Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 5–6 Tahun di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Adzkia III Padang
Abstract
Keywords
References
Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen dalam Pendidikan: Literatur. 8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.36312/jime.v8i3.3800/
Arifin, K., Febriananda, F., Satria, I. B., Natfi, A., Yarni, L., Sjech, U. I. N., & Djambek, M. D. (2023). Perkembangan Anak Usia Dini. 2(5), 340–349.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Asari, A., Zulkarnaini, Hartatik, Anam, A. C., Litamahuputty, J. V., Dewadi, F. M., Prihastuty, D. R., Maswar, Syukrilla, W. A., Murni, N. S., & Sukwika, T. (2023). Pengantar Statistika. In PT Mafy Media Literasi Indonesia.
Badriah, S. (2023). Implementasi Metode Bercerita Dalam Mengembangkan Kosakata Anak Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Ra An-Nawaa 1 Kota Cirebon. 8–44.
Basri, H. (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Anak Usia Dini yang Proporsional. Ya Bunayya, 1(1), 29–45.
Chomsky, N. (1975). Reflections on Language.
Darsih, D., & Hermawan, R. (2022). Penggunaan Media Permainan Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini di TK MNU 25 At-Taqwa Jatinegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1098–1103. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.692
Devianti, R., Sari, S. L., & Bangsawan, I. (2020). R De. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 03(02), 67–78.
Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489
Dhieni, N., Fridani, L., Yarmi, G., & Kusniaty, N. (2006). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2002). Strategi Belajar Mengajar. PT Rineka Cipta.
Dzunnurain, A. A., & Rakhmawati, N. I. S. (2022). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun pada Era Transisi New Normal. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 9(1), 46–58.
Elan, E., Gandana, G., & Fauziah, D. E. (2023). Analisis Penggunaan Flashcard Berbasis Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 63. https://doi.org/10.31000/ceria.v12i1.9023
Etivali, A. U. Al, & Alaika M, B. kurnia ps. (2019). Pendidikan Pada Anak Usia Dini. Jurnal :Penelitian Medan Agama, 10(2), 212–237.
Faiz, A., Putra, N. P., & Nugraha, F. (2022). Memahami Makna Tes, Pengukuran (Measurement), Penilaian (Assessment), dan Evaluasi (Evluation) dalam Pendidikan. Jurnal Education and Development, 10(3), 492–495. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972
Fazriah, S. N., Darmiyanti, A., & Riana, N. (2021). PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 5, No 1, Oktober 2021. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 23–34. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.7376
Gardner, H. (1983). Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences.
Hamidah, N. A. (2024). Memanfaatkan Canva dan Wordwall untuk Membuat Games Edukasi. Elementa Media Literasi.
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.
Hasanah, U., & Gudnanto, G. (2023). Pemanfaatan Game Edukasi Wordwall Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Khazanah Pendidikan, 17(2), 73. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i2.17650
Hidayat, Y. (2023). Teori Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia Dini. Jurnal INTISABI, 06(02), 1–10.
Ida, F. F., & Musyarofah, A. (2021). Validitas dan Reliabilitas dalam Analisis Butir Soal. Al-Mu’Arrib: Journal of Arabic Education, 1(1), 34–44. https://doi.org/10.32923/al-muarrib.v1i1.2100
Imanulhaq, R., & Pratowo, A. (2022). Edugame Wordwall : Inovasi Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pedagogos : Jurnal Pendidikan STKIP Bima, 4(1), 33–41. https://jurnal.stkipbima.ac.id/index.php/gg/article/view/639/429
Indarsih, Rahmawati, I. Y., & Rusdiani, N. I. (2023). Penerapan Game Wordwall untuk Menstimulasi Bahasa Reseptif Anak Usia Dini di TK A PKK Bulu Lor. In Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO (Vol. 6, Issue 3).
Ismawati, N., Widayati, S., & Khumairoh, L. (2023). Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Papan Pintar. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 6(1), 10. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v6i1.1986
Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Al-Athfal, 2(2), 62–69.
