PELATIHAN CARA MUDAH DAN CEPAT MELAKUKAN EVALUASI DENGAN PEMANFAATAN GOOGLE FORM

Ervina Mukharomah

Abstract


Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerapkan kebijakan belajar dan bekerja dari rumah sejak pertengahan Mei 2020. Dengan adanya kebijakan ini membuat seluruh guru melakukan pembelajaran jarak jauh. Karena kebijkkan muncullah permasalahan yang diakibatkan tidak semua guru mahir menggunakan teknologi internet untuk penunjang kegiatan pembelajaran online dan perlu pendampingan dan pelatihan terlebih dahulu. Kegiatan Abdimas ini bertujuan untukĀ  memperkenalkan google form dikalangan guru-guru sekolah dasar di pedesaan seperti di SDN 3 Makarti Jaya ini. Tujuan khusus kegiatan ini yaitu pelaksanaan evaluasi siswa di masa pandemic ini lebih praktis. Metode pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan menmggunakan media online. Kegiatan ini diawali dengan sosialisasi, dan pelatihan. Sosialisasi lakukan dengan tujuan memperkenalkan apa itu google form, bagaimana kelebihan google form dan bagaimana pemanfaatannya. Hasil kegiatan diraskan manfaat bagi guru-guru serta keberhasilan kegiatan abdimas ini dalam katergori berhasil

Keywords


Abdimas, Google Form, SDN 3 Makarti Jaya

Full Text:

PDF

References


Agustin, A., Suryono, H., & Yuliandari, E. (2017). Teknik Penilaian Diri Ber-basis Google Form pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Amalia, T. (2019). Penggunaan Media Google Form Dalam Evaluasi Pem-belajaran Bahasa Arab Maharah Kitabah. Prosiding Konferensi Na-sional Bahasa Arab, 5(5), 318-323.Batubara, HH (2016). Penggunaan google form sebagai alat ukur kinerja dosen di Prodi PGMI Uniska Muhammad Arsyad Al Banjari. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Is-lam , 8 (1).

Bensulong, A., Afifah, FN, & Solikhah, IZ (2021). Penggunaan Whatsapp dan Google Form dalam Pembela-jaran Bahasa Indonesia Di SMK N 2 Sewon Bantul. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , 10 (1), 85-90.

Mardiana, T., & Purnanto, A. W. (2017). Google Form Sebagai Alternatif Pembuatan Latihan Soal Evalua-si. URECOL, 183-188.

Purwati, D., & Nugroho, A. N. P. (2018). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Google Formulir di SMA N 1 Prambanan. ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Sejarah, 14(1).

Rahardja, U., Lutfiani, N., & Alpansuri, M. S. (2018). Pemanfaatan Google Formulir Sebagai Sistem Pendafta-ran Anggota Pada Website Aptisi. or. id. SISFOTENIKA, 8(2), 128-139.

Ritonga, M., Lahmi, A., Rimelfi, R., Bahri, F., & Bagindo, I. T. (2020). Sosial-isasi Pembuatan Soal Melalui Google Form Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Pai. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 347-354.

Santoso, P. B. (2019). Efektivitas penggunaan media penilaian google form terhadap hasil belajar pelajaran tik. In Prosiding seminar nasional PEP: kebijakan dan pengembangan pendidikan di era revolusi industri (Vol. 4, p. 287).

Sari, N. L. (2020). Pelatihan Model Pem-belajaran Jarak Jauh Berbasis Google Form Sebagai Media Pem-bela. KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Suhandiah, S. (2019). Pelaksanaan Pelatihan Google Form Bagi Guru Bimbingan dan Konseling SMA Ka-bupaten Sidoarjo. SNHRP, 166-172.




DOI: https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v4i1.875

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.