MENUMBUHKAN KESADARAN MEMBUANG SAMPAH MELALUI MEDIA SITOPIN DI TK AL-GHAZALI METERE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran membuang sampah pada anak usia dini melalui media Sitopin di TK Al-Ghazali Metere, Kabupaten Buton Tengah. Latar belakang penelitian dilandasi oleh kurangnya kesadaran anak dalam membuang sampah pada tempatnya, meskipun lingkungan sekolah sudah cukup bersih. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Participatory Action Research (PAR), yang dilaksanakan melalui lima tahap kegiatan: memberikan contoh langsung, menunjukkan dampak negatif membuang sampah sembarangan, menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan, melibatkan anak dalam kegiatan bersih-bersih, serta memberikan penjelasan sederhana mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Subjek penelitian terdiri dari 15 anak kelompok B. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Sitopin secara kreatif dan interaktif efektif dalam meningkatkan kesadaran anak untuk membuang sampah pada tempatnya. Anak-anak menunjukkan antusiasme tinggi dan perubahan perilaku positif. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan media pembelajaran berbasis lingkungan seperti Sitopin sebagai bagian dari kurikulum PAUD.
This study aims to raise awareness of throwing garbage in early childhood through Sitopin media at Al-Ghazali Metere Kindergarten, Central Buton Regency. The background of the study is based on the lack of awareness of children in throwing garbage in its place, even though the school environment is quite clean. This study uses a qualitative approach with the Participatory Action Research (PAR) method, which is implemented through five stages of activities: providing direct examples, showing the negative impacts of littering, using fun learning methods, involving children in cleaning activities, and providing simple explanations about the importance of maintaining environmental cleanliness. The subjects of the study consisted of 15 children in group B. Data collection techniques used observation, interviews, and documentation. The results of the study showed that Sitopin media was creatively and interactively effective in raising children's awareness to throw garbage in its place. Children showed high enthusiasm and positive behavioral changes. This study recommends the use of environmental-based learning media such as Sitopin as part of the PAUD curriculum.
Keywords
References
Arisona, R. D. (2018). PENGELOLAAN SAMPAH 3R (REDUCE, REUSE, RECYCLE) PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN. 3, 39–51.
Astuti, H. K. (2022). PEMBERDAYAAN EKONOMI KREATIF MELALUI DAUR ULANG SAMPAH PLASTIK (STUDI KASUS BANK SAMPAH KELURAHAN PAJU PONOROGO). Open Science Framework. https://doi.org/10.31219/osf.io/6j7rv
Bela, W. O., Awalia, E. S., Melinda, M., Ananta, S., & Anjani, A. P. (2023). ANALISIS PERAN ORANG TUA DAN GURU DALAM KEMANDIRIAN ANAK. 02.
Deda Widiantoro, & Minsih. (2023). Pemanfaatan Sampah Organik Menjadi Media Pembelajaran Pada Sekolah Adiwiyata. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1658–1670. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.6958
Desa, D. I., & Barat, P. (2022). Instilling Religious Values in Early Childhood. 2, 50–59.
Fatmala, Y., & Hartati, S. (2020). Pengaruh Membatik Ecoprint terhadap Perkembangan Kreativitas Seni Anak di Taman Kanak-Kanak. 4, 1143–1155.
Fauziyah, R. (t.t.). PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA 1441 H/2020 M.
Frastiyono, D. (2024). ANALISIS GAYA KEPEMIMPINAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN PT DANA PENSIUN JIWASRAYA (DPPK) JAKARTA PUSAT. 2(1).
Hasibuan, M. P., Azmi, R., Arjuna, D. B., & Rahayu, S. U. (2023). Analisis Pengukuran Temperatur Udara Dengan Metode Observasi. 1.
Marpaung, N. L., Sukma, D. Y., & Hutabarat, S. (t.t.). Pelatihan Pembuatan Tong Sampah Di Desa Karya Indah Kabupaten Kampar.
Mulyatno, C. B. (2022). Pendidikan Lingkungan Sejak Usia Dini dalam Perspektif Teologi Pemerdekaan Y.B Mangunwijaya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4099–4110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2570
Noerviana, A. P., Mariska, R. N., & Anwar, R. N. (2023). PELATIHAN PENGOLAHAN SAMPAH ORGANIK DENGAN KEGIATAN ECO ENZYME PADA GURU PAUD DI GUGUS 1 KECAMATAN SAWAHAN.
Purwendah, E. K., Rusito, & Periani, A. (2022). KEWAJIBAN MASYARAKAT DALAM PEMELIHARAAN KELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP MELALUI PENGELOLAAN SAMPAH BERBASIS MASYARAKAT. Jurnal Locus Delicti, 3(2), 121–134. https://doi.org/10.23887/jld.v3i2.1609
Risman, K., Jeti, L., Pg-paud, P. S., & Keguruan, F. (2023). Pengenalan Nilai Moral dan Agama Pada Anak Usia Dini Melalui Hikmah Isra ’ dan Mi ’ raj Nabi Muhammad SAW. 3(2), 109–115.
Risman, K., Saleh, R., Susanto, A., & Hanafi, H. (2023). Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Islam. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5539–5552. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5165
Simatupang, M. M., Veronika, E., & Irfandi, A. (2021). Edukasi Pengelolaan Sampah: Pemilahan Sampah dan 3R di SDN Pondok Cina Depok. Prosiding Hasil Pengabdian Masyarakat, 34–38.
Supriatna, A. (t.t.). UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN MELALUI PEMBIASAAN MEMBUANG SAMPAH PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKQ RINJANI KLARI.
Widiarti, N., Astuti, B., Maylia, Y., Rohmah, R. M., Hilda, S., Aulia, S. Z., Sulistyaningrum, D., & Kurniawan, C. (2024). Strategi Berkelanjutan dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Kelurahan Mangunsari, Semarang. 28(1).
DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2290
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Address
Universitas Trilogi jakarta
Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760



.png)



