Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Sayur Online Berbasis Android

Cholis Putra

Abstract


Perkembangan zaman yang semakin canggih menciptakan bebagai macam teknologi. Hampir semua bidang pekerjaan manusia menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yang dapat memberikan transformasi bagi kehidupan manusia akan kebutuhan pertukaran informasi yang sangat cepat dan tepat. Kondisi ini dapat dimanfaatkan oleh penjual sayur keliling untuk memasarkan produk – produknya, khususnya dalam bidang pangan atau makanan. Oleh karena itu diperlukan sebuah teknologi informasi khususnya berbasis Andorid sebagai upaya dalam meningkatkan pelaya sebuah kebutuhan pangan sehingga transaksi yang dilakukan lebih cepat dan tepat tanpa perlu pelanggan keluar rumah untuk membeli kebutuhan yang mereka inginkan. Pengembangan sistem ini dilakukan dengan metode Waterfall, pemodelan yang digunakan yaitu UML (Unified Modeling Language) dan model tersebut didesain dengan tolls webside draw.io. Bahasa pemograman yang digunakan yaitu Dart dengan framework flutter sebagai front-end adroid dan PHP sebagai koneksi Database (back-end) serta database yang digunakan adalah MySql. Kesimpulan yang dapat diambil dalam sistem informasi penjualan sayur online keliling berbasis android (Studi Kasus : RW 03 Kampung Makasar Jakarta Timur) yaitu sistem informasi yang dibangun telah berhasil dilakukan dan diselesaikan dengan baik diharapkan dapat mempermudah hubungan antara pelanggan dan penjual sayur keliling pada transaksi kebutuhan pangan tersebut.

Keywords


Sistem Informasi, Penjualan Online

References


Setiawan, R. et al. (2020), Design Mobile Application for Health Consulting During Pandemic Covid 19, International Journal of Advanced Trends in Computer Science and Engineering, vol. 9, issue. 4.

Setiawan, R., Munajah, R. (2020), Evaluation of the Application of Online Learning in Indonesian Universities. TEM Journal, vol. 9, issue. 3, pp. 1194-1199.

Faisal, P., Kisman, Z. (2020), Information and Communication Technology Utilization Effectiveness in Distance Education Systems. SAGE journals, vol. 12, pp. 1-16.

Faisal, P. (2018), Improving Business Development in The Reliable Information Communication Technology Maintenance Selection. The 2nd International Conference on Trade Strategy and Innovation of Trade in the Digital Economic, pp. 143-150.

DiMarzio, J. ( 2017). John Wiley and Sons, Inc. Canada. Beginning Android: Programing With Android Studio..

Djoened, M. (2009). Sistem akuntansi dan pengawasan: beberapa pengertian dan hubungannya. Bagian Penerbitan Fakultas Ekonomi UGM.

Shalahuddin., S. d. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak (Cetakan Ketiga). Penerbit Informatika., 28-161.




DOI: https://doi.org/10.31326/sistek.v3i1.851

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JOURNAL IDENTITY

Journal Name:  Journal Information System and Science Technology

Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi


e-ISSN: 2684-8260
Publisher: Program Studi Sistem Informasi, Universitas Trilogi, Jakarta Selatan, Indonesia
Publication Schedule: February and August
Language: Indonesian and English
APC: Free of charge (submission, publishing) 
Indexing:  Google Scholar, Garuda, Neliti, One Search, Base, DRJI, Road, Crossref, Index CopernicusWorldCat, ScilitDimensions (find by DOI article)
OAI addresshttp://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/SISTEK/oai?verb=ListRecords&metadataPrefix=oai_dc
Collaboration Partners: Indonesian Association of Higher Education in Informatics and Computing (APTIKOM)

Contactjurnalsistek@gmail.com (Whatsapp Number: +628192454119)

license :
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Information System and Science Technology (Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi) is Published by Information System Department Trilogi University, South Jakarta, Indonesia. 

Under license CC-BY from Creative Commons Attribution.