PERAN GURU DALAM MENANAMKAN KESADARAN ZONA PRIVASI PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B1 TK MUSLIMAT NU 200 KUREKSARI SIDOARJO

Adinda Rahma Salsabila, Mukhoiyaroh Mukhoiyaroh

Abstract


Fenomena kasus terungkap dan kekerasan seksual yang menimpa anak usia dini di Indonesia menuntut perhatian serius. Meskipun pendidikan seksual, khususnya mengenai zona privasi kerap dianggap sebagai topik yang sensitif, namun esensinya sangat penting dalam membekali anak dengan kemampuan perlindungan diri. Studi ini fokus pada implementasi guru dalam membangun pemahaman anak usia dini mengenai zona privasi pada kelompok B1 TK Muslimat NU 200 Kureksari Sidoarjo. Pendekatan kualitatif dengan metode studi fenomenologi diterapkan dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung, wawancara mendalam, dan analisis dokumen yang relevan dengan guru implementasi di kelompok B1. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa guru mengintegrasikan pengenalan konsep zona privasi ke dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari. Strategi pengajaran yang digunakan meliputi metode inovatif seperti bernyanyi, bercerita, diskusi interaktif, dan bermain peran. Selain itu, guru juga berupaya mengembangkan kesadaran akan rasa malu serta mengajarkan keterampilan keselamatan diri yang meliputi kemampuan mengenali, menolak, dan melaporkan potensi ancaman. Secara keseluruhan, peran guru sangat krusial sebagai fasilitator utama dalam menanamkan kesadaran zona privasi yang berfungsi sebagai strategi pencegahan terhadap kejadian kekerasan seksual. Pelaksanaan pengajaran disesuaikan dengan tahap perkembangan anak, meliputi penjelasan eksplisit mengenai area tubuh pribadi, pembentukan rasa malu yang sehat, dan pengembangan keterampilan perlindungan diri. Untuk mencapai efektivitas yang optimal, penguatan kolaborasi dengan orang tua menjadi sangat penting.

Keywords


Zona privasi ; Pendidikan seks ; Anak usia dini

References


Anitasari, B., & Tulak, G. T. (2023). Pemahaman Pendidikan Seks Usia Dini Melalui Pendidikan Kesehatan. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 6, 284–292.

Apa yang Bisa Diajarkan tentang Tubuh dan Batasan Diri di Tiap Usia?-MamyPoko Indonesia. (2025, June 12). Mamypoko. https://id.mamypoko.com/id/mamatips/tipsmamy529.html

Bagian Tubuh Anak yang Tidak Boleh disentuh Orang Lain!-MamyPoko Indonesia. (2025, June 12). Mamypoko. https://id.mamypoko.com/id/mamatips/tipsmamy530.html

Cahyanti, P., Dahlan, U. A., & Suyono, H. (2021). Peran Guru Sebagai Educator Dalam Memberikan Pendidikan Seks di KB Mutiara Bangsa Yogyakarta. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(2), 77–84. https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/LITERASI/article/view/1809

DAVINA, D. (2024). Mencegah Zina Sejak Dini: Pentingnya Pendidikan Seksual dan Moral Bagi Anak. Journal Sains Student Research, 2(3), 518–526. https://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jssr/article/view/1429

Fitriani, D., Fajriah, H., & Wardani, D. A. (2021). Mengenalkan Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini Melalui Buku Lift The Flap “Auratku.” Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 7(1), 33–46. https://doi.org/10.22373/EQUALITY.V7I1.8683

Goldfarb, E. S., & Lieberman, L. D. (2021). Three Decades of Research: The Case for Comprehensive Sex Education. Journal of Adolescent Health, 68(1), 13–27. https://doi.org/10.1016/j.jadohealth.2020.07.036

Hadiwidjaja, S. (2016). Tanggungjawab Pengajaran Anatomi Terhadap Pendidikan Dokter -. Universitas Sebelas Maret. https://library.uns.ac.id/tanggungjawab-pengajaran-anatomi-terhadap-pendidikan-dokter/

Hanifah, M. F. (2024). Perancangan Buku Ilustrasi Pengenalan Body Boundaries untuk Anak Usia 6 - 9 Tahun. 1–9.

Iskandar, S., Sari, N. P., Sari, M., Sapitri, R. J., & Ineke, V. (2024). Pengenalan Pendidikan Seksual pada Anak Usia Dini : Membangun Pemahaman tentang Batasan Tubuh dan Keamanan Diri Introduction to Sexual Education in Early Childhood : Building an Understanding of Body Boundaries and Personal Safety. Jurnal Sapta Mengabdi, 4(1), 1–4.

Islamiyati, D., Norlaila, N., & vitriana, B. (2023). Upaya Mencegah Kekerasan Seksual Anak Usia Dini Melalui Peran Orang Tua Dan Lembaga Pendidikan. Jurnal Pelangi, 1(1), 29–35. https://journal.universitasmulia.ac.id/index.php/pelangi/article/view/643

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (n.d.). Retrieved May 3, 2025, from https://kemenpppa.go.id/page/view/NTI4NA==

Khairini, N. (2022). Peran Guru Dalam Mengenalkan Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini Di Tk Qurrota a’Yun Desa Beluk Kabupaten Pemalang.

