Pengaruh Permainan Jumping Alfabet Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun

Dinah Irfanda, Yul Syofriend, Indra Yeni, Tisna Syafnita

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan membaca permulaan anak yang masih rendah. Hal ini terlihat dari temuan di lapangan masih banyak anak yang belum sepenuhnya mengenal simbol-simbol huruf, belum mampu membedakan antara huruf vokal dan huruf konsonan, belum mampu mengelompokkan kata dengan awalan huruf awal yang sama serta belum mampu menyusun huruf menjadi sebuah kata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan jumping alfabet terhadap kemampuan membaca permulaan anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini semua anak dengan jumlah peserta didik 73 anak, sampel pada penelitian ini adalah 30 anak, 15 anak B1 dan 15 anak B2. Sampel terbagi dalam dua kelas: kelas eksperimen (permainan jumping alfabet) dan kelas kontrol (kartu huruf). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes perbuatan, dan dokumentasi. Hasil post-test menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh rata-rata nilai 26,80, sedangkan kelas kontrol 25,20. Uji statistik menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,026 (<0,05), untuk itu H0 ditolak serta Ha diterima. Untuk itu, bisa diambil simpulan permainan jumping alfabet memberi pengaruh signifikan pada peningkatan kemampuan membaca permulaan anak usia dini.

Keywords


Anak Usia Dini; Membaca Permulaan; Permainan Jumping Alfabet.

Full Text:

PDF Turnitin

References


Amri, N. A., Amri, N., Hajerah, & Usman. (2023). Pengembangan Media Busy Book Pada Aspek Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 406–411. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.838

Anggraini, V., Yulsyofriend, Y., & Yeni, I. (2019). Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Minangkabau Pada Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 73. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3377

Asti, S, W. (2024). Pengaruh Permainan Monopoli Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Mentari Bontoa Kabupaten Takalar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09.

Idhayani, N., Sitti Salma, Mp., & Jumiati Yusuf, Mp. (2024). Bermain Dan Permainan Anak Penerbit Cv.Eureka Media Aksara. Eureka Media Aksara.

Maulida, R., & Wulan, D, S, A. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Card Sort Terhadap Perkembangan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al-Muttaqin II. 4(4), 171–182.

Meidi, S., Mandira, G., & Nessa, R. (2022). Pengembangan Media Papan Monopoli untuk Pembentukan Nilai Karakter Cinta Tanah Air pada Anak Usia Dini. Jim Paud, 7(1), 19–29.

Permendikbud. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini No 137 Tahun 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 1–76. https://portaldik.id/assets/upload/peraturan/PERMEN KEMENDIKBUD Nomor 137 Tahun 2014 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI.pdf

Purnawati, I. (2021). DESKRIPSI KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI DESA PLALANGAN TAHUN AJARA 2020-2021. Universitas Muhammadiyah Jember.

Rachma Pratiwi, D., Drupadi, R., & Syafrudin, U. (2020). Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 2580–9504.

Saputra, A. (2018). Pendidikan Anak pada Usia Dini. At-Ta’dib : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam , 10(2), 192–209.

Satria, T, G. (2017). Meningkatkan Keterampilan Menyimak Melalui Pendekatan Saintifik Pada Anak Kelas IV Jakarta Barat. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2).

Setyaningsih, U., & Indrawati, I. (2022). Strategi Pengembangan Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3701–3713. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2340

Suryana, D. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktik Pembelajaran. Kencana.

Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Bumi Aksara.

Syafnita, T., Akip, M., Mukhlisin, Kardinus, W, N., Bhoki, H., Harahap, A, S., Indriani, N., Putri, J, E., Yeni, I., Djalaludin, A, A., Adelita, D., Kusayang, T., Wahyu, R., & Toron, V, B. (2023). PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI. PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.

Tarigan, H, G. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.

Yulsyofriend. (2013). Permainan Membaca dan Menulis Anak Usia Dini. Sukabina Press.

Yusuf, A, M. (2014). Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. PT Fajar Interpratama Mandiri.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2522

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760