PERAN GURU TPQ DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA DAN MENULIS HURUF HIJAIYAH ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MUSLIMAT NU 200 KUREKSARI
Abstract
Pendidikan Islam sejak usia dini krusial untuk menumbuhkan kecintaan anak terhadap Al-Qur’an, dengan penguasaan membaca dan menulis huruf hijaiyah sebagai fondasi utama bagi anak 5-6 tahun di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ). Studi ini mengeksplorasi peran guru dalam mendukung siswa yang kesulitan di TK Muslimat NU 200 Kureksari, guna mengembangkan strategi pembelajaran inklusif yang memperkuat dasar pendidikan Islam dini. Menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi, analisis data mencakup reduksi, presentasi, dan interpretasi narasi serta observasi untuk mengungkap pola kesulitan dan solusinya. Temuan menunjukkan tiga faktor utama: kurangnya konsentrasi akibat gangguan eksternal atau rendahnya minat, serta minimnya dukungan orang tua yang memengaruhi motivasi belajar. Guru menerapkan motivasi, dukungan emosional, bimbingan langsung, pembelajaran bertahap, dan media menghibur untuk memperkuat pemahaman huruf hijaiyah. Studi menekankan pentingnya guru menciptakan lingkungan belajar hangat dan inspiratif, sehingga integrasi identifikasi akar masalah dengan strategi efektif mendukung perkembangan anak usia dini, literasi Islam, dan pembentukan karakter tangguh berbasis nilai agama.
Keywords
References
Anisatunafi’ah, Siti. “Peran Guru TPQ dalam Meningkatkan Baca Tulis Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an Hidayatush Shibyan Kasembon Malang.” Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2020.
Azis, Donny Khoirul. Profesionalisme Guru TPQ Baitul Jannah. 16, no. 1 (2015).
Bastian, Adolf, dan Suharni. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Media Gambar.” JUrnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 3 (2022).
Daulay, Musnar Indra, dan Imam Hanafi. Studi Kasus Tingkat Penguasaan Membaca dan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Kelas VIII SMPN 10 Bengkalis. no. 8 (2024).
Djono. “Peran Guru di Era Milenial dalam Menyongsong Generasi Emas.” Sosial, Humanities, and Educational Studies (SHES) : Conference Series 5, no. 3 (2022).
Dzurriyat. “Dampak Metode Pembelajaran Kartu Huruf Hijaiyah Dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah Anak Usia Dini.” DZURRIYAT: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1, no. 1 (2023): 47–54.
Efendi, Johari. “Pembentukan Karakter Anak Sejak Usia Dini di PAUD.” Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Aceh, 26 November 2024.
Fadlillah, Fadlillah. “Peran Guru TPQ dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Santri di TPQ Mubarok Kampung Surabayan.” JIEP : Journal of Islamic Education and Pedagogy 1, no. 02 (2024): 115–22. https://doi.org/10.62097/jiep.v1i02.1976.
Human, As’ad. Konsep Naskah Buku Pedoman Pengelolaan dan Pengembaangan TKA-TPA Nasional. Yogyakarta : Balai Penelitian dan Pengembangan Sistem Pengajaran Baca Tulis Al-Qur’an, 1995.
Jafar, Fajrin, dan Pakaya. Metode Iqro dan Tilawati untuk Pembelajaran Huruf Hijaiyah Anak Usia Dini. 2022.
Jamal. Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif dan Inovatif. XVIII. 2014.
Kebumen, Korcab Qiraati. Pembinaan Ta’limul Qur’an Asatidz Metode Qiraati Kabupaten Kebumen. Kebumen : Korcab Qiraati Kab. Kebumen, 2000.
Khadijah. “Analisis Kesulitan Anak dalam Membaca uruf Hijaiyah Berdasarkan Pandangan Matematis.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 2 (2019).
Khasanah, I. N., A. Ansori, dan A. Wibowo. “Pembelajaran Menulis Hijaiyah di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Banturan.” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013.