Lee, P. I., Lai, H. R., Lin, P. C., Kuo, S. Y., Lin, Y. K., Chen, S. R., & Lee, P. H. (2020). Effects of a parenting sexual education program for immigrant parents: A cluster randomized trial. Patient Education and Counseling, 103(2), 343–349. https://doi.org/10.1016/j.pec.2019.08.027

Nasir, A., Shah, K., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Pendekatan Fenomenologi Dalam Penelitian Kualitatif. 3, 4445–4451.

Nimar. (2025). Edukasi Seksual Kepada Orang Tua oleh Guru Pendidikan Anak Usia Dini sebagai Strategi Perlindungan Anak di Taman Kanak-Kanak Kristen Taman Firdaus Balige Sumatera Utara Nimar. Sabar : Jurnal Pendidikan Agama Kristen Dan Katolik, 2(3), 27–52.

Novianti, C. A., & Sapitri, R. (2023). Perancangan ilustrasi buku anak tentang bagian tubuh yang bersifat privasi (body boundaries) untuk anak usia 4-6 tahun. Jurnal Rupa Matra: Desain Komunikasi Visual, Seni Grafis Dan Multimedia, 2(1), 1–18. https://journal.iteba.ac.id/index.php/jurnalrupamatra/article/view/185

Nurbaiti, N., Saripudin, A., & Masdudi, M. (2022). Pengembangan Media Sex Education Book Untuk Meningkatkan Pemahaman Pendidikan Seksual Pada Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 111. https://doi.org/10.24235/awlady.v8i2.11887

Oktavia, M., Studi, P., Guru, P., Anak, P., Dinifkip, U., & Pontianak, U. (n.d.). Peranan Guru Dalam Mengenalkan Pendidikan Seks Pada Anak penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan pendekatan penelitian kualitatif , hal ini disebabkan karena peneliti ingin mendeskripsikan secara jelas dan rinci tentang peranan guru da.

Pratama, R. S. (n.d.). Membangun Masa Depan Anak Bangsa : Optimalisasi Komunikasi Orang Dewasa Dalam Pendidikan Kesehatan Reproduksi Untuk Mencegah Risiko Kekerasan Seksual. 9916, 57–66.

Rahman, A. (2018). Desain Model dan Materi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 16(2), 128–143. https://doi.org/10.35905/alishlah.v16i2.743

Rohayati. (2020). Konsepsi pendidikan seks pada anak usia dini menurut perspektif islami. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Rohmah, A., Roro, R., Setyowati, N., & Jacky, M. (2023). Facing the Realities of the Modern World: An Approach to Sex Education for Elementary School Children in the Digital Age. Education and Human Development Journal, 8(3), 83–88. https://doi.org/10.33086/EHDJ.V8I3.5470

Rutledge, P. B., & Hogg, J. L. C. (2020). In‐Depth Interviews. The International Encyclopedia of Media Psychology, September 2020, 1–7. https://doi.org/10.1002/9781119011071.iemp0019

Santosa, L. W., & Mano, D. H. (2023, February 9). Anak di bawah usia lima tahun bisa diedukasi tentang area privasi - ANTARA News Gorontalo. Antaranews.Com. https://gorontalo.antaranews.com/berita/219171/anak-di-bawah-usia-lima-tahun-bisa-diedukasi-tentang-area-privasi?&m=false

Sari, M., & Andriyani, F. (2020). Cara Guru Dalam Pengenalan Pendidikan Seks pada Anak Usia Dini di TK Kurnia Illahi Kecamatan Rambatan. Child Education Journal, 2(1), 53–60. https://doi.org/10.33086/CEJ.V2I1.1531

Suhasmi, N. C., & Ismet, S. (2021). Materi Pendidikan Seks Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, Vol. 5(02), 164–174. https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.3385https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.3385

Sulistyohati, A., Ketut, N., Anggraeni, P., & Wardhani, D. R. (2023). Pemanfaatan Video Animasi Untuk Edukasi Seksual Pada Sd It As Shof Depok. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1506–1511. https://doi.org/10.31004/CDJ.V4I2.13447

Valentina, P. N., Indah Prawesti, -, Ethic Palupi, -, & Resta Betaliani Wirata, -. (2024). Pengaruh Edukasi Dengan Anatomical Doll Terhadap Pengenalan Area Privasi Pada Anak Usia Prasekolah. https://jurnal.unar.ac.id/index.php/health/article/view/1886

Wahab, A. H. K. W., Amir, R. A. R., & Natsir, N. N. N. (2024). Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Kepribadian Anak Di Kelurahan Mosso Kecamatan Sendana Kabupaten Majene. JAPPA: Jurnal Andragogi Pedagogi Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 263–270. https://doi.org/10.26858/JAPPA.V2I1.53095

Yasinta, A. (2025). Peran Guru dalam Mengenalkan Pendidikan Seksual di TKIT Raflesia Depok. 1–23.

Yuk, Lindungi Anak Kita: Ajarkan Konsep Batasan Tubuh dan Sentuhan Aman! - Kuripan KidulDesa Kuripan Kidul | Kab. Cilacap. (2025, January 22). Kuripankidul. https://kuripankidul.desa.id/yuk-lindungi-anak-kita-ajarkan-konsep-batasan-tubuh-dan-sentuhan-aman/




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2579

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760