Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Kartu Huruf Pada RA. As-Syarif Sibanggor Jae

Winda Wahyuni Hutasuhut, Kasman Kasman, Annisa Wahyuni

Abstract


Masalah utama dalam penelitian ini adalah, apakah dengan penggunaan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak didik A di RA. As-Syarif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan anak usia dini setelah menggunakan media kartu huruf dalam menambah ilmu pengetahuan khususnya dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf dan diharapkan dapat bermanfaat bagi anak, guru, dan sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action Research) yang terdiri dari dua siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan setiap siklus, prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi, subjek dalam penelitian ini adalah anak usia dini kelompok di RA. As-Syarif sebayak 33 orang anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf abjad pada anak. Hasil pada siklus 1 diketahui terdapat peningkatan kemampuan mengenal huruf alfabet dibandingkan dengan pratidakan. Pada siklus II diperoleh presentase lebih besar dan berada pada kriteria berkembang Sangat Baik, dimana telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan Berdasarkan hasil penelitian di atas, disimpulkan bahwa penggunaan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal haruf alpabet pada anak usia dini di RA. As-Syarif.

Keywords


Kartu Huruf; Kemampuan Mengenal Huruf; Pemainan Kartu Huruf

Full Text:

PDF

References


Adolph, Ralph. (2022). “Analisis Kemampuan Mengenal Huruf Menggunakan Kartu Huruf Dan Puzzle Pada Siswa Sekolah Dasar Imra” 08: 1–23.

Ayuni, Ni Made. (2024). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Kelompok B TK Kartika Vii-3 Singaraja Tahun Ajaran 2022/2023. Diss. Universitas Pendidikan Ganesha.

Basri, A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Pengembangan Media Koran Pada Kelompok B di TK. Aisyiyah Sudiang Kota Makassar.

Engineering, Packaging. (2024). “Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Berbantuan Media Kartu di TK Tunas Harapan Desa Sei Lambu Makmur Kecamatan Tapung Andika” 09 (2): 466–77.

Goretti Octavia Pepe, Maria. (2024). “Meningkatkan Kemampuan Membaca, Menulis, Dan Berbicara Pada Anak Usia Dini Dengan Permainan Kartu Huruf di TK SKS.” Journal on Education 06 (02): 14937–46.

Haryono, Mimpira, and Rika Partika Sari. (2024). “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Tutup Botol” 12: 22–26.

Julia, J., Wahira, W., & Suriani, S. (2022). Penggunaan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf di TK Mardi Santosa Sumedang Jawa Barat. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(2), 95-103.

Kambotan, Dwijulistri, Meiske Tumbel, and Maria Wantah. (2023). "Meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal pada anak usia 4-5 tahun melalui media pop up book di TK GMIM Maranatha Kinilow." Kidspedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4.1.

Levi, M. A. N., Hamidah, M., & Ningrum, L. D. C. N. (2023). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal dan Konsonan Melalui Flashcard Pada Anak Kelompok B. Journal of Education Research, 4(4), 1773-1784.

Lotulung, I. L. (2023). Penggunaan Media Puzzle Lantai Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Kelompok B Di Tk Gmim Eben Haezer Kapataran. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(23), 826-829.

Ningsih, Anisa Setya Karlina. (2023). "Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Alat Permainan Edukatif (APE) Flannel Board Pada Anak Usia 4-5 Tahun Tk Ngargoyoso 02.".

Patty, D. Y., Marzuki, K., & Susilawati, S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Dengan Kartu Huruf Pada Anak Usia Dini TK Nyiur Jakarta. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Oembelajaran, 4(1), 397-402.

Puad, Nurul Eka Handayani. (2023). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini Melalui Media Buku Sensori Alphabet Az Kelompok A TK Runiah School di Kota Makassar. Diss. Universitas Terbuka.

Putri, N. L. (2024). “Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Kartu Huruf Pada Anak Kelompok B di TK GMIM Hosiana Tumatantang”. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(11), 277-284.

Pertiwi, V., Nasution, W., & Fidiawati, L. (2024). “Efektivitas Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf di TK Negeri Darma Wanita Sibigo”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 5(1).

Sari, Padia Nadila, and Abdul Razak. (2024). “Media Kartu Kata Bergambar Pada Anak Kelompok B2 di TK IT Salsabila Samarinda” 09 (02). https://doi.org/10.24903/jw.v9i2.1789.

Sukmawati, Yeti. (2023). “Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Gambar Pada Anak Kelompok A di TK Ibu Duning.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7 (3): 21923–32.

Sari, Padia Nadila, and Abdul Razak. "Peningkatan kemampuan mengenal huruf melalui media kartu kata bergambar pada anak kelompok B2 di TK IT Salsabila Samarinda." Jurnal Warna: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia dini 9.02 (2024).

Syaifihana, Lidza. "Peningkatan kemampuan mengenal huruf melalui media kantong ajaib tk daarul jannah." Jurnal Golden Age 7.1 (2023).

Rahayu, F., Ihlas, I., & Anhar, A. S. (2024). “Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Kartu Huruf Pada Kelompok B TK Negeri Pembina Sape”. Guiding World: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(1), 52-61.

Utami, R., Rachmayani, I., & Utami, G. A. (2023). “Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Audio Visual Anak Usia 4-5 Tahun di TK Negeri Pembina Mataram”. Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia, 3(2), 239-243.

Wahyuni, Sri, et al. "Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Tema Tanaman di Kelompok B TK Maraqitta’limat Tembeng Putik." Nusra: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan 4.4 (2023): 1102-1111.

Wahdania, Nora. (2023). Pengembangan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Alfabeth Pada Anak Kelompok A TK Al-Kawanad Banda Aceh. Diss. Universitas Bina Bangsa Getsempena.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v7i2.2142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760