Pengaruh Pengunaan Media Kahoot terhadap Pengenalan Pendidikan Seksual Pada Anak Usia 5-6 Tahun

Darmi Lestari, Yul Syofriend, Setiyo Utoyo, Rismareni Pransiska

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Kahoot terhadap pengenalan pendidikan seksual pada anak usia 5–6 tahun di TK Negeri 1 Rikit Gaib Kabupaten Gayo Lues Aceh. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya pemahaman anak terhadap konsep tubuh pribadi, batasan fisik, dan perlindungan diri, serta minimnya media pembelajaran yang digunakan dalam penyampaian materi sensitif seperti pendidikan seksual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian berjumlah 10 anak yang dipilih dengan teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian mencakup indikator pengenalan tubuh pribadi, batasan sentuhan, dan strategi perlindungan diri. Data dianalisis menggunakan uji regresi linear sederhana untuk mengetahui pengaruh media Kahoot terhadap peningkatan pemahaman anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari penggunaan media Kahoot terhadap pengenalan pendidikan seksual, dengan nilai t hitung sebesar 3,328 dan signifikansi 0,046 (< 0,05). Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis permainan seperti Kahoot mampu meningkatkan partisipasi, motivasi, dan pemahaman anak terhadap konsep-konsep dasar pendidikan seksual secara interaktif dan menyenangkan. Dengan demikian, Kahoot dapat dijadikan sebagai media pembelajaran alternatif yang efektif dalam memperkenalkan pendidikan seksual pada anak usia dini secara kontekstual dan ramah anak.

Keywords


Anak Usia Dini; Pendidikan Seksual; Media Kahoot

Full Text:

PDF Turnitin

References


A. Pribad, B. (2017). Media & Teknologi Dalam Pembelajaran. Prenadamedia Group.

Abineno J.l.ch. Dr. (2019). Seksualitas Dan Pendidikan Seksual. BPK Gunung Mulia.

Adikusuma, M. P., & Maharani, E. A. (2023). Pengetahuan, Sikap, dan Persepsi tentang Pendidikan Seks pada Pendidik Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(3), 312–321. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i3.511

Akbar, E. (2020). Metode Belajar Anak Usia Dini. PT. Kencana Group.

Amrullah, N. A., Rohman, Y. L., Kuswardono, S., Nawawi, M., & NURMANA, A. H. (2023). Sosialisasi Literasi Seksual Usia Dini Melalui Multimedia Edukatif untuk Guru-Guru PAUD Kota Semarang. Ahmad Dahlan Mengabdi, 2(2), 57–65. https://doi.org/10.58906/abadi.v2i2.104

Anggrain, T., Riswandi, & Sofia, A. (2020). Pendidikan Seksual Anak Usia Dini : Aku dan Diriku. Jurnal Universitas Lampung, 8(2).

Anggraini, T. (2020). Pendidikan Seks Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Paud It Qurrota A’yun Bandar Lampung. Universitas Lampung.

Astriani. (2018). Prinsip dan Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran. Universitas Nurul Jadid.

Chandra, M., Febriani Irfandi, & Yuhelman, N. (2023). Literatur Review : Pengembanganmedia Kahootsebagai Media Pembelajaran Siswa. IPMuktj:Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 4(1).

Chomaria, N. (2015). Pendidikan Seks Untuk Anak. AQWAM Jembatan Ilmu.

Dewi Rahayu. (2021). Pentingnya Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini Di Era Digital. Jurnal Pendiidkan Universitas Jambi, 12(3).

Irwan, I., Luthfi, Z. F., & Waldi, A. (2019a). Efektifitas Penggunaan Kahoot! untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(1), 95–104. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.1866

Ismiulya, F., Diana, R. R., Na’imah, N., Nurhayati, S., Sari, N., & Nurma, N. (2022). Analisis Pengenalan Edukasi Seks pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4276–4286. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2582

Kadir. (2016). Statistika terapan, konsep contoh dan analisis data dengan program spss dalam penelitian. PT Raja grafindo persada

Kurniawati, R. A., Wahyuningsih, S., & Pudyaningtyas, A. R. (2020). Penerapan Pendidikan Seksualitas Melalui Media Lagu Pada Anak Usia 5-6 Tahun Guna Meningkatkan Pengetahuan Seksualitas. Kumara Cendekia, 8(3), 242. https://doi.org/10.20961/kc.v8i3.42740

Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 9 Tahun 2024 tentang Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Kekerasan Seksual, Pub. L. No. 9 (2024).

Mansur. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Pustaka Pelajar.

Mulyani, N. (2016). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Kalimedia.

Naeyc. (2024). Teaching Young Children. Https://Www.Naeyc.Org/Resources/Pubs/Tyc. https://www.naeyc.org/resources/pubs/tyc

Pratiwi, M. R., Mukaromah, M., & Subhiyakto, E. R. (2022). Edukasi Seks pada Anak Usia Dini melalui Media Digital dengan Metode StoryTelling. I-Com Journal, 7(8). https://doi.org/10.33379/icom.v2i2.1506

Puspitaningtyas, I. H., Mutahir, A., Rizkidarajat, W., & Pandu Primadata, A. (2023). Pendekatan Media Alternatif untuk Mendukung Pendidikan Seks yang Komprehensif Bagi Anak. Jurnal Basicedu, 7(6), 3347–3357. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6307

Qian, M., & Clark, K. R. (2016). Game-based Learning and 21st century skills: A review of recent research. Computers in Human Behavior, 63. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.05.023

Rahmasari, R., & Fathiyah, K. N. (2023). Penerapan Pendidikan Seksual Dini BerbasisMedia Audio Visual melalui Lagu Kujaga Tubuhku. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 842–854. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3754

Rukin. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin.

Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russell, J. D. (2019). Instructional Technology and Media for Learning (Ninth Edition). Pearson Education.

Sugiantara, I. P., Listarni, N. M., & Pratama, K. (2024). Urgensi Pengembangan Media Pembelajaran Lingkaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Literasi Digital, 4(1), 73–80. https://doi.org/10.54065/jld.4.1.2024.448

Suharsimi, A. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta.

Sukirman. (2019). Buku Pembimbingan Guru Membuat Kuis Online Kahoot Dengan Combro (edisi 1). Deepublish.

Sukmadinata, N. S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung Remaja Rosdakarya.

Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak (1st ed.). Prenada Media.

Susanti. (2021). PERSEPSI DAN CARA PEMBERIAN PENDIDIKAN SEKSUAL PADA ANAK TK. Adab Publisher.

Susanto, A. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep Dan Teori). PT. Bumi Aksara.

Susiani, K., Utami, N. L. D. S., Dewi, N. L. V. L., Astari, K. A. D. A., Hartini, A., & · S. A. T. (2024). Pendidikan Seksual pada Anak. Nilacakra.

Susiani, K., Utami, N. L. D., Sherlita, Dewi, N. L. V. L., Astari, K. A. D., Thomas, S. A., & Hartini, A. (2024). Pendidikan Seksual pada Anak (I. B. A. L. Manuaba (ed.); 1st ed.). Nilacakra.

Unicef. (2020). Hidden in plain sight: A statistical analysis of violence against children. Www.Unicef.Org. https://www.unicef.org/documents/hidden-plain-sight-statistical-analysis-violence-against-children

Yuliana Adisti. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Kahoot Terhadap Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas Viii Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2521

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760