PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENERAPKAN STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 26 Singkarak Kabupaten Solok. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan menerapkan strategi Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas V SD Negeri 26 Singkarak Kabupaten Solok. Jenis penelitian adalah PTK dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil belajar siswa siklus I 78,59 meningkat menjadi 91,41 pada siklus II. Dengan demikian, pembelajaran IPA dengan menerapkan strategi Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 26 Singkarak Kabupaten Solok.
Kata Kunci: Hasil Belajar; IPA; Strategi Problem Based Learning (PBL).
Full Text:
PDFReferences
Amir, Taufiq. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Predana Media Group.
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Susanto. 2007. Pengembangan KTSP dengan Perspektif Manajemen Visi. Jakarta: Mata Dewa
Wena ,Made. 2010. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara
DOI: https://doi.org/10.31326/jipgsd.v1i1.285
Refbacks
- There are currently no refbacks.