Pengaruh Video Animasi Terhadap Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun

Miftahul Khairina Hamdani, Syahrul Ismet, Serli Marlina, Resti Elma Sari

Abstract


Pada abad ke-21, banyak perkembangan yang terjadi, dimana bahasa asing merupakan bahasa yang penting untuk dikuasai, maka dengan itu melalui perkembangan usia dini bahasa Inggris sudah dapat ditingkatkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh video animasi terhadap pengetahuan bahasa Inggris anak usia 5-6 tahun di TK Sabbihisma 2. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan dengan bentuk quasi eksperimental. Populasi dalam penelitin ini seluruh anak didik TK Sabbihisma 2 dengan jumlah anak 41 anak, dan sampel dalampenelitian ini adalah kelas B4 dan kelas B2 yang masing-masingnya berjumlah 10 anak. Teknik analisis data menggunakan uji t, namun sebelum itu dilakukan uji perenang yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, dan diolah menggunakan bantuan aplikasi SPSS 26 for windows. Analisis data menunjukkan bahwa rata-rata skor pre-test kelompok eksperimen adalah 8,20 dan skor post-test adalah 12,90. hasil pre-test rata-rata kelas kontrol adalah 7,90 dan hasil post-test kelas kontrol aalah 10,10. Kumpulan data akhir bersifat homogen dan tersebar secara teratur. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,005 < 0,05. Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Keywords


Anak Usia Dini, Kosakata Bahasa Inggris, Media Video Animasi

Full Text:

PDF Turnitin

References


Ani Daniyati, Ismy Bulqis Saputri, Ricken Wijaya, Siti Aqila Septiyani, & Usep Setiawan. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(1), 282–294. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993

Arifin, A. W., & Pauweni, A. J. (2019). Peran Guru terhadap Aspek Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jambura Early Childhood Education Journal, 1(2), 37–45. https://doi.org/10.37411/jecej.v1i2.57

Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 1–17.

Fadlan, A., Ridwan, R., Nopriansyah, U., & Nurfaizah, N. (2021). Penerapan Metode TPR (Total Physical Respone) Dalam Pembelajaran Bahasa InggrisAnak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 137–151. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v4i1.8619

Fitriyanti, Intan Maulida Qorry’ Aina, A. M., Muhammad Fajrul Islam, Mukhammad Wahyudi, N. I., Purnamasari, Wahyuning Tirto Dewi, Ida Miswanti, S., Aminah, Nuning Puspitaningrum, Rochma Ervina, S., Anugerah Wati, Wedya Puspita, Kristin Anggraini, S., & Irawati, N. (2024). Transformasi Pembelajaran Anak Usia Dini Di Zaman Digital (Issue desember). file:///C:/Users/acer5/Downloads/BOOKCHAPTERTRANSFORMASIPEMBELAJARAN (1).pdf

Mahayati, E., Atok, K. K., Firmansyah, F. A., Ariyanto, S. R., & Rozi, F. (2023). Efektivitas Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 10(1), 102–108. https://doi.org/10.36706/jipf.v10i1.20170

Ningsih Dian Ayu, Sholeha, Gabe Deliana Sihombing, Siti Aisah Azarah, Siti Anggraini Pancenang, & Yesi Novitasari. (2024). Strategi pembelajaran Bahasa InggrisAnak Usia Dini melalui Pendekatan Gerak dan Lagu. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 92–109. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v7i2.19764

Riensa, A. S. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Animasi Berbahasa InggrisTerhadap Pembendaharaan Kosakata Bahasa InggrisAnak Usia 5-6 Tahun di TK IT Taruna Teladan Delanggu Klaten. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam.

Habib, A., Astra, I. M., & Utomo, E. (2020). Media Pembelajaran Abad 21: Kebutuhan Multimedia Interaktif Bagi Guru dan Siswa Sekolah Dasar. JARTIKA : Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(1), 25–35. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i1.20

Hasanah, F. N., & Hartati, S. (2024). Pengaruh Media Powtoon terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Bhakti Bunda Padang. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 2288-2303. https://doi.org/10.31004/irje.v4i4.1361

Rupnidah, R., & Suryana, D. (2022). Media pembelajaran anak usia dini. Jurnal PAUD agapedia, 6(1), 49-58. https://doi.org/10.17509/jpa.v6i1.48199

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung:Alfabeta

Sari, M. N., & Ningsih, P. E. A. (2023). Pengajaran Bahasa InggrisTerhadap Siswa Sekolah Dasar dengan Menggunakan Video Animasi. Jurnal Abdimas Adpi Sosial Dan Humaniora, 4(3), 628–636. https://doi.org/10.47841/jsoshum.v4i2.299

Widyahabsari, D., Aka, K. A., & Zaman, W. I. (2023). Media Video Animasi Materi Bangun Ruang. Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran, 587–594. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/3856/2702

Zahara, S., & Hendriana, B. (2021). Pengembangan Media Video Animasi untuk Kemampuan Menghafal Hadist pada Anak Usia Dini. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3593–3601. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.948

Khomsin, K., & Rahimmatussalisa, R. (2021). Efektivitas Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kosakata Bahasa Inggrispada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 25–33. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i1.37872




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760