Home Program Studi PGSD

Program Studi PGSD

Home Program Studi PGSD

Program Studi PGSD

by Universitas Trilogi

Program studi pendidikan guru sekolah dasar mampu menjadi komunitas cendekiawan yang mengabdi dengan keunggulan technopreneurship yang bermanfaat bagi masyarakat berlandaskan nilai-nilai Pancasila. Universitas Trilogi mendesain PGSD dengan rancangan kurikulum dan program kegiatan perkuliahan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian dalam pengajaran, penelitian yang unggul, inovatif, profesional, berkualitas dan membangun mitra stakeholder dengan keunggulan technopreneur, kolaborasi dan kemandirian. Dengan komitmennya PRODI Pendidikan Guru Sekolah Dasar memiliki peranan yang sangat penting dalam menghadapi  dan menjawab isu terkait dengan pengembangan  Pendidikan Dasar, dengan memuncukan matakuliah penciri PRODI PGSD : Pengembangan Teknopreneur di SD, Pengembangan Humor di SD, Pengembangan TIK di SD, Pengembangan Kesenian di SD. Dengan demikian pendidikan Guru Sekolah dasar memiliki peluang dan kekuatan dalam meningkatkan kompetensi dan keahlian generasi masa depan dalam bidang Pendidikan Dasar.

Menjadi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang inovatif sebagai penghasil pendidik dan tenaga profesional Guru Sekolah Dasar dengan mengembangkan Keteknopreuneuran, Kolaborasi dan Kemandirian Berdasarkan Nilai-nilai Pancasila Pada Tahun 2027.

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang unggul dibidang Pendidikan Guru Sekolah Dasar untuk menyiapkan pendidik dan tenaga profesional yang berdaya saing tinggi berbasis teknopreneur, kolaborasi dan kemandirian berdasar nilai-nilai Pancasila
  • Melaksanakan kegiatan penelitian dibidang Pendidikan Guru Sekolah dasar dengan keunggulan teknopreneur dan kolaborasi yang berorientasi pada penguatan konsep, perbaikan praktik pendidikan Guru Sekolah Dasar serta publikasi ditingkat nasional dan internasional
  • Melaksanakan pengabdian masyarakat dibidang pendidikan Guru Sekolah Dasar sebagai kontribusi penuh dalam memberikan sumbangan nyata pembangunan nasional berkelanjutan.
  • Menghasilkan pendidikan dan pengajaran yang unggul dibidang Pendidikan Guru Sekolah Dasar untuk menyiapkan pendidik dan tenaga profesional yang berdaya saing tinggi berbasis teknopreneur, kolaborasi dan kemandirian berdasar nilai-nilai Pancasila
  • Menghasilkan kegiatan penelitian dibidang Pendidikan Guru Sekolah dasar dengan keunggulan teknopreneur dan kolaborasi yang berorientasi pada penguatan konsep, perbaikan praktik pendidikan Guru Sekolah Dasar serta publikasi ditingkat nasional dan internasional
  • Menghasilkan pengabdian masyarakat melalui layanan, penyuluhan, pelatihan bidang Pendidikan Guru Sekolah Dasar berbasis teknopreneur dan kolaborasi.

Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) jenjang sarjana diarahkan untuk menghasilkan sarjana strata 1 (S1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang memiliki keahlian sebagai:

  1. Tenaga Pendidik di SD yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi   dan mengembangkan pendidikan berdasarkan keilmuan, wawasan, pengetahuan, dan motivasi dalam hal teknopreneur, kolaborasi, dan kemandirian berlandaskan nilai pancasila yang dapat meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar.
  2. Peneliti Pemula yang mampu memecahkan permasalahan pembelajaran, serta mampu menghasilkan inovasi pembelajaran yang teruji seperti Pengembangan Teknopreneur di SD, Pengembangan Humor di SD, Pengembangan TIK di SD, Pengembangan Kesenian di SD, dan Public Speaking di SD untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar.
  3. Praktisi Pendidikan di SD yang dapat mengembangkan dan mengelola pendidikan yang berperan sebagai konsultan pendidikan,  pengelola pendidikan, pembina ekstra kurikuler, pengembang media dan sumber belajar serta pendidik di jalur non formal setara sekolah dasar.

