Pengaruh Media Smart Box Literasi Terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak

Nur Padila, Setiyo Utoyo, Nenny Mahyuddin, Elise Muryanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Smart Box Literasi terhadap kemampuan membaca awal anak usia 5–6 tahun di TK Negeri Pembina 2 Bangko. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu yang melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes kemampuan membaca awal yang mencakup kemampuan mengenal huruf, suku kata, dan kata sederhana. Analisis data menunjukkan bahwa anak yang belajar menggunakan media Smart Box Literasi memiliki kemampuan membaca awal yang lebih baik dibandingkan anak yang belajar dengan media konvensional. Media Smart Box Literasi mampu menumbuhkan minat, konsentrasi, serta motivasi anak dalam belajar membaca melalui kegiatan bermain yang menyenangkan dan interaktif. Hasil penelitian ini menegaskan bahwa pembelajaran menggunakan Smart Box Literasi efektif diterapkan di PAUD untuk mengembangkan kemampuan literasi dasar anak sejak usia dini.

Keywords


Smart Box Literasi; Membaca Awal; Anak Usia Dini

Full Text:

PDF Turnitin

References


Abadi, M. (2018). Keterampilan membaca permulaan anak usia dini. Yogyakarta: Deepublish.

Amelia, S., dkk. (2017). Membaca permulaan pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 84–85.

Ananda, R. (2022). Penerapan media papan suku kata untuk meningkatkan kemampuan membaca awal anak usia dini. Padang: UNP Press.

Anggraini, V., dkk. (2019). Bahasa sebagai sistem simbol anak usia dini. Jurnal Obsesi, 3(1), 74–80.

Arikunto, S. (2018). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi, R. (2020). Inovasi media buatan guru dalam meningkatkan literasi anak usia dini. Jurnal EduChild, 5(1), 56–63.

Fitriyani, N. (2021). Pengaruh media kartu huruf terhadap kemampuan fonologis anak usia dini. Jurnal PAUD Indonesia, 6(2), 88–96.

Hardani, dkk. (2020). Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Harnanto. (2016). Media Smart Box dalam pembelajaran anak usia dini. Yogyakarta: UNY Press.

Hurlock, E. (2013). Psikologi perkembangan anak. Jakarta: Erlangga.

Muammar. (2020). Strategi mengembangkan kemampuan membaca permulaan anak usia dini. Jakarta: Kencana.

Muryanti, E. (2020). Perkembangan bahasa anak usia dini. Jurnal Golden Age, 4(1), 20–27.

Nurhafizah. (2018). Media pembelajaran untuk anak usia dini. Padang: FIP UNP.

Polinda, & Sukaryanti, D. (2023). Smart Box sebagai media pembelajaran inovatif di PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 115–124.

Putri, M. M., dkk. (2024). Pengaruh Media Smart Box Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B1 di TK Pertiwi 1 Kabupaten Merangin. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 8(1), 99-105. https://doi.org/10.31537/jecie.v8i1.1584

Rahayuningsih, R., dkk. (2019). Penggunaan media kotak pintar dalam pembelajaran PAUD. Jurnal Kreatif Edu, 6(3), 33–40.

Sri Ayu Agustini, & Misbah. (2024). Pengembangan media pembelajaran Smart Box untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas 1 SD. Jurnal Pendas, 9(4). https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.19176

Sudaryono. (2016). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2021). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparno. (2023). Pengaruh media Smart Box terhadap kemampuan membaca anak usia dini. Jurnal Golden Age, 7(2), 112–120.

Suryana, D. (2021). Pendidikan anak usia dini: Konsep dan aplikasi. Jakarta: Kencana.

Suryani, N., dkk. (2018). Media pembelajaran inovatif dan pengembangannya. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2018). Teori belajar dan pembelajaran di PAUD. Jakarta: Prenadamedia Group.

Suyadi. (2013). Dasar-dasar pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: Pedagogia.

Wati, N. (2021). Kemampuan membaca awal anak usia dini. Bandung: Alfabeta.

Sjamsir. (2021). Manfaat media Smart Box dalam pembelajaran anak usia dini. Jurnal EduChild, 5(1), 56–63.

Yulianti, D., dkk. (2019). Meningkatkan kemampuan membaca awal anak melalui media bermain edukatif. Jurnal Obsesi, 3(1), 406–415.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2504

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760