MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA PADA ANAK USIA DINI MELALUI EKSPERIMEN WARNA DI KELAS A TK MEKAR SARI LOMBOK TIMUR

Rikza Azharona Susanti, Yasniar Yasniar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode eksperimen dalam meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak usia dini dikelas A TK Mekar Sari Lombok Timur serta meningkatkan kemampuan mengenal warna anak usia dini melalui eksperimen warna di kelas A TK Mekar Sari Lombok Timur. Anak dapat mengenali benda bukan hanya berdasarkan dari bentuknya saja, namun juga bisa dari warnanya. Selain itu warna juga dapat disebut sebagai ciri dari suatu benda. Dalam penelitian ini menggunakan aktivitas eksperimen mengenalkan warna agar dapat melibatkan anak secara langsung melakukan hal-hal baru. Sehingga anak-anak akan lebih bersemangat dalam melakukan pembelajaran dan dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal warna. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif dengan guru kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan model analisis Milles & Huberman yang dilakukan secara interaktif dan berkesinambungan. Data hasil penelitian kemudian diuji kembali keabsahannya dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan penerapan metode eksperimen dalam meningkatkan kemampuan mengenal warna di TK Mekar Sari yaitu dengan melakukan tiga kegiatan eksperimen, pertama dengan mencampur warna melalui aliran tisu, kedua dengan kertas crap, dan yang ketiga dengan membuat playdough. Sehingga dengan menggunakan metode eksperimen mencampur warna dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal warna yaitu anak mampu menunjuk, menyebut, dan mengelompokkan warna primer dan sekunder sesuai dengan hasil observasi pada siklus 1 anak mampu mengenal warna sebesar 43,3 % dan meningkat pada siklus 2 menjadi 95,53%.

Keywords


Anak Usia Dini; Eksperimen; Mengenal Warna

Full Text:

PDF

References


Anjarwati, S., Darmayanti, R., & Khoirudin, M. (2023). Development of “Material Gaya” Teaching Materials Based on Creative Science Videos (CSV) for Class VIII Junior High School Students. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 11(1), 163–172. https://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14347

Anwar, R. N., Mulyadi, M., & Soleh, A. K. (2022). Kepemimpinan Transformasional Kepala PAUD untuk Meningkatkan Mutu Pendidik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1577

Aprilyani, T., & Qosim Khoiri Anwar. (2021). Manajemen berbasis masyarakat dalam pengelolaan PAUD. Journal of Nusantara Education, 1(1). https://doi.org/10.57176/jn.v1i1.5

Arianti. (2019). Urgensi Lingkungan Belajar Yang Kondusif Dalam Mendorong Siswa Belajar Aktif. Didaktika, 11(1), 41. https://doi.org/10.30863/didaktika.v11i1.161

Chandrawati, T., & Aisyah, S. (2022). Penanaman Cinta Lingkungan Pada Masyarakat PAUD. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1). https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.131-136.2022

Darmayanti, R., Baiduri, B., & Sugianto, R. (2022). Learning Application Derivative Algebraic Functions: Ethnomathematical Studies and Digital Creator Books. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 2212–2227.

Darmiah. (2015). Perkembangan Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Emosi Anak Usia MI. UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 4(1), 94–104.

Desi, S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Kognitif pada Kegiatan Bermain Mengelompokkan Benda Melalui Media Losse Part Saat di Rumah Saja. AUDIENSI: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 1(1), 50–62.

Erdiyanti, E., & Syukri, S. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru PAUD Non PG-PAUD Melalui Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Di Kecamatan Konda. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.37985/murhum.v2i1.34

Fidiyani, I. M., Nugraha, A., & Maryana, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Penerapan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Pada Anak. Edukid, 13(2). https://doi.org/10.17509/edukid.v13i2.16919

Gunawan, I. (2016). Metod-Kualitatif Teori dan Praktik (p. 160).

Hardiyanti, Y., Husain, M. S., & Nurabdiansyah, N. (2018). Perancangan Media Pengenalan Warna Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Imajinasi, 2(2), 43. https://doi.org/10.26858/i.v2i2.9553

Hasanah, N., Syaifuddin, M., & Darmayanti, R. (2022). Analysis of the Need for Mathematics Teaching Materials “Digital Comic Based on Islamic Values” for Class X SMA Students in Era 5.0. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2). http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/index

Inganah, S., Darmayanti, R., & Rizki, N. (2023). Problems, Solutions, and Expectations: 6C Integration of 21 st Century Education into Learning Mathematics. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 11(1), 220–238. https://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14646

Lestari, F., Marta, R., & Indah, V. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Journal on Teacher Education, 2(1), 247–255.

Lestariningrum, A., & Nuryanti. (2016). Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Konsep Dasar Sains Pada Anak Didik Kelompok A Tk Pkk Suruhwadang Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar. Educhild, 5(1), 46–50.