1. Kompetensi Utama

  • Memiliki jiwa dengan katakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, kecerdasan, keterampilan, mempertinggi budi pekerti, memperkuat kepribadian, dan mempertebal semangat kebangsaan.
  • Memahami karakteristik peserta didik usia Sekolah Dasar.
  • Memahami latar belakang keluarga dan masyarakat untuk menetapkan kebutuhan belajar anak usia Sekolah Dasar berlandaskan nilai pancasila.
  • Memahami cara belajar dan kesulitan belajar anak usia Sekolah Dasar dalam menumbuhkan manusia-manusia pembangunan yang dapat membangun dirinya sendiri serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa.
  • Menguasai substansi dan metodologi dasar keilmuan lima bidang studi (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, dan PKn).
  • Menguasai dasar-dasar materi kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung tercapainya tujuan pendidikan bagi peserta didik Sekolah Dasar.
  • Menguasi dan melakukan pembelajaran yang mendidik aktif dan inovatif dalam mendesain setiap peroses pembelajaran.
  • Mampu mengembangkan kurikulum dan pembelajaran lima mata pelajaran SD/MI (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn) secara kreatif dan inovatif.
  • Mampu menilai proses dan hasil pembelajaran yang mengacu pada tujuan utuh pendidikan.
  • Mampu meningkatkan inovasi pembelajaran melalui penelitian.
  • Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi untuk mengembangkan diri.
  • Mampu berbahasa Inggris secara aktif.
  • Mampu mengaplikasikan statistik dalam bidang pendidikan.

2. Kompetensi Pendukung

  • Memiliki kemampuan secara teoretis dan praktis pada mata pelajaran yang diampu
  • Memiliki kebiasaan dengan menerapkan nilai pancasila untuk menunjang perkembangan profesi.
  • Memiliki kemampuan untuk berkomunikasi secara sosial, dan profesional dengan lingkungan sejawat maupun masyarakat.
  • Memiliki kesadaran tinggi sebagai warga masyarakat, bangsa dan negara yang dengan menerapkan nilai-nilai pancasila.
  • Memiliki kemandirian dan beretos kerja tinggi.
  • Memiliki keperibadian, berdisiplin, bekerja keras, tangguh, bertanggung jawab, mandiri, cerdas, dan terampil serta sehat jasmani dan rohani”.

3. Kompetensi Lainnya/ Pilihan

  • Menguasai substansi dan metodologi dasar pengembangan Humor dalam mendesain peroses pembelajaran.
  • Menguasai dan dapat mengaplikasikan pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pengembangan pembelajaran.
  • Mampu mengembangkan dan mentransfer skill Kesenian  untuk melatih siswa dalam kegiatan ekstrakulikuler.
  • Mampu menerapkan pengembangan Teknopreneur dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan di Sekolah Dasar.

STAF PENGAJAR
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR 
Ka Prodi Dosen PGSD

Winda Amelia, S.Pd., M.Pd

Dosen PGSD

Rossi Iskandar, S.Pdi., M.Pd.

phone
021-7980011 / 7981350
faximile

7981350

email

info@trilogi.ac.id

KEGIATAN MAHASISWA

Program Studi S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) berfokus pada kegiatan pembelajaran untuk membentuk jiwa mendidik dengan berlandaskan teknopreneur, kolaborasi/kerjasama dan kemandirian. Kegiatan mahasiswa difokuskan pada penerapan softskill dan hardskill dalam menghadapi  dan menjawab isu terkait dengan pengembangan  Pendidikan Dasar dengan keunggulan pengembangan Teknopreneur di SD, Humor di SD, Pengembangan TIK di SD, Pengembangan Kesenian di SD, dan Public Speaking di SD. Dengan demikian kegiatan mahasiswa dalam matakuliah bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan keahlian generasi masa depan dalam bidang Pendidikan Dasar.

Rumput Hijau

Rumput tetangga lebih hijau....

previous arrow
next arrow
Slider

 Berita Terkait