Pengaruh Kegiatan Origami terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 12 Pariaman

Rara Syafitri. A, Saridewi Saridewi, Farida Mayar, Indra Yeni

Abstract


Perkembangan motorik halus merupakan fondasi penting bagi kesiapan menulis dan kemandirian anak usia dini. Observasi awal menunjukkan rendahnya kemampuan motorik halus anak, khususnya pada aspek koordinasi mata-tangan dan kontrol gerakan jari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kegiatan melipat origami terhadap kemampuan motorik halus anak di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 12 Pariaman.  Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan dengan bentuk quasi eksperimental. Populasi dalam penelitin ini seluruh anak didik TK Kemala Bhayangkari 12 Pariaman dengan jumlah anak 44 anak, dan sampel dalampenelitian ini adalah kelas B1 dan kelas B2 yang masing-masingnya berjumlah 11 anak. Teknik analisis data menggunakan uji t, namun sebelum itu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, dan diolah menggunakan bantuan aplikasi SPSS 26 for windows. Analisis data menunjukan bahwa rata-rata skor pre-test kelompok eksperimen Adalah 9,45 dan skor post-test Adalah 14,36. hasil pre-test rata-rata kelas kontrol Adalah 8,91 dan hasil post-test kelas kontrol aalah 11,73. Kumpulan data akhir bersifat homogen dan tersebar secara teratur. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,014 < 0,05. dengan demikian ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.


Keywords


Anak Usia Dini; Kegiatan Origami; Motorik halus

Full Text:

PDF Turnitin

References


Adetya, S., & Gina, F. (2024). Bermain Origami untuk Melatih Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini. Altruis: Journal of Community Services. DOI:10.22219/altruis.v3i2.21501

Agustin, N. M., & Wahidah, F. (2024). Origami Exploration: Preschool Learning Management In Developing Children's Fine Motor Abilities. Al Yazidiy Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 6(2), 1–11. DOI:10.55606/ay.v6i2.985

Amal, A. (2021). Pengaruh Keterampilan Origami dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Pada TK Sulawesi Kota Makassar. In Seminar Nasional Hasil Penelitian 2021 “Penguatan Riset, Inovasi, dan Kreativitas Peneliti di Era Pandemi Covid-19” (pp. 1217-1225). Universitas Negeri Makassar.

Amanda, K. Z., Nasution, F., & Sitorus, A. S. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5 6 Tahun Melalui Metode Melipat Kertas (Origami) Tembung. Ta’rim: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, v5i4. DOI:10.59059/tarim.v5i4.1654

Amriani, N., Musfira, M., & Romba, S. S. (2024). Pengaruh Seni Melipat Kertas dalam Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia 5 6 Tahun di TK Insan Cemerlang Kota Makassar. Jurnal Pendidikan Dirgantara. DOI:10.61132/jupendir.v2i2.677

Cllaudia, E. S., Widiastuti, A. A., & Kurniawan, M. (2018). Origami Game for Improving Fine Motor Skills for Children 4 5 Years Old in Gang Buaya Village in Salatiga. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 143–148. DOI:10.31004/obsesi.v2i2.97

Efendi, S. P., Mustika, T., & Milawati, R. (2024). Developing Early Age Children's Fine Motor Skills through Origami. Journal of Islamic Early Childhood Education (JIECE).

Faizatin, Nur. (2018). Peningkatan Motorik Halus Melalui Kegiatan Origami Pada Anak Kelompok A Tk Dwp Kedungrukem Benjeng Gresik Tahun Pelajaran 2015/2016.” Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini Volume 4, no. 2: 73. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pedagogi/article/view/1964/1501

Fitriyah, L., Jazuly, A., & Tohedi. (2024). Pengaruh Kegiatan Melipat Kertas Origami Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak di KB Nurul Islam Sukokerto Jember. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. DOI:10.23969/jp.v10i03.30378

Indriyani, I. (2023). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Media Origami Pada Lembaga PAUD Al Irsyadiyah Kelompok A Desa Cibeteung Udik Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor. Jurnal Tunas Aswaja, 2(1). DOI:10.47776/tunasaswaja.v2i1.981

Innes, R. M., Priyanti, N., Warmansyah, J., Yandira Siregar, R., & Aribasoye, M. R. (2023). Crafting Dexterity: Enhancing Fine Motor Skills in 4 5 Year Olds through the Art of Paper Folding Origami. Indonesian Journal of Early Childhood Educational Research (IJECER).