Maksuroh, Maksuroh, dan Mubiar Agustin. “Efektivitas Penggunaan Kartu Huruf Hijaiyah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyyah Anak Usia Dini.” Aulad: Journal on Early Childhood 8, no. 1 (2025): 62–69. https://doi.org/10.31004/aulad.v8i1.873.
Mansur. Pendidikan Anak Usia Dini. 4 ed. Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2017. Perpustakaan UNISDA.
Mansur. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2009.
Margaretha, L. “Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini di Kota Bengkulu melalui Pendekatan Fenomenologi.” Al Kahfi Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2020.
Miles, Matthew B., dan A. Michael Huberman. Qualitative Data Analysis : An Expanded Sourcebook. Sage Publicatons, 1994.
Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya, 2007.
Mukharromah, Sholikatul. Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Menulis Huruf Hijaiyah Siswa Kelas 1 di TPA Nurussalam Ds. Sumberejo Kec. Geger Kab. Madiun. 2017.
Nadia, N. N. “Peranan Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak melalui Media Kartu Huruf Hijaiyah di Raudhatul Athfal DWP 1 Kanwil Kementrian Agama Provinsi Sulawesi Tengah.” AnaBulava Jurnal Pendidikan Anak, 2022.
Nardawati, N. “Peran Guru Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Membaca Al-Qur’an di SDN 119X Rantau Indah.” Jurnal Pendidikan Guru, 2020.
Nasir, Abdul, Nurjana, Khaf Shah, Rusdy Abdullah Sirodj, dan M Win Afgani. “Pendekatan Fenomenologi dalam Penelitian Kualitatif.” INNOVATIVE: JUrnal Of Social Science Research 3 (2023).
Nurhasanah, Muwahidah, Agus Sriyanto, dan Syarifah. “Efektivitas Metode Ummi Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Studi Kasus PAUD As-Sakinah Sambirejo Mantingan Ngawi.” INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research 3, no. 6 (2023): 2450–59.
Nurjanah, Tri Siti Soleha, dan Syahrul. “Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini.” AL-KHIDMAH : Jurnal Pengabdian dan Pendampingan Masyarakat 4, no. 1 (2024).
Pransiska, Nancy, dan Anisa Maulidya. “Fungsi Al-Qur’an Bagi Manusia.” MULTIPLE : Journal of Global and Multidisciplinary 2, no. 9 (2024).
Putri, Manisa. “Penerapan Metode At-Tartil dalam Meninkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Huruf Hijaiyah (Studi Kasus) di TK Muslimat NU 200 Kureksari Waru Sidoarjo.” Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 2023.
Ramadhanti, Zulfa Nazifah, Kartini, dan Dede Indra Setiabudi. “Metode B3 (Bermain Bercerita Bernyanyi) Untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Educatio 10, no. 2 (2024).
Rasyid, Moh. Kebudayaan dan Pendidikan (Fondasi Generasi Bermartabat). Yogyakarta : IDEA Press, 2009.
Rohman, Agus, dan Frenky Mubarok. “Peran Guru dan Orang Tua dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Kelas VI UPTD SDN I Tugu Kecamatan Lelea.” Wulang: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 2, no. 1 (2025): 46–63. https://doi.org/10.55656/wjp.v2i1.373.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 2017.
Tauhid, Abu. Beberapa Aspek Pendidikan Islam. Yogyakarta : Sekretaris Jurusan Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 1995.
Ulandari, Sri, Zainab Hartati, dan Ani Parwanti. Pendampingan Dalam Pengenalan Huruf Hijaiyah Menggunakan Metode Tilawati Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-. 2, no. 1 (2024).
Widodo, Arip, Mahbub Nuryadien, dan Ahmad Yani. JURNAL AL TARBAWI AL HADITSAH VOL 1 NO 2 ISSN 2407-6805. 1, no. 2 (t.t.).
Yulasmi. “Kemampuan Siswa dalam Penulisan Huruf-Huruf Hijaiyyah di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan.” Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru, 2013.
DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2580
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Address
Universitas Trilogi jakarta
Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760



.png)