Maryani, I., & Nofitasari, A. D. (2018). Efektifitas Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan Mengenal Warna Di Kelas a Tk Aba Tobayan Sleman. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 2(1), 7–15. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i1.158

Meutiana, M. (2015). Meningkatkan Prestasi Dan Motivasi Belajar Siswa Dengan Pengajaran Berbasis Inkuiri Pada Siswa Kelas VII.3 SMP Negeri 2 Peusangan Bireuen. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 20–28. https://doi.org/10.22373/crc.v1i1.307

Mulyana, E. H., Nurzaman, I., & Fauziyah, N. A. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Warna. Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 76–91. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7170

Nayla, A., & Asriningsari, A. (2022). IMPLEMENTASI PENDEKATAN SETS PADA PENYUSUNAN CERITA DONGENG BAGI GURU PAUD. Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(2). https://doi.org/10.26877/teks.v6i2.9824

ND Safitri, R Darmayanti, U Usmiyatun, & D Nurmalitasari. (2023). 21st Century Mathematics Learning Challenges: Bibliometric Analysis of Trends and Best Practices in Shinta Indexed Scientific Publications. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 11(1), 136–152. https://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14283

Ndeot, F., Sum, T. A., Jaya, P. R. P., Bali, E. N., & Ori, M. M. (2022). Pendampingan Penyusunan Dokumen KTSP Paud. AJAD : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.35870/ajad.v2i1.39

Nityanasari, D. (2020). Alat Permainan Edukatif Pasak Warna Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Pada Anak Usia Dini. Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 10.

Nurdin, N., & Anhusadar, L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699

Putera, D. B. R. A., & Nazarullail, F. (2020). Mengembangkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Indikator Alami Asam Basa Pada Anak Paud. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 213–219.

Qomariyah, S., Darmayanti, R., Rosyidah, U., & Ayuwanti, I. (2023). Indicators and Essay Problem Grids on Three-Dimensional Material: Development of Instruments for Measuring High School Students’ Mathematical Problem-Solving Ability. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 11(1), 261–274. https://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14708

Rapiatunnisa. (2022). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran. Mitra Ash-Shibyan, 5(1), 17–26.

Rizki, N., Laila, A. R. N., Inganah, S., & Darmayanti, R. (2022). Analysis of Mathematic Connection Ability in Mathematics Problem Solving Reviewed from Student’s Self-Confidence. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran, 2(1), 111–126. http://snastep.um.ac.id/pub/index.php/proceeding/indexKeahliandanPerformaPakardalamTeknologiPendidikanuntuk

Safinatun Najah, Y. M. S. (2021). SUPERVISI PENDIDIKAN PADA LEMBAGA PAUD. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 7(2). https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i2.10423

Safira, S., & Fidesrinur, F. (2021). Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Maze Geometri Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(1), 1. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v1i1.562

Sah RWA, Darmayanti, R., & Maryanto BPA. (2022). Updating Curriculum Through 21st-Century Learning Design. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran, 2(1). http://snastep.um.ac.id/pub/index.php/proceeding/indexKeahliandanPerformaPakardalamTeknologiPendidikanuntuk

Setyohadi, B. (2010). Pengaruh Warna Terhadap Kamar Tidur Anak. Jurnal Teknik Sipil Dan Perencanaan, 12(1), 79–90.

Suci Trismayan. (2018). Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar Suci. UIRP, 4(1), 88–100.

Sugianto, R., Darmayanti, R., Vidyastuti, A. N., Matematika, M. P., Muhammadiyah, U., Jalan, M., & Tlogomas, R. (2022). Stage of Cognitive Mathematics Students Development Based on Piaget’s Theory Reviewing from Personality Type. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 17–26.

Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(01), 36–46. https://doi.org/10.29040/jie.v2i01.175

Usmiyatun. (2022). Use The Problem Based Learning Model And Probing Promting In First Middle School To Improve Critical Thinking Ability And Student Motivation. In Universitas Muhammadiyah Malang.

Vidyastuti, A. N., Mahfud Effendi, M., & Darmayanti, R. (2022). Aplikasi Tik-Tok: Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Materi Barisan dan Deret Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMA. JMEN: Jurnal Math Educator Nusantara, 8(2). http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika

Wulandari, T., Nurmalitasari, D., Susanto, K., Darmayanti, R., & Choirudin. (2022). Etnomatematika Pada Batik Daun Sirih dan Burung Kepodang Khas Pasuruan. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran, 2(1), 95–103. http://snastep.um.ac.id/pub/index.php/proceeding/index

Zulkarnain, A. I., Supriadi, G., & Saudah, S. (2020). Problematika Lembaga PAUD dalam Memenuhi Kebutuhan Tenaga Pendidik Sesuai Kualifikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.491




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v5i2.1445

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760