Efektivitas Parenting Digital Bagi Pemahaman Orang Tua Tentang Stimulasi Anak Usia 4-5 Tahun di TK Babussalam Pagak

Mubibah Aula Dina, Choirul Huda, Sarah Emanuel Haryono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas parenting digital terhadap pemahaman orang tua tentang stimulasi anak usia 4–5 tahun di TK Babussalam Pagak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis ex post facto,. Populasi penelitian berjumlah 20 orang tua siswa, dan seluruhnya dijadikan sampel menggunakan teknik sampel jenuh (total sampling). Data dikumpulkan melalui angket yang disebarkan secara langsung dan melalui media digital (WhatsApp Group). Analisis data dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas, dan korelasi menggunakan program SPSS for Windows versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh item instrumen dinyatakan valid dan reliabel. Hasil uji korelasi Pearson menunjukkan nilai r = 0,646 dengan signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat hubungan positif dan signifikan antara parenting digital dan pemahaman orang tua. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan parenting digital efektif dalam meningkatkan pemahaman orang tua terhadap stimulasi perkembangan anak usia 4–5 tahun, karena membantu mereka mengakses informasi dan menerapkan pola asuh yang lebih sesuai dengan kebutuhan anak.

Keywords


Parenting; Digital; Orang Tua; Stimulasi.

Full Text:

PDF Turnitin

References


Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Febriana, D. (2021). Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Pola Asuh Anak Usia Dini: Antara Manfaat dan Tantangan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 55–64.

Fitriani, L., & Kurniawati, S. (2021). Efektivitas Pelatihan Parenting Digital terhadap Pemahaman Orang Tua dalam Stimulasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi, 5(3), 2301–2310.

Handayani, F. (2023). Peran Komunikasi Digital dalam Kolaborasi Guru dan Orang Tua di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak, 11(1), 34–44.

Hapsari, D. (2022). Peran parenting digital terhadap keterlibatan orang tua dalam pembelajaran anak usia dini di masa pandemi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 45–56.

Hurlock, E. B. (2017). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Edisi 5). Jakarta: Erlangga.

Lestari, F. (2023). Peran guru dalam meningkatkan literasi digital orang tua untuk mendukung pembelajaran anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 876–888.

Livingstone, S., & Byrne, J. (2018). Parenting in the Digital Age: The Challenges of Parental Responsibility in the Digital World. UNICEF Office of Research–Innocenti, Florence.

Nurhidayati, S. (2022). Literasi Digital Orang Tua dan Implikasinya terhadap Pengasuhan Anak di Era Teknologi. Jurnal Ilmu Komunikasi dan Pendidikan, 9(2), 87–98.

Pratiwi, D. (2020). Pengaruh Program Parenting Daring terhadap Literasi Pengasuhan Orang Tua. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 45–53.

Putri, M., & Andayani, R. (2023). Literasi Digital Orang Tua dan Efektivitas Program Parenting Berbasis Teknologi. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(3), 201–210.

Rahayu, D., & Suryani, E. (2021). Peran Media Digital dalam Meningkatkan Pengetahuan Orang Tua tentang Stimulasi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 115–124.

Rahmawati, I. (2022). Pengaruh pengawasan orang tua terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini di era digital. Jurnal Golden Age, 6(2), 120–132.

Riduwan. (2016). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Suganda, D. (2020). Analisis Statistik dengan SPSS untuk Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Santoso, S. (2018). Menguasai Statistik dengan SPSS 25. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sari, A., & Hidayat, R. (2021). Implementasi parenting digital dalam meningkatkan interaksi positif orang tua dan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 33–42.

Schramm, W. (1965). The Process and Effects of Mass Communication. Urbana: University of Illinois Press.

Setiawati, N. (2021). Parenting digital dan kolaborasi orang tua dengan guru di lembaga PAUD. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(3), 210–219.

Setyowati, M. (2022). Dampak Parenting Digital melalui Media Sosial terhadap Kesadaran Orang Tua dalam Membangun Rutinitas Edukatif Anak. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Anak Usia Dini, 5(1), 45–54.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Utami, S., & Suryani, M. (2020). Tingkat literasi digital orang tua di pedesaan dan implikasinya terhadap pengasuhan anak usia dini. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 25(4), 355–366

Wulandari, T., & Purnamasari, D. (2020). Komunikasi digital antara guru dan orang tua dalam meningkatkan partisipasi pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, 5(2), 145–156.

Wulandari, R. (2022). Pemanfaatan Media Digital dalam Program Parenting di Lembaga PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 115–126.

Yuliani, N. (2020). Pemahaman Orang Tua terhadap Pentingnya Stimulasi Anak Usia Dini di Masa Golden Age. Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 133–142.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2550

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760