Eksplorasi Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Pasar Rumput

Aprilia Rifani, Supriyadi Supriyadi, Nina Yuminar Priyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini di lingkungan Pasar Rumput, Jakarta Selatan. Fenomena meningkatnya intensitas penggunaan gadget pada anak-anak usia dini telah menimbulkan kekhawatiran terkait keterampilan sosial, regulasi emosi, dan ketergantungan terhadap teknologi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan tiga anak usia dini beserta orang tua mereka. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gadget secara berlebihan menghambat perkembangan interaksi sosial, menurunkan kemampuan komunikasi verbal, serta meningkatkan kecenderungan tantrum dan isolasi sosial. Namun, ditemukan bahwa pendampingan orang tua berperan signifikan dalam meminimalisir dampak negatif gadget dengan menetapkan aturan penggunaan, memilih konten edukatif, serta memberikan alternatif kegiatan bermain interaktif. Penelitian ini menegaskan pentingnya literasi digital orang tua serta kolaborasi antara keluarga dan pendidik untuk menjaga keseimbangan tumbuh kembang anak.

Keywords


Anak Usia Dini; Gadget; Peran Orang Tua; Perkembangan Sosial Emosional.

Full Text:

PDF Turnitin

References


Anggriani, Y. (2020). Pengaruh penggunaan gadget terhadap minat baca anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 112–120.

Asmawati, L. (2021). Peran PAUD dalam perkembangan sosial emosional anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 45–55.

Basrah, A., Hidayat, R., & Maulana, S. (2025). Pengalaman sosial aktif dan kematangan keterampilan sosial anak usia dini. Jurnal Psikologi Perkembangan, 14(1), 33–47.

Batubara, R., Siregar, A., & Purnama, D. (2023). Dampak penggunaan gadget terhadap interaksi sosial anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 112–123.

Braun, V., & Clarke, V. (2019). Reflecting on reflexive thematic analysis. Qualitative Research in Sport, Exercise and Health, 11(4), 589–597.

Chikmah, N., & Fitrianingsih, D. (2018). Perkembangan sosial emosional anak usia dini dalam perspektif psikologi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 55–63.

De Lima, L., Costa, F., & Andrade, P. (2022). Digital parenting and children’s emotional development: A qualitative perspective. Journal of Early Childhood Studies, 10(3), 144–159.

Dewi, A. (2025). Gadget dan keterlambatan bicara anak usia dini. Jurnal Anak Usia Dini, 9(3), 210–220.

Haerunisya, R., Lestari, I., & Safira, M. (2023). Pergeseran pola bermain anak akibat penggunaan gadget. Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 88–99.

Handayani, S., Nuraida, I., & Fadilah, R. (2024). Pola asuh demokratis dan kecerdasan emosional anak di era digital. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1), 77–91.

Hijriati. (2019). Pentingnya stimulasi lingkungan dalam perkembangan anak usia dini. Jurnal Psikologi Anak, 6(2), 101–112.

Imtihan, N., Rahman, F., & Yuliana, D. (2022). Pendidikan karakter dan kecerdasan emosional anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 44–58.

Jalilah, S. (2021). Fenomena isolasi sosial anak akibat kecanduan gadget. Jurnal Psikologi Pendidikan, 9(2), 120–131.

Laila Safitri. (2024). Perkembangan bahasa reseptif dan ekspresif anak pengguna gadget. Jurnal Pendidikan Bahasa, 8(2), 55–67.

Masykura Setiadi, A., Lestari, R., & Yusuf, H. (2024). Pendidikan sosial emosional dalam kurikulum PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 22–35.

Masykurin, N., & Rohmah, F. (2023). Pola asuh orang tua dan perkembangan sosial emosional anak di era digital. Jurnal Psikologi Pendidikan, 5(1), 45–57.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2018). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. SAGE Publications.

Moleong, L. J. (2021). Metodologi penelitian kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Mulyani, S. (2017). Bermain sebagai media pembelajaran sosial anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 33–41.

Ningsih, F., Hidayat, I., & Pratama, R. (2024). Interaksi sosial di lingkungan PAUD dan implikasinya terhadap perkembangan anak. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 77–89.

Nuraida, I. (2023). Regulasi emosi anak prasekolah dalam konteks penggunaan gadget. Jurnal Anak Usia Dini, 8(3), 199–210.

Rachmat, I. F. (2018). Kelekatan emosional dan regulasi diri anak. Jurnal Psikologi Perkembangan, 4(2), 88–100.

Sari, M., Utami, A., & Lestari, H. (2024). Strategi pendampingan orang tua dalam penggunaan gadget pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Keluarga, 11(1), 66–79.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Syarifudin, M., & Syamsurrijal, D. (2021). Dampak pandemi dan penggunaan gadget terhadap kesepian anak usia dini. Jurnal Psikologi Anak, 7(2), 102–115.

Ulya, F. (2022). Gadget dan perkembangan emosi anak usia dini. Jurnal Psikologi Anak Usia Dini, 8(2), 33–45.

Ummah, S. A. (2020). Lingkungan keluarga dan perkembangan sosial emosional anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 55–67.

Yin, R. K. (2018). Case study research and applications: Design and methods. SAGE Publications.

Zuhra, S., Andini, W., & Maulana, F. (2022). Pengaruh gadget terhadap keterampilan komunikasi anak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(1), 33–47.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760