PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI GURU PAUD DI KECAMATAN CABANG BUNGIN KABUPATEN BEKASI

Henny C Mamahit, Caroline Lisa Setia Wati, Sri Hapsari Wijayanti

Abstract


Di Kecamatan Cabang Bungin Kabupaten Bekasi terdapat lima belas Lembaga pendidikan PAUD nonformal. Setiap PAUD rata-rata mempunyai empat guru, dengan rata-rata siswa tiga puluh orang. Latar belakang pendidikan guru adalah tidak semua berlatar pendidikan PAUD. Masih banyak di antara mereka berpendidikan SMA. Dari bincang-bincang dengan Ketua HIMPAUDI di kecamatan tersebut beberapa guru tidak memiliki bekal pedagogik dan professional karena bagi mereka asalkan sudah menikah dan suka dengan anak-anak, mereka bisa memahami jiwa anak dan mendidik layaknya mendidik anak di rumah.  Berdasarkan kondisi minimnya kompetensi para guru PAUD tersebut, dibutuhkan pembekalan pengetahuan dan keterampilan untuk mengembangkan kompetensi pedagogik sebagai seorang pendidik PAUD yang berkualitas. Para guru diharapkan dapat memahami peserta didik yang diajarnya dengan mengenali tugas perkembangan anak usia dini. Kegiatan ini dilakukan dengan metode cooperative learning yang bertujuan mengaktifkan peserta yang terdiri dari kegiatan ice breaking, games, role play, simulasi, refleksi, dan tugas rumah. Kegiatan pengayaan metode pembelajaran yang edukatif bagi para guru PAUD khususnya pada optimalisasi kompetensi pedagogik dirasakan sangat bermanfaat oleh para guru PAUD, khususnya bagi para pengajar yang tidak berlatar belakang pendidikan PAUD. Selain itu, penambahan materi RPPH dan pengembangan kompetensi dasar dan inti memberikan tambahan gambaran bagi para guru. Hal ini yang masih terasa kurang oleh para guru karena waktu yang singkat.  Kata

Keywords


kompetensi pedagogik, paud

Full Text:

PDF

References


Hijriati. (2017). Peranan dan Manfaat APE untuk Mendukung Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, III. https://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/bunayya/a rticle/view/1699 diunduh pada tanggal 21 Februari 2019.

Masganti. (2017). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Depok: Kencana.

Maimunah, H. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: DIVA Press.

Morrison, G. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Edisi Kelima. Terjemahan. Jakarta: PT Indeks.

Sarahaswati & Kusumahwati (2106). Modul Guru Pembelajar Taman Kanak-Kanak, kelompok kompetensi D. Bandung: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Taman Kanak-Kanak & Pendidikan Luar Biasa, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Seefeldt, C. & Wasik B. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini- Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat, dan Lima Tahun Masuk Sekolah. Jakarta: P.T. Indeks

Sujiono, Y. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: P.T. Indeks.

Undang-Undang Permendikbud No. 137 tahun 2014. http://luk.tsipil.ugm.ac.id/atur/bs np/Permendikbud1372014StandarNasionalPAUD.pdf, diunduh pada tanggal 12 Juli 2019.

Undang-Undang Permendikbud No. 146 tahun 2014. http://paud.kemdikbud.go.id/wpcontent/uploads/2016/04/Perme ndikbud-146-Tahun-2014.pdf, diunduh pada tanggal 12 Juli 2019.

Undang-Undang Permendikbud No. 16 tahun 2007.

Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidkan www.trilogi.ac.id

http://vervalsp.data.kemdikbud.g o.id/prosespembelajaran/file/Per mendiknas%20No%2016%20Tah un%202007.pdf, diunduh pada tanggal 21 Februari 2019.

Vitianingsih, A. (2016). Game Edukasi sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal INFORM, https://ejournal.unitomo.ac.id/ind ex.php/inform/article/view/220, diunduh pada tanggal 21 Februari 2019.




DOI: https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v3i1.605

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.