Isnawan, M. G. (2020). Kuasi-Eksperimen (Issue January).
Istiwarni. (2021). Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK se Kecamatan Sanden Bantul.
Kapiso, W., Laiya, S. W., Pendidikan, F. I., Gorontalo, U. N., Artikel, I., & Juni, D. (2021). Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman kanak-Kanak. 1(1), 29–39.
Kemendikbud. (2017). Pengembangan keaksaraan awal pada anak usia 5 - 6 tahun melalui buku cerita budaya lokal. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 4–6. https://repositori.kemdikbud.go.id/18452/1/naskah-model-keaksaraan-digital.pdf
Khadijah. (2015). Media Pembelajaran Anak Usia Dini.
Khairunisa, Y. (2021). Pemanfaatan Fitur Gamifikasi Daring Maze Chase–Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Digital Mata Kuliah Statistika Dan Probabilitas. Mediasi, 2(1), 41–47. https://doi.org/10.46961/mediasi.v2i1.254
Khotimah, K., & Agustini, A. (2023). Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Pada Anak Usia Dini. Al Tahdzib: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 11–20. https://doi.org/10.54150/altahdzib.v2i1.196
Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis
Maghfiroh, L. (2023). Pentingnya Penggunaan Media Audio-Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di Era Revolusi Industri 4.0. MAANA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 34–50. https://doi.org/10.52166/mjpiaud.v2i1.4743
Makbul, M. (2021). Metode Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian. 4(3), 96–104. https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i3.2597
Miftah, M. (2022). Peran, Fungsi dan Pemanfaatan Media Pembelajaran.
Mujahidin, A. A., Salsabila, U. H., Hasanah, A. L., Andani, M., & Aprillia, W. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Daring (Quizizz, Sway, dan Wordwall) Kelas 5 di SD Muhammadiyah 2 Wonopeti. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 552–560. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3109
Nelwati, S., & Rahman, H. K. (2022). Analisis Teori Kogntif Jean Piaget Terhadap Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakter, 4(1), 13–22.
Nurani, Y., Hartati, S., Utami, A. D., Hapidin, & Pratiwi, N. (2020). Effective communication-based teaching skill for early childhood education students. International Journal of Higher Education, 9(1), 153–158. https://doi.org/10.5430/ijhe.v9n1p153
Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran: Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-jenis Media Pembelajaran dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran.
Patmonodewo, S. (2003). Pendidikan Anak Prasekolah.
Piaget, J. (1952). The Origins of Intelligence of Children.
Piaget, J., & Inhelder, B. (1969). The Psychology of the Child.
Pratiwi, D. R., Drupadi, R., & Syafrudin, U. (2020). Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Perumahan Guru Kecamatan Kotabumi Selatan Kabupaten Lampung Utara. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 89–97. https://doi.org/10.23960/jpa.v6n2.22256
Pudjianti, S. R. R., & Masykouri, A.-Z. (2011). Mengasah Kecerdasan di Usia 0-2 Tahun.
Purnamasari, S., Rahmanita, F., Soffiatun, S., Kurniawan, W., & Afriliani, F. (2020). Bermain Bersama Pengetahuan Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Berbasis Game Online Word Wall. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 177–180.
Ridlo, M., Satriyadi, Y., Nasution, A. H., & Arandri, N. A. (2021). Analisis Pengaruh Bahasa Gaul Di Kalangan Mahasiswa Terhadap Bahasa Indonesia Di Zaman Sekarang. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 561–569. https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1940
Rivai, A., & Sudjana, N. (2009). Media Pengajaran.
Rohmatin. (2023). Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Untuk Meningkatkan Kemampuan Vocabulary Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 3(1), 79–88. https://doi.org/10.51878/edutech.v3i1.2039
Sahanata, M., Asiani, R. W., Syahputri, E. D., & Pradani, A. P. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Wordwall Sebagai Sarana Menciptakan Media Pembelajaran Interaktif. LOKOMOTIF ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 11–21. https://doi.org/10.30631/lokomotifabdimas.v1i1.1644
Santrock, & Wolfolk, J. (2002). Life-Span Development.
