Implementasi Metode Pembelajaran Cerdas Berbahasa Indonesia Fonik (CBI FONIK) Dalam Menstimulus Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan Implementasi Metode Pembelajaran Cerdas Berbahasa Indonesia Fonik (CBI Fonik) dalam Menstimulus Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini di TK Raudhatul Jannah, Kabupaten Gowa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran CBI Fonik dalam meningkatkan kemampuan menyimak anak diterapkan melalui berbagai aktivitas yang melibatkan panca indra anak, seperti menulis dan bercerita yang mengembangkan kemampuan motorik halus anak dan memperkuat pemahaman literasi melalui pengalaman anak dengan menggunakan alat pembelajaran yang mendukung disetiap kelas dan mendorong guru untuk terus berinovasi dalam pembelajaran.
References
Alfian N, Ida Yeni,& Dian Kristiana. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Cerdas Berbahasa Indonesia Fonik (CBI FONIK) Dalam Menstimulus Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini Di TK Pelangi Alam Ponorogo. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan.
Alviana, A., Suharyani, S., Rizka, M. A., &Herlina, H. (2022). AnalisisKorelasi Kelas Orang Tua (Parenting) denganPerkembanganSosialEmosionalAnak di Lembaga PAUD Mumtaz. JurnalPaedagogy, 9(2), 276. https://doi.org/10.33394/jp.v9i2.4855
Alviana, A., Suharyani, S., Rizka, M. A., &Herlina, H. (2022). AnalisisKorelasi Kelas Orang Tua (Parenting) denganPerkembanganSosialEmosionalAnak di Lembaga PAUD Mumtaz. JurnalPaedagogy, 9(2), 276. https://doi.org/10.33394/jp.v9i2.4855
Anderson, J. R. (1985). Cognitive Psychology and Its Implications. New York: Freeman.
Anderson, J. R. (1985). Cognitive Psychology and Its Implications (3rd ed.). New York: W.H. Freeman and Company.
Anggraini, N. (2021). Peranan Orang TuaDalamPerkembangan Bahasa AnakUsia Dini. .Metafora: JurnalPembelajaran Bahasa Dan Sastra, ,7(1), 43.
Anggraini, N. (2021). Peranan Orang TuaDalamPerkembangan Bahasa AnakUsia Dini. .Metafora: JurnalPembelajaran Bahasa Dan Sastra, ,7(1), 43.
Arikunto, Suharsimi. (n.d.). Dasar-dasarEvaluasi Pendidikan. .BumiAksara.
Arikunto, Suharsimi. (n.d.). Dasar-dasarEvaluasi Pendidikan. .BumiAksara.
Astuti, S. ,&Amri, N. A. (2021). (2021). MeningkatkanKemampuanReseptifAnakMelaluiMetodeBerceritadenganMenggunakan Media PapanFlanel. .JKPD: Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, ,6(2), 214–220.
Astuti, S. ,&Amri, N. A. (2021). (2021). MeningkatkanKemampuanReseptifAnakMelaluiMetodeBerceritadenganMenggunakan Media PapanFlanel. .JKPD: Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, ,6(2), 214–220.
Azizah, W. ,Bachtiar, M. Y. , &Musi, M. A. (2023). PengaruhPenggunaan Media PembelajaranKartu Kata BergambarTerhadapKemampuanPermulaanAnakUsia 5-6 Tahun di KB Gembira Ria Bonto-Bonto. .JurnalKeguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 1 (3), 142–150.
Azizah, W. ,Bachtiar, M. Y. , &Musi, M. A. (2023). PengaruhPenggunaan Media PembelajaranKartu Kata BergambarTerhadapKemampuanPermulaanAnakUsia 5-6 Tahun di KB Gembira Ria Bonto-Bonto. .JurnalKeguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 1 (3), 142–150.
Bachtiar, M. Y. ,Herlina, & Ilyas, S. N. (2022). Model Bermain Konstruktif untuk MeningkatkanKecerdasan Interpersonal Anak TK. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2802–2812.
Bachtiar, M. Y. ,Herlina, & Ilyas, S. N. (2022). Model Bermain Konstruktif untuk MeningkatkanKecerdasan Interpersonal Anak TK. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2802–2812.
Carolina, B. B. ,& Astrid, R. V. (2018). Speaking activities to foster students’ oral performance at a public school. .English Language Teaching, ,11 (8), 65-72.
Carolina, B. B. ,& Astrid, R. V. (2018). Speaking activities to foster students’ oral performance at a public school. .English Language Teaching, ,11 (8), 65-72.
Direktorat Pendidikan AnakUsia Dini. (2015). PedomanPrasana Pendidikan AnakUsiaDini . NSPK (Norma,Standar,Prosedur,Kriteria) .
Direktorat Pendidikan AnakUsia Dini. (2015). PedomanPrasana Pendidikan AnakUsiaDini . NSPK (Norma,Standar,Prosedur,Kriteria) .
Fauziddin, M., &Fikriya, M. (2020). MengenalKosakata Bahasa Arab melaluiPermainanKartuHurufHijaiyah yang DilengkapiKosakata. Journal of Education Research, 1(1), 46–54. https://doi.org/10.37985/joe.v1i1.19
Fauziddin, M., &Fikriya, M. (2020). MengenalKosakata Bahasa Arab melaluiPermainanKartuHurufHijaiyah yang DilengkapiKosakata. Journal of Education Research, 1(1), 46–54. https://doi.org/10.37985/joe.v1i1.19
Gagné, R. M., & Wager, W. W. (1981). Principles of Instructional Design. Holt, Rinehart and Winston.
Gasong, D. (2019). Apresiasi Sastra Indonesia. (1st ed., Vols. 978-623-209-088–0). Deepublish Publisher. .
Gasong, D. (2019). Apresiasi Sastra Indonesia. (1st ed., Vols. 978-623-209-088–0). Deepublish Publisher. .
Haryati, N. (2015). HubunganMinatBelajarDenganPrestasiBelajarMatematikaSiswa Kelas V SD Se-GugusWonokertoTuriSlemanTahunAjaran 2014/2015. .
Ilyas, S. N. ,& Asti, A. S. W. (2021). Aplikasi Montessori Inspired Activity dalamPembelajaranMembacaPermulaan di TK Areta Amata School Makassar. Seminar Nasional LP2M UNM.
Isjoni, Cooperative Learning EfektivitasPembelajaranKelompok, (Cet. 7,). (2014). Alfabeta, .
Khosibah, S., &Dimyati, Dimyati. (2021). Bahasa ReseptifAnakUsia 3-6 Tahun di Indonesia. .JurnalObsesi :Jurnal Pendidikan AnakUsia Dini. , 5, 1860-1869.
Kurnia, R. (2019). Bahasa AnakUsia Dini. .Deepublish. .
Kusumawardani, C., &Dimyati, D. (2021). Penerapan E-learning pada Pendidikan AnakUsia Dini di Masa Pendemi Covid-19. Jurnal Obsesi :Jurnal Pendidikan AnakUsia Dini., 6.
Lismayani, A., Pratama, M. I., Amriani, S. R., &Dzulfadhilah, F. (2023). Pengaruh Media Loose Part terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 6(2), 154–163. https://doi.org/10.30605/cjpe.622023.3024
Miranda, D. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Karakter Cinta Tanah Air Untuk Anak Usia Dini. JurnalVisiIlmu Pendidikan, 11(2), 12. https://doi.org/10.26418/jvip.v11i2.32565
Munar, A., & Suyadi. (2021). Penggunaan Media Animasi dalam Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 155–164.
DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2443
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Address
Universitas Trilogi jakarta
Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760



.png)



