Upaya Meningkatkan Kemampuan Bercerita Melalui Penggunaan Media Boneka Tangan Untuk Anak Usia 5-6 Tahun

Asrining Sasi, Sarah Emmanuel Haryono, Farida Nur Kumala

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan kemampuan bercerita anak usia 5–6 tahun melalui penggunaan media boneka tangan di KB-TK AL-SHA Sidorahayu Wagir. Latar belakang penelitian didasarkan pada rendahnya keterampilan bercerita anak yang teridentifikasi melalui observasi awal, di mana hanya 44% anak mampu menceritakan kembali cerita secara runtut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media boneka tangan secara signifikan meningkatkan kemampuan bercerita anak, baik dari aspek runtutan cerita, kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, maupun berbicara dengan jelas. Media boneka tangan juga terbukti meningkatkan motivasi, partisipasi aktif, dan kepercayaan diri anak dalam bercerita. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan media boneka tangan sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran PAUD.

Keywords


kemampuan bercerita, boneka tangan, anak usia dini

Full Text:

PDF Turnitin

References


Damayanti, N. M. (2021). The role of storytelling methods using hand puppets in early children’s language development. Child Education Journal, 3(2), 78–91. https://doi.org/10.33086/cej.v3i2.2129

Evanofiana, R., Putri, N., & Rahmah, D. (2019). Penggunaan boneka jari untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 112–120. https://doi.org/10.31004/jpaud.v3i2.233

Fadilla, C., & Yulsyofriend, Y. (2023). Pengaruh metode bercerita dengan boneka tangan terhadap keterampilan berbicara anak. Journal of Education Research, 3(4), 192–198. https://doi.org/10.37985/jer.v3i4.107

Fauziah, N., & Purnamasari, W. (2020). Pengaruh media boneka tangan terhadap kemampuan berbicara anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 765–773. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.381

Fawaiz, R. R. (2022). Implementation of storytelling methods using hand puppets to stimulate early childhood language development. International Journal of Early Childhood, 1(1), 83.

Hermawan, & Sulistyowati. (2021). Storytelling method using hand puppet media. JETI Journal, 5(2), 2080.

Indah, F. (2024). Pengaruh media boneka tangan terhadap perkembangan kognitif anak usia 4–6 tahun. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(1), 55–64. https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/jeti/article/view/2080

Izzati, F. (2019). Meningkatkan keterampilan bercerita melalui media boneka tangan. Deep Learning: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 45–52. https://ejournal.mgedukasia.or.id/index.php/deeplearning/article/view/259

Karaolis, O. (2023). Being with a puppet: Literacy through experiencing hand puppets in early childhood. Education Sciences, 13(3), Article 291. https://doi.org/10.3390/educsci13030291

Khairunnisa, S. (2023). Media boneka jari untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini. International Journal of Early Childhood Development, 5(1), 34–43. https://ijemd.umsida.ac.id/index.php/ijemd/article/view/772

Kurniawati, D. (2022). Pembelajaran dengan media boneka tangan dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini di PAUD Desa Aisyah Selat. MIJOSE Journal, 1(1), 75.

Mujahidah, N., Afiif, A., & Damayanti, E. (2021). The role of storytelling methods using hand puppets in early children's language development. Child Education Journal, 3(2), 78–91. https://doi.org/10.33086/cej.v3i2.2129

Mulyasa, E. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurrohmatul Amaliah, A. F., et al. (2022). The influence of hand puppet media on early childhood story listening skills. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), Article 3368. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3368

Rosalia, R., Wigati, I., & Putri, Y. F. (2023). Pengaruh metode bercerita dengan media boneka tangan terhadap kemampuan menyimak anak usia 5–6 tahun di PAUD Citra Bangsa Desa Kedaton Timur. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 2845–2853. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13723

Sari, A. (2025). Efforts to improve speaking skills through storytelling methods assisted by hand puppets in early childhood. Jurnal Pendidikan Guru Inovatif, 7(1), 22–33. https://journal.mgedukasia.or.id/index.php/jpgi/article/view/446

Sukmana, H. (2021). Pengembangan media edukasi boneka tangan sebagai stimulasi moral dan bercerita di PAUD. Family Education Journal, 3(1), Article 25805.

Yuliani, W. (2021). Pengaruh media boneka tangan terhadap kecemasan berbicara anak usia dini. Childhood Education Journal, 3(2), 98–106. https://journal2.unusa.ac.id/index.php/CEJ/article/view/2129




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2534

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760