Kahar, M., & Khadavi, M. J. (2025). Strategy to Improve Fine Motor Abilities Through Origami Paper Folding Activities in Children of Group “B” at RA Masyitoh V Probolinggo. Pijar Pelita: Journal of Early Childhood Education and Early Childhood Islamic Education, v1i2.

Legi, J., Molintao, W., & Sumampouw, V. (2025). Pengaruh Permainan Origami Terhadap Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Usia Prasekolah 3 6 Tahun di Kelurahan Perkamil Lingkungan 8 Kota Manado. Jurnal Ilmiah Kesehatan Manado (JIKMA). DOI:10.64418/jikma.v4i1.179

Magfiroh, V. S., Yuliani, V., Rohmah, U., Hasanah, U., & Oktafia, V. (2023). Penerapan Kegiatan Melipat Kertas Origami untuk Mengembangkan Keterampilan Motorik Halus Anak di Kelas B RA Al Hidayah. Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Matematika. DOI:10.61132/arjuna.v3i2.1720

Mahyudin, Nenny. (2008). Asesmen Anak Usia Dini. Padang: UNP press.

Maripah & Pujianti, Y. (2024). Kegiatan Melipat Origami : Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5 6 Tahun di PAUD Aisyah Cempaka Sukamaju Jonggol. Al Hanin, 3(1). DOI:10.38153/alhanin.v3i1.35

Napitupulu, D. S., Hairullah, & Putri, D. A. (2024). Origami Sebagai Media Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. AT THUFULY : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. DOI:10.37812/atthufuly.v5i1.1606

Parapat, A. (2024). Upaya Meningkatkan Motorik Halus Melalui Origami pada Anak Usia Dini di TK Al Hikmah. AUD Cendekia: Journal of Islamic Early Childhood Education.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. (2014).

Prastika, A. I., Purwanti, A. S., & Alfitri, R. (2024). Pengaruh Permainan Lipat Kertas (Origami) Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Pra Sekolah Usia 4 5 Tahun di TK Muslimat. Jurnal Pengabdian Ilmu Kesehatan (JPIKes). DOI:10.55606/jpikes.v5i2.5266

Pratiwi, R. U., Rabiul Aulia, M., Maimanah, A., Wildani, & Nurlaili. (2022). Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Menempel di Kertas Origami di TK As Sayyidi Islamic School. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education. DOI:10.51529/ijiece.v8i1.399

Rafiqah, K. (2021). Pengaruh Bermain Origami Terhadap Keterampilan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini. (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau). http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54298

Rakimahwati, R., Lestari, N. A., & Hartati, S. (2018). Pengaruh Kirigami Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak di Taman Kanak Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. DOI:10.31004/obsesi.v2i1.13

Roslianti, E., Firmansyah, A., Nugraha, Y., Asmara, A. N., Maulidiyah, H., Monika, H., & Falah, S. A. (2024). Peningkatan Motorik Halus melalui Kegiatan Melipat Kertas Origami di PAUD Kober Cempaka. Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK). DOI:10.36565/jak.v4i3.375

Santrock, John. W., Psikologi Pendidikan (terjemahan) Edisi kedua, Jakarta: Kencana, 2008

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Penerbit Alfabeta

Syahroni, A., & Indah, S. N. (2024). The Effect of Origami Games on Fine Motor Development in Children with Stunting Diagnosis (3 5 Years). International Journal of Health Literacy and Science, v1i2. DOI:10.60074/ihelis.v1i2.42




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2544

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760