Home Berita Kebun Bergizi

Kebun Bergizi

Home Berita Kebun Bergizi

Kebun Bergizi

by admin trilogi

Serie Kuliah Merdeka “Kebun Bergizi” Segera Dimulai

 

Sebagai tindak lanjut ditanda tanganinya Nota Kesepahaman  antara Universitas Trilogi dengan Yayasan Anugerah Kencana Buana (Anugerah), Selasa 9 Maret 2021 Dekan Fakultas Bio Industri Universitas Trilogi Dr. Inanpi Hidayati beserta jajarannya, Dr. Francy Iriani,  Warid SP.,MSi, serta Ketua LPPM  Dr Aty Herawati bertemu dengan Ketua dan Sekretaris Yayasan Anugerah Drs. Fajar Wiryono dan Drs. Rudi Lubis. Hadir pada pertemuan tersebut Prof. Dr. Haryono Suyono, Dr. Mulyono D. Prawiro serta Dra Andrie Indrawati MSi sebagai pendamping dari Trilogi dan Damandiri.

 

 

Pertemuan ini  menyepakati untuk melaksanakan program aksi berupa  kegiatan pencerahan dan pendidikan masyarakat tentang usaha memperkuat daya tahan tubuh warga dalam suasana pandemi Covid-19. Kegiatan tersebut akan diwujudkan melalui usaha antara lain sosialisasi Kebun Bergizi di halaman rumah penduduk, pada halaman sekolah, halaman Masjid atau tempat umum lainnya. Kerja sama “Kuliah Merdeka” itu dikembangkan bersama Pengurus PB PWRI, khususnya Pengurus  Kerta Wredatama, jajaran Kementerian Pertanian, Universtas Trilogi serta Yayasan Anugerah dan berbagai Perguruan Tinggi lain di seluruh Indonesia.

 

Pada tingkat awal acara kerja sama tersebut diwujudkan melalui pengadaan suatu seri “kuliah umum dan praktik pengembangan “Kebun Bergizi” mulai hari Senin 15 Maret 2021  yang akan datang,  dilaksanaka mulai jam 13.00 sampai jam 15.00 melalui Siaran Webinar. Pada Acara Perdana tersebut akan diisi oleh   Ketua Kerta Wredatama Ibu Dra Masni Rani didampingi Ketua Yayasan Anugerah Drs. Fajar Wiryono bertindak sebagai moderator.

 

Selama satu Semester akan  dilakukan webinar setiap dua minggu sekali itu akan dimulai dengan paparan “awareness campaign Kebun Bergizi” yang berhasil.  Materi  selanjutnya meliputi bagaimana mempersiapkan lahan siap tanam, pembuatan pupuk dan insektisida alamiah, pilihan tanaman sayur, Cara tanam dan pemeliharaan, pemetikan dan paket untuk ditawarkan kepada konsumen serta tata kelola lainnya. Karena pada suasana Pandemi dewasa ini banyak Program Studi lain dalam lingkungan Universitas Trilogi akan dilibatkan membantu paket yang manis dan menarik bagaimana sayur dipasarkan, promosi penjualan, tata kelola manajemen jualan sayur dan kegiatan bisnis modern lainnya. Di daerah prakarsa ini diharapkan menarik perhatian banyak LPPM lain yang di masa lalu bersama Yayasan Anugerah dan Damandiri terlibat langsung pada upaya pengentasan kemiskinan melalui Posdaya dan kegiatan ekonomi mikro pada tingkat desa.

 

Sasaran peserta dari kegiatan ini adalah para anggota PWRI dari seluruh Indonesia yang dewasa ini telah dianjurkan menjadi pelopor di Desa dan keluarga masing-masing memulai membuat Kebun Bergizi, para mahasiswa Program Studi Agorindustri, para mahasiswa Perguruan Tinggi yang memiliki minat usaha mengembangkan tanaman bergizi guna memperkuat daya tahan tubuh anggota keluarga dan masyarakat lain.

 

(Sumber : Gemari.id)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven − six =