OPTIMALIASI SUMBER BELAJAR ANAK USIA DINI DI LINGKUNGAN KELUARGA
Penulis : Mia Rachmawaty, M.Pd; Dr. Duana Fera Risina, M.Pd
Penerbit : Universitas Trilogi
Jumlah : 37 hlm
Berat : –
Jenis Cover : Soft Cover
Dimensi (L X P) : 21 x 29.7 cm
Teks Bahasa : Bahasa Indonesia
Sinopsis
Anak usia dini belajar melalui proses interaksi dengan apa yang ada di sekitarnya menggunakan panca indera agar memiliki pengalaman belajar yang bermakna. Mencapai hal tersebut di masa pandemi, sekolah tidak dapat melaksanakan proses belajar secara langsung di lembaga sekolah masing masing. Bagi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hal tersebut dapat menjadi suatu hambatan dalam memperoleh kemajuan untuk perkembangan potensi peserta didiknya. Keterlibatan orang tua pada sistem belajar dari rumah (BDR) yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia menjadi suatu hal yang sangat penting. Keterlibatan tersebut tidak hanya sekedar membimbing anak selama proses belajar namun orang tua dapat mengoptimalkannya dengan menyediakan sumber belajar yang ada di lingkungan rumah. Keterbatasan pemahaman tentang sumber belajar pada orang tua selanjutnya akan dibahas pada buku panduan ini, yang berisi tentang pengertian sumber belajar, jenis dan cara pengembangannya dalam rangka mengoptimalisasikan sumber belajar yang ada di lingkungan rumah untuk mendukung kegiatan belajar anak, sebagai media belajar yang dapat dimaksimalkan fungsinya di setiap area dan peralatan yang ada di rumah.