mengajar. PT Rineka Cipta.

Dzunnurain, A. A., & Rakhmawati, N. I. S. (2022). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun pada Era Transisi New Normal. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 9(1), 46–58.

Elan, E., Gandana, G., & Fauziah, D. E. (2023). Analisis Penggunaan Flashcard Berbasis Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 63. https://doi.org/10.31000/ceria.v12i1.9023

Etivali, A. U. Al, & Alaika M, B. kurnia ps. (2019). Pendidikan Pada Anak Usia Dini. Jurnal :Penelitian Medan Agama, 10(2), 212–237.

Faiz, A., Putra, N. P., & Nugraha, F. (2022). Memahami Makna Tes, Pengukuran (Measurement), Penilaian (Assessment), dan Evaluasi (Evluation) dalam Pendidikan. Jurnal Education and Development, 10(3), 492–495. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972

Fazriah, S. N., Darmiyanti, A., & Riana, N. (2021). PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 5, No 1, Oktober 2021. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 23–34. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.7376

Gardner, H. (1983). Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences.

Hamidah, N. A. (2024). Memanfaatkan Canva dan Wordwall untuk Membuat Games Edukasi. Elementa Media Literasi.

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.

Hasanah, U., & Gudnanto, G. (2023). Pemanfaatan Game Edukasi Wordwall Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Khazanah Pendidikan, 17(2), 73. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i2.17650

Hidayat, Y. (2023). Teori Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia Dini. Jurnal INTISABI, 06(02), 1–10.

Ida, F. F., & Musyarofah, A. (2021). Validitas dan Reliabilitas dalam Analisis Butir Soal. Al-Mu’Arrib: Journal of Arabic Education, 1(1), 34–44. https://doi.org/10.32923/al-muarrib.v1i1.2100

Imanulhaq, R., & Pratowo, A. (2022). Edugame Wordwall : Inovasi Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pedagogos : Jurnal Pendidikan STKIP Bima, 4(1), 33–41. https://jurnal.stkipbima.ac.id/index.php/gg/article/view/639/429

Indarsih, Rahmawati, I. Y., & Rusdiani, N. I. (2023). Penerapan Game Wordwall untuk Menstimulasi Bahasa Reseptif Anak Usia Dini di TK A PKK Bulu Lor. In Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO (Vol. 6, Issue 3).

Ismawati, N., Widayati, S., & Khumairoh, L. (2023). Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Papan Pintar. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 6(1), 10. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v6i1.1986

Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Al-Athfal, 2(2), 62–69.

Isnawan, M. G. (2020). Kuasi-Eksperimen (Issue January).

Istiwarni. (2021). Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK se Kecamatan Sanden Bantul.

Kapiso, W., Laiya, S. W., Pendidikan, F. I., Gorontalo, U. N., Artikel, I., & Juni, D. (2021). Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman kanak-Kanak. 1(1), 29–39.

Kemendikbud. (2017). Pengembangan keaksaraan awal pada anak usia 5 - 6 tahun melalui buku cerita budaya lokal. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 4–6. https://repositori.kemdikbud.go.id/18452/1/naskah-model-keaksaraan-digital.pdf

Khadijah. (2015). Media Pembelajaran Anak Usia Dini.

Khairunisa, Y. (2021). Pemanfaatan Fitur Gamifikasi Daring Maze Chase–Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Digital Mata Kuliah Statistika Dan Probabilitas. Mediasi, 2(1), 41–47. https://doi.org/10.46961/mediasi.v2i1.254

Khotimah, K., & Agustini, A. (2023). Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Pada Anak Usia Dini. Al Tahdzib: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 11–20. https://doi.org/10.54150/altahdzib.v2i1.196

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis

Maghfiroh, L. (2023). Pentingnya Penggunaan Media Audio-Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di Era Revolusi Industri 4.0. MAANA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 34–50. https://doi.org/10.52166/mjpiaud.v2i1.4743

Makbul, M. (2021). Metode Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian. 4(3), 96–104. https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i3.2597

Miftah, M. (2022). Peran, Fungsi dan Pemanfaatan Media Pembelajaran.

Mujahidin, A. A., Salsabila, U. H., Hasanah, A. L., Andani, M., & Aprillia, W. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Daring (Quizizz, Sway, dan Wordwall) Kelas 5 di SD Muhammadiyah 2 Wonopeti. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 552–560. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3109

Nelwati, S., & Rahman, H. K. (2022). Analisis Teori Kogntif Jean Piaget Terhadap Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakter, 4(1), 13–22.

Nurani, Y., Hartati, S., Utami, A. D., Hapidin, & Pratiwi, N. (2020). Effective communication-based teaching skill for early childhood education students. International Journal of Higher Education, 9(1), 153–158. https://doi.org/10.5430/ijhe.v9n1p153

Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran: Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-jenis Media Pembelajaran dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran.

Patmonodewo, S. (2003). Pendidikan Anak Prasekolah.

Piaget, J. (1952). The Origins of Intelligence of Children.

Piaget, J., & Inhelder, B. (1969). The Psychology of the Child.