Santrock, & Wolfolk, J. (2007). Perkembangan Anak Jilid 1 Edisi kesebelas. In Jakarta: PT Erlangga.
Sari, E. U., Hakim, L., & Pratama, A. (2023). Pengaruh Strategi Reading Aloud Melalui Media Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Memahami Isi Bacaan Pada Murid Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 1644–1651. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/13217
Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Dan Wordwall Pada Pembelajaran Ipa Bagi Guru-Guru Sdit Al-Kahfi. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4112
Seefeldt, C., & Wasik, B. A. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.
Seefeldt, C., & Wassik, B. A. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini: Menyiapkan anak usia tiga, empat, dan lima tahun menjadi pembelajar.
Serly, & Ayunda. (2022). Penerapan Game Interaktif Wordwall Berbasis Website Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sebagai Bentuk Penerimaan Teknologi Dalam Merdeka Belajar. 1(2), 40–42.
Shofia, M., & Suryana, D. (2021). Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 05(01), 1560–1561.
Srihartini, Y., & Lestari, M. P. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Online di Era Pandemi Covid-19. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 1(1), 135–154. https://doi.org/10.47467/tarbiatuna.v1i1.219
Subhaktiyasa, P. G. (2024). Menentukan Populasi dan Sampel : Pendekatan Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. 9, 2721–2731.
Sugiyono. (2016). Cara Mudah Menyusun : SKRIPSI, TESIS, dan DISERTASI.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.
Suhartinah, & Budiarti, E. (2024). Pengaruh Aplikasi Wordwall terhadap Perkembangan Bahasa dan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(2), 825–834.
Sujiono, Y. N. (2014). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sukendra, I. K., & Atmaja, I. K. S. (2020). Instrumen Pnelitian. In Crafty Oligarchs, Savvy Voters. Mahameru Press. https://doi.org/10.1017/9781108694247.012
Sulyandari, A. K. (2021). Perkembangan Kognitif dan Bahasa Anak Usia Dini. Guepedia.
Sumiharsono, R. (2020). Media Pembelajaran. Repository.Uinsu, 234. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=npLzDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=media+pembelajaran&ots=Nr8w9uLXRR&sig=dO9nzuMdeU76Gwa7wE2-xLcBB7I%0Ahttps://books.google.co.id/books?id=VJtlDwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_vpt_read
Suriani, N., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.55
Surya, S., Usman, U., Nurhidayah Ilyas, S., Rahayu, R., & Safitri, N. (2024). “Wordwall Open the Box” : Cara Inovatif Mengajar Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 5(1), 114–125. https://doi.org/10.52060/jipti.v5i1.1876
Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini : Konsep dan Teori.
Syauqila, G. (2022). Uji Validitas Isi Modul Pembelajaran Kemaritiman Berbasis Perkembangan Kognitif Pada Tahap Pra-Operasional Untuk Peserta Didik Tk A Tk It An-Nahl Percikan Iman Jambi. 1–23.
Tadkiroatun Musfiroh. (2009). Menumbuh Kembangkan Baca-Tulis Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Grasindo.
Tatminingsih, S. (2016). Hakikat Anak Usia Dini. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, 1, 1–65.
Yuzairi, R., & Aguss, R. M. (2022). Pengaruh Latihan Shadow Drilling Menggunakan Shuttlecock Terhadap Ketepatan Pukulan Smash Pada Pemain di PB Kafifa Lampung Tengah. Journal of Physical Education (JouPE), 3(2), 6–12.
Zalillah, D., & Alfurqan, A. (2022). Penggunaan Game Interaktif Wordwall dalam Evaluasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 17 Gurun Laweh Padang. Manazhim, 4(2), 491–504. https://doi.org/10.36088/manazhim.v4i2.1996
DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2488
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Address
Universitas Trilogi jakarta
Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760



.png)