Pratiwi, D. R., Drupadi, R., & Syafrudin, U. (2020). Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Perumahan Guru Kecamatan Kotabumi Selatan Kabupaten Lampung Utara. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 89–97. https://doi.org/10.23960/jpa.v6n2.22256

Pudjianti, S. R. R., & Masykouri, A.-Z. (2011). Mengasah Kecerdasan di Usia 0-2 Tahun.

Purnamasari, S., Rahmanita, F., Soffiatun, S., Kurniawan, W., & Afriliani, F. (2020). Bermain Bersama Pengetahuan Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Berbasis Game Online Word Wall. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 177–180.

Ridlo, M., Satriyadi, Y., Nasution, A. H., & Arandri, N. A. (2021). Analisis Pengaruh Bahasa Gaul Di Kalangan Mahasiswa Terhadap Bahasa Indonesia Di Zaman Sekarang. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 561–569. https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1940

Rivai, A., & Sudjana, N. (2009). Media Pengajaran.

Rohmatin. (2023). Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Untuk Meningkatkan Kemampuan Vocabulary Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 3(1), 79–88. https://doi.org/10.51878/edutech.v3i1.2039

Sahanata, M., Asiani, R. W., Syahputri, E. D., & Pradani, A. P. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Wordwall Sebagai Sarana Menciptakan Media Pembelajaran Interaktif. LOKOMOTIF ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 11–21. https://doi.org/10.30631/lokomotifabdimas.v1i1.1644

Santrock, & Wolfolk, J. (2002). Life-Span Development.

Santrock, & Wolfolk, J. (2007). Perkembangan Anak Jilid 1 Edisi kesebelas. In Jakarta: PT Erlangga.

Sari, E. U., Hakim, L., & Pratama, A. (2023). Pengaruh Strategi Reading Aloud Melalui Media Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Memahami Isi Bacaan Pada Murid Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 1644–1651. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/13217

Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Dan Wordwall Pada Pembelajaran Ipa Bagi Guru-Guru Sdit Al-Kahfi. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4112

Seefeldt, C., & Wasik, B. A. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Seefeldt, C., & Wassik, B. A. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini: Menyiapkan anak usia tiga, empat, dan lima tahun menjadi pembelajar.

Serly, & Ayunda. (2022). Penerapan Game Interaktif Wordwall Berbasis Website Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sebagai Bentuk Penerimaan Teknologi Dalam Merdeka Belajar. 1(2), 40–42.

Shofia, M., & Suryana, D. (2021). Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 05(01), 1560–1561.

Srihartini, Y., & Lestari, M. P. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Online di Era Pandemi Covid-19. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 1(1), 135–154. https://doi.org/10.47467/tarbiatuna.v1i1.219

Subhaktiyasa, P. G. (2024). Menentukan Populasi dan Sampel : Pendekatan Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. 9, 2721–2731.

Sugiyono. (2016). Cara Mudah Menyusun : SKRIPSI, TESIS, dan DISERTASI.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.

Suhartinah, & Budiarti, E. (2024). Pengaruh Aplikasi Wordwall terhadap Perkembangan Bahasa dan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(2), 825–834.

Sujiono, Y. N. (2014). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sukendra, I. K., & Atmaja, I. K. S. (2020). Instrumen Pnelitian. In Crafty Oligarchs, Savvy Voters. Mahameru Press. https://doi.org/10.1017/9781108694247.012

Sulyandari, A. K. (2021). Perkembangan Kognitif dan Bahasa Anak Usia Dini. Guepedia.

Sumiharsono, R. (2020). Media Pembelajaran. Repository.Uinsu, 234. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=npLzDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=media+pembelajaran&ots=Nr8w9uLXRR&sig=dO9nzuMdeU76Gwa7wE2-xLcBB7I%0Ahttps://books.google.co.id/books?id=VJtlDwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_vpt_read

Suriani, N., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.55

Surya, S., Usman, U., Nurhidayah Ilyas, S., Rahayu, R., & Safitri, N. (2024). “Wordwall Open the Box” : Cara Inovatif Mengajar Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 5(1), 114–125. https://doi.org/10.52060/jipti.v5i1.1876

Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini : Konsep dan Teori.

Syauqila, G. (2022). Uji Validitas Isi Modul Pembelajaran Kemaritiman Berbasis Perkembangan Kognitif Pada Tahap Pra-Operasional Untuk Peserta Didik Tk A Tk It An-Nahl Percikan Iman Jambi. 1–23.

Tadkiroatun Musfiroh. (2009). Menumbuh Kembangkan Baca-Tulis Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Grasindo.

Tatminingsih, S. (2016). Hakikat Anak Usia Dini. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, 1, 1–65.

Yuzairi, R., & Aguss, R. M. (2022). Pengaruh Latihan Shadow Drilling Menggunakan Shuttlecock Terhadap Ketepatan Pukulan Smash Pada Pemain di PB Kafifa Lampung Tengah. Journal of Physical Education (JouPE), 3(2), 6–12.

Zalillah, D., & Alfurqan, A. (2022). Penggunaan Game Interaktif Wordwall dalam Evaluasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 17 Gurun Laweh Padang. Manazhim, 4(2), 491–504. https://doi.org/10.36088/manazhim.v4i2.1996




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2488

